Harga Merk Unsalted Butter Murah di Pasaran

Bagi Anda yang gemar memasak atau membuat kue mungkin sudah sering menggunakan mentega atau butter. Butter di pasaran ada dua jenis, yakni salted dan unsalted. Perbedaan dari kedua jenis mentega ini adalah rasanya, yang mana pada salted butter memiliki rasa asin, sedangkan unsalted butter rasanya cenderung tawar (plain). Lantaran sebagian besar unsalted butter adalah produk impor, tak heran jika harga jualnya relatif mahal. Meski demikian, Anda masih bisa menemukan beberapa pilihan merk unsalted butter murah.

Unsalted butter (sumber: realsimple.com)
Unsalted butter (sumber: realsimple.com)

Apa Itu Unsalted Butter?

Mentega merupakan emulsi air dalam lemak dengan kira-kira 18% air tersebar rata di dalam 8% lemak , dengan sejumlah protein yang bertindak sebagai zat pengemulsi (emulsifier). Jenis lemak mentega memiliki aroma dan rasa yang khas harum karena terbuat dari susu sehingga produk juga akan beraroma harum dan terasa susu. Titik leleh mentega cukup rendah, antara 33-35⁰C.

Bacaan Lainnya

Secara fisik mentega atau butter memiliki kalori dan lemak jenuh yang lebih banyak dibandingkan margarin. Butter memiliki warna lebih pucat dan aroma harum gurih khas susu, tetapi butter tidak dapat disimpan di terlalu lama karena mudah berbau tengik.[1]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Butter atau mentega adalah hasil olahan lemak susu hewan, dibuat dengan cara mengaduk krim yang dihasilkan dari susu. Mentega berwarna kuning pucat, lebih muda dari margarin. Di pasaran dikenal 2 jenis mentega, yaitu salted butter atau butter dan unsalted butter. Sesuai namanya, salted butter terasa asin. Tingkat keasinan pada jenis ini berbeda-beda, tergantung produsen masing-masing. Sedangkan unsalted butter rasanya hambar, hanya terasa aroma susu.

Mentega dapat diganti dengan margarin, yang berasal dari lemak nabati. Namun, aroma dan kelembutan margarin tidak sebaik mentega.[2]

Manfaat Unsalted Butter

Selain untuk memasak atau membuat kue, unsalted butter juga kerap digunakan untuk membuat MPASI (makanan pendamping ASI) pada bayi. Unsalted butter dinilai lebih sehat dan aman untuk bayi lantaran tidak ada kandungan garam tambahan. Selain itu, mentega tawar juga dianggap memiliki proses pembuatan yang lebih murni, sehingga manfaatnya untuk pun lebih banyak.

Namun demikian, unsalted butter atau mentega tawar sebaiknya baru diberikan pada buah hati Anda ketika usianya genap 1 tahun. Selain itu, pastikan juga bahwa anak Anda tidak mempunyai alergi terhadap susu sapi atau produk olahannya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Dilansir dari Klikdokter, unsalted butter terasa lebih enak dan mempunyai aroma yang lebih wangi. Mentega tawar juga bisa mencukupi sejumlah kalori dan membantu mengoptimalkan fungsi tubuh untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K. Unsalted butter atau mentega tawar disebut dapat membantu bayi untuk lebih cepat kenyang, sehingga mencegahnya makan berlebihan dan mengalami obesitas.

Bayi usia 1 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari. Itu artinya, 500 kalori yang didapatkan harus berasal dari lemak (total sekitar 56 gram lemak dalam satu hari). Asupan lemak bisa dipenuhi dari unsalted butter dan menu makanan lain yang seimbang. Nah, jika Anda penasaran dengan pilihan produk unsalted butter, berikut informasi harga merk unsalted butter murah di pasaran.

Aneka produk butter di swalayan (sumber: churncraft.com)
Aneka produk butter di (sumber: churncraft.com)

Harga Unsalted Butter Murah

Merk Unsalted Butter Murah Harga (Rp)
Unsalted butter President 8g (pack isi 10 cups) 21.000
Anchor minidish unsalted butter 7gr isi 10pcs 21.000
Unsalted butter Holland White repack 250 gr 22.000
Elle &Vire unsalted butter portion microcup 10gr 23.500
Norvricen unsalted butter 250 gr 23.760
Unsalted butter St. Auvent 250 gr 26.999
Australian Butter Unsalted 250 gram 32.500
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga unsalted butter murah dalam berbagai merk di atas dirangkum dari sejumlah sumber. Perlu diketahui bahwa harga unsalted butter dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga unsalted butter yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

[1]Sintia, Novi April. 2018. Pengaruh Substitusi Merah Dan Proporsi Lemak (Margarin Dan Mentega) Terhadap Mutu Organoleptik Rich Biscuit. Jurnal Tata Boga. 7(2).

[2] Tim Dapur Esensi. 2008. Camilan Era Kolonial. Jakarta: Esensi, hlm 8.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *