Indikasi dan Harga Buscopan (Tablet, Strip, Box)

Kram tidak hanya bisa terjadi pada otot kaki atau lengan, melainkan juga pada otot saluran pencernaan. Kondisi ini dapat membuat perut terasa tidak nyaman, bahkan menimbulkan nyeri yang tidak tertahan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda mungkin bisa mengonsumsi Buscopan yang memang diindikasikan untuk meredakan nyeri akibat kram pada perut, kandung kemih, atau saluran kemih. Bisa dibeli di apotek maupun toko dan situs e-commerce, harga ini relatif terjangkau.

Ilustrasi: kram perut (sumber: upmc.com)

Ilustrasi: kram perut (sumber: upmc.com)

Disalin dari Hello , kram otot adalah kontraksi kuat atau mengencangnya otot, yang terasa sakit dan muncul secara tiba-tiba. Kram ini dapat berlangsung beberapa detik saja atau hingga hitungan menit. Gangguan ini kerap terjadi pada bagian paha atau kaki, seringkali muncul saat kita sedang tidur atau baru saja bangun.

Ada banyak penyebab kram, dan yang paling umum adalah periode olahraga atau kegiatan fisik yang berkepanjangan, terutama pada cuaca panas. Selain itu, obat dan kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan kram otot. Bahkan, terapi seperti hemodialisis yang sering digunakan untuk pasien dengan gagal ginjal kronis, juga bisa menimbulkan keluhan kram otot.[1]

Tidak hanya terjadi pada kaki, paha, atau lengan, kram otot ternyata juga bisa muncul pada perut Anda. Salah satu yang kerap terjadi, terutama pada wanita, adalah dismenore, yakni nyeri haid yang terasa sebelum atau selama menstruasi, yang biasanya bersifat kram dan berpusat pada perut bagian bawah dan terkadang sampai parah sehingga dapat mengganggu aktivitas.[2]

Baca juga  Info Kegunaan & Harga Siclidon (Doxycycline) 100 Mg

Mengutip Alodokter.com, kram perut adalah keluhan nyeri di perut yang terasa seperti kaku atau tegang pada otot perut dan otot-otot lain di sekitar perut. Umumnya, kram perut terjadi saat lapisan dinding perut atau organ yang ada di dalam rongga perut mengalami gangguan. Penyebab kram perut beragam, sehingga cara mengatasinya juga bisa berbeda-beda, tergantung penyebabnya.

Seperti disinggung di atas, salah satu penyebab kram perut adalah pra-menstruasi, yang biasanya muncul pada perut bagian bawah. Penyebab lainnya adalah dehidrasi yang membuat otot tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tegang, perut kembung, konstipasi atau susah buang air besar, keracunan , hypokalemia, serta hipokalsemia.

Memang, kram perut adalah keluhan yang umum terjadi dan seringkali akan mereda dengan sendirinya. Walaupun demikian, keluhan tersebut tidak boleh Anda anggap sepele, karena mungkin bisa menandakan yang serius. Jika kram perut mengarah pada suatu penyakit, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Operasi Usus Buntu di Rumah Sakit Jakarta¬†

Indikasi Buscopan

Salah satu obat yang sering diresepkan adalah hyoscine butylbromide, yakni obat antispasmodik yang digunakan untuk meredakan kram pada perut, akibat otot kandung kemih atau usus yang tegang. Obat ini juga dikatakan dapat membantu untuk mengurangi keluhan perut kembung serta nyeri perut pada penyakit irritable bowel syndrome (IBS) atau pada divertikulosis, yaitu terbentuknya kantung-kantung kecil di sepanjang saluran pencernaan, terutama pada usus besar.

Buscopan kemasan tablet (sumber: shopee.co.id)

Buscopan tablet (sumber: shopee.co.id)

Ada banyak merk dagang yang sudah dijual di apotek maupun toko obat, salah satunya Buscopan. Ini merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri pada perut akibat kram pada otot lambung, otot usus, hingga rahim. Buscopan mengandung senyawa aktif hyoscine butylbromide untuk mengurangi kontraksi pada otot polos. Kerja utama hyoscine butylbromide dengan mengombinasikan sifat antimuskarinik (mengurangi motilitas usus) dan penghambat calcium-channel.

dan Aturan Konsumsi Buscopan

Untuk pasien dewasa dan anak-anak berusia di atas 12 tahun, bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis 1 hingga 2 tablet sebanyak 4 kali dalam sehari. Sementara, untuk anak-anak berusia 6 sampai 12 tahun, dosis yang dianjurkan adalah 1 tablet sebanyak 3 kali sehari. Obat ini dapat ditelan secara utuh menggunakan bantuan air yang cukup.

Baca juga  Info Lengkap Cara Pakai dan Harga Emina Face Wash di Pasaran

Buscopan

Seperti obat pada umumnya, Buscopan juga memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Obat ini dapat menyebabkan urtikaria, mulut dan kering, produksi keringat berkurang, jantung berdebar, mengantuk, pusing, mual dan muntah, sembelit, serta tremor. Obat juga tidak disarankan diberikan kepada pasien dengan hipersensitivitas, penyakit autoimun, pelebaran usus abnormal, glaukoma, serta wanita hamil dan menyusui.

Harga Buscopan

Buscopan memang sudah hadir di banyak apotek, toko obat, hingga situs jual beli online. Namun, untuk mendapatkan obat ini, konsumen harus menyertakan resep dokter. Di Apotek K24, Buscopan 10 mg sekarang dijual dengan harga mulai Rp4.458 per tablet, sedangkan harganya di situs e-commerce mulai Rp1.500 per tablet. Jika membeli satu strip (10 tablet), harganya berkisar Rp30 ribuan hingga Rp55 ribuan, sedangkan harga 1 box isi 10 strip sekitar Rp300 ribu hingga Rp350 ribu.

[1] Nekada, Cornelia D. Y. dan Mohammad Judha. 2019. Dampak Frekuensi Pernapasan Predialisis terhadap Kram Otot Intradialisis di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol, 0(0): XX-XX.

[2] Ammar, Ulya Rohima. 2016. Faktor Risiko Dismenore Primer pada Wanita Usia Subur di Kelurahan Ploso Kecamatan Tambaksari Surabaya. Jurnal Berkala Epidemiologi, Vol. 4(1): 37-49.

 

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Indikasi dan Harga Buscopan (Tablet, Strip, Box)"