Harga Lift Rumah 3 Lantai dan Biaya Pemasangan

Lift kebanyakan ditemukan di gedung untuk fasilitas publik, seperti gedung perkantoran, apartemen, hotel, atau mall. Meski demikian, Anda pun bisa mengaplikasikan lift untuk rumah Anda, terlebih jika Anda punya hunian yang tinggi misalnya 3 lantai. Namun, untuk memasang lift di rumah, harga yang harus dibayarkan memang tidak sedikit, jauh lebih mahal dibandingkan Anda memakai tangga manual.

Lift rumah (sumber: lifton.co.uk)
Lift rumah (sumber: lifton.co.uk)

Siapa pun tahu apa itu rumah. Dalam arti yang paling umum, rumah adalah bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu.[1] Rumah dapat berfungsi sebagai: tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman, tempat untuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga, sekaligus tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat.[2]

Bacaan Lainnya

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah yang nyaman dan, kalau bisa, menyehatkan. Untuk pergerakan udara misalnya, mayoritas akan memberikan ventilasi pada hunian mereka. Ventilasi adalah pertukaran udara di dalam bangunan dan di luar ruangan, dapat berupa ventilasi alami (tidak melibatkan mesin), ventilasi buatan (melibatkan mesin, seperti AC), serta ventilasi semi-buatan.[3][4]

di dalam rumah pun perlu diperhatikan agar aktivitas dapat berjalan dengan optimal. Nah, apabila rumah Anda kebetulan memiliki lebih dari satu lantai, Anda dapat memasang tangga manual sebagai akses ke atas atau sebaliknya. Namun, apabila Anda ingin proses yang lebih praktis, dan kebetulan punya anggaran berlimpah, tidak ada salahnya untuk memasang lift di rumah Anda.

Baca juga  Update Harga Sangkar Burung Kapsul dalam Berbagai Merek & Ukuran

Apa Itu Lift?

Lift, atau juga disebut lift penumpang, adalah pesawat pengangkat atau pengangkut manusia yang digerakkan dengan tenaga listrik, baik melalui tarikan langsung (tanpa alat atau dengan roda gigi) maupun transmisi sistem hidrolik dengan gerakan vertikal (toleransi 7 persen) naik turun.[5] Lift juga dapat dikatakan sebagai kendaraan yang efisien untuk orang atau barang bergerak antar-lantai dari sebuah bangunan.[6]

Sebagai alat transportasi vertikal, lift harus memenuhi sejumlah persyaratan, seperti tidak menunggu waktu lama (low waiting time), perlambatannya nyaman (smooth and rapid), percepatannya nyaman (comfortable acceleration), mempunyai kecepatan tinggi (rapid transportation), mempunyai pemberhentian yang otomatis ( level and loading), serta cepat menaikkan dan menurunkan penumpang.

Seperti disinggung di atas, lift memang cenderung dipasang di gedung-gedung bertingkat untuk fasilitas publik, seperti gedung perkantoran, apartemen, hotel, rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga terminal bandara. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengaplikasikan alat transportasi tersebut di rumah Anda, terlebih jika Anda punya hunian yang terdiri dari banyak lantai .

Baca juga  Update Harga Perforator Pelubang Kertas (Kecil, Medium, Besar)

Tips Memasang Lift di Rumah

Lift di rumah (sumber: terrylifts.co.uk)
Lift di rumah (sumber: terrylifts.co.uk)
  • Pastikan jenis lift yang akan dipasang sudah sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Sekarang, ada lift hidrolik (menggunakan piston dan kabel), lift pneumatic (memanfaatkan perubahan tekanan udara untuk menggerakkan kabin elevator), lift elektrik (menggunakan energi listrik), dan lift roped (digerakkan dengan tali atau kabel).
  • Proses instalasi tidak instan, bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu, sehingga Anda juga perlu memperhitungkan estimasi waktu pengerjaan.
  • Kemampuan angkut lift rumah tidak sama jika dibandingkan dengan lift penumpang yang ada pada gedung/bangunan komersial. Lift rumah biasanya memiliki kapasitas yang lebih kecil, berkisar antara 320 kg untuk 4 orang dan 400 kg untuk 5 orang.
  • Bahan atau material lift/elevator akan menentukan harga jualnya. Semakin bagus bahan yang digunakan, tentunya akan membuat beban biaya pada lift yang akan dibeli juga berbeda.

Apabila Anda berniat memasang lift di rumah Anda, sebenarnya tidak sulit mendapatkan alat transportasi ini. Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan konstruksi atau memesan lewat sejumlah situs jual beli online. Harganya cukup variatif, tergantung bahan, desain, dan ukuran. Sebagai referensi, berikut kisaran harga lift untuk rumah berlantai tiga.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pet Cargo Kucing Anjing (Semua Merk dan Ukuran)

Harga Lift Rumah 3 Lantai

Merk/Kapasitas Lift Harga
Fuji KNK Elevator 400 kg Rp260.000.000
Sword Rp270.000.000
Mikae Fuji 320 kg Rp289.000.000
Fujita Rp290.000.000
Orka Series 200 Rp435.000.000

Informasi harga lift untuk rumah tiga lantai di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi penyedia elevator dan sejumlah online shop, sudah termasuk biaya pemasangan berkisar Rp25 jutaan. Perlu Anda catat bahwa harga lift untuk rumah tiga lantai tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Rully. 2014. Merencanakan dan Merancang Rumah Tinggal yang Optimal. Jurnal Teknik Sipil dan Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Vol. 15(19).

[2] Ibid.

[3] Indrani, Hedy C. 2008. Kinerja Ventilasi pada Hunian Rumah Susun Dupak Bangunrejo Surabaya. Dimensi Interior: Jurnal Desain Interior, Vol. 6(1): 9-23.

[4] Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

[5] Sulistyo, Andri. 2016. Optimasi Perhitungan Ulang Kebutuhan Lift Penumpang Type Iris 1-NV PA 20 (1350) CO105 pada Gedung Apartemen 17 Lantai. JTM Universitas Mercu Buana, Vol. 5(1): 23-30.

[6] Juwana, Jimmy S. 2005. Panduan Sistem Bangunan Tinggi untuk dan Praktisi Bangunan. Jakarta: Erlangga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *