Harga Dongkrak Buaya 2 Ton Krisbow dan Tekiro

Dongkrak menjadi salah satu peralatan yang wajib dimiliki pemilik kendaraan roda empat, berguna apabila ada masalah di bagian bawah atau kaki-kaki mobil. Hadir dalam beragam jenis, salah satu yang sering dipakai adalah dongkrak buaya. Sudah banyak merk yang merilis dongkrak jenis ini, termasuk Krisbow dan Tekiro, dan dijual dengan harga bervariasi, biasanya tergantung kapasitas, apakah 2 ton, 3 ton, atau di atasnya.

Dongkrak buaya (sumber: harapanrakyat.com)
Dongkrak buaya (sumber: harapanrakyat.com)

Apa Itu Dongkrak?

Seperti kendaraan pada umumnya, mobil juga dapat tertimpa masalah saat sedang dalam perjalanan, dan salah satu yang paling umum adalah ban kempes atau bocor. Jika Anda membawa sepeda motor, mungkin Anda dapat menuntunnya ke tukang tambal ban terdekat. Namun, hal itu sangat mustahil dilakukan jika menimpa mobil.

Bacaan Lainnya

Karena itu, Anda memang disarankan membawa ban serep sebagai langkah antisipasi jika ban mobil Anda bermasalah di tengah perjalanan. Nah, untuk membongkar ban yang kempes atau bocor dan memasang ban yang baru, tentu saja Anda harus mengangkat terlebih dahulu bagian bawah mobil Anda, Untuk kebutuhan ini, Anda memerlukan alat yang bernama dongkrak.

Dongkrak (car jack) adalah sebuah alat pengangkat untuk mengangkat barang berat yang digerakkan tangan. Fungsi dongkrak adalah untuk mempermudah kerja manusia, biasanya alat ini digunakan untuk mobil. Fungsi dongkrak pada mobil adalah untuk mengangkat mobil pada waktu pemasangan jek stand supaya memudahkan pada saat pemasangan catalytic converter. Dengan dongkrak, mengganti ban mobil atau memperbaiki bagian bawah mobil dapat dikerjakan dengan lebih mudah.[1]

Baca juga  Harga Jet Ski Honda (Semua Varian)

Pada proses kerjanya, dongkrak biasanya menggunakan ulir, roda gigi, dan tekanan fluida seperti zat cair atau udara.[2] Konstruksi dongkrak harus disesuaikan dengan kapasitas beban yang akan diangkat. Beban sasis dan bodi adalah beban yang harus ditanggung sepenuhnya oleh dongkrak. Kerja dongkrak akan selesai, tergantung dari cepatnya proses servis atau perbaikan kendaraan.

Berdasarkan sistem gaya yang digunakan, setidaknya ada dua macam tipe dongkrak yang dikenal masyarakat. Tipe pertama adalah dongkrak mekanik, dengan gaya diteruskan dan diperbesar lewat roda gigi ke batang gigi. Sementara itu, tipe kedua adalah dongkrak hidrolik yang memiliki ciri-ciri menyerupai mulut buaya dan mempunyai tingkat kepraktisan penggunaan yang cukup tinggi. Biasanya, dongkrak hidrolik punya yang jauh lebih besar, tetapi dengan tenaga pengoperasian yang lebih sedikit dibandingkan tipe mekanik.[3]

Pengertian Dongkrak Buaya

Selain dilihat dari sistem gaya yang digunakan, dongkrak juga dapat dibedakan berdasarkan bentuknya, salah satunya dongkrak buaya. Dongkrak buaya memakai sistem untuk mengangkat beban, akan tetapi cara mengangkat beban dongkrak ini sangat mirip dengan membukanya mulut buaya sehingga dinamakan dongkrak buaya. Dongkrak buaya menjadi dongkrak yang paling mudah digunakan karena memakai sistem hidrolik dan tuas yang panjang sehingga mudah memasukkan dalam kolong mobil. Dongkrak ini juga mudah dipindahkan karena memiliki 4 roda dan ringan karena memakai sistem hidrolis.

Baca juga  Update Harga Konsentrat Ayam Petelur 124 (1 Kg dan 50 Kg)

Seperti dongkrak pada umumnya, ada beberapa fungsi yang dapat dilakukan dongkrak buaya. Alat ini bisa Anda gunakan untuk membantu proses penggantian ban mobil yang kempes atau bocor. Selain itu, juga dapat dipakai untuk membantu proses pengecekan mesin mobil serta dapat membantu proses pemasangan jack stand.

Saat ini, sudah ada banyak brand yang meluncurkan dongkrak buaya. Tekiro misalnya, dikatakan punya dongkrak buaya yang menawarkan desain ramping sehingga mudah dibawa bepergian. Mengusung dimensi sekitar 515 x 245 x 165 cm, dongkrak ini terbuat dari bahan besi sehingga memiliki durabilitas yang bagus dan tidak mudah patah.

Merk lainnya yang juga sudah meluncurkan dongkrak buaya adalah Krisbow. ini diklaim membawa desain yang kompak, dilengkapi roda dan handle sehingga mudah diangkat dan digeser. Meski punya harganya yang memang cukup lumayan, dongkrak buaya buatan Krisbow diklaim cocok digunakan pada mobil dengan ground clearance yang rendah.

Dongkrak buaya 2 ton merek Krisbow & Tekiro
Dongkrak buaya 2 ton merek Krisbow & Tekiro

Harga Dongkrak Buaya Krisbow 2 Ton

Lalu, berapa dongkrak buaya Krisbow kapasitas 2 ton? Di salah satu situs jual beli online, dongkrak buaya Krisbow 2 ton saat ini dijual dengan harga mulai Rp400 ribu sampai Rp479 ribuan, belum termasuk ongkos kirim. Sementara itu, di situs ruparupa.com, harganya sekarang berkisar Rp389.900, sedangkan harganya di Monotaro Rp542.790, sudah termasuk PPN.

Baca juga  Pengertian dan Info Terbaru Aturan Biaya Entertainment

Harga Dongkrak Buaya Tekiro 2 Ton

Sementara itu, harga dongkrak buaya kapasitas 2 ton keluaran Tekiro sebenarnya juga tidak jauh berbeda. Di salah satu situs e-commerce, dongkrak buaya Tekiro kapasitas 2 ton saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp421.900 sampai Rp550.000 untuk yang warna hijau, sedangkan yang berwarna hitam dijual mulai Rp550.000 sampai Rp629.100.

Harga Dongkrak Buaya 2 Ton

Merk Dongkrak Buaya Harga
Dongkrak Buaya Krisbow 2 ton Rp400.000 – Rp542.790
Dongkrak Buaya Tekiro 2 ton Hijau Rp421.900 – Rp550.000
Dongkrak Buaya Tekiro 2 ton Hitam Rp550.000 – Rp629.100

Informasi harga dongkrak buaya 2 ton keluaran Krisbow dan Tekiro di atas kami rangkum dari berbagai sumber , termasuk toko perkakas mobil dan sejumlah online shop. Perlu Anda catat bahwa harga dongkrak buaya 2 ton produksi Krisbow dan Tekiro tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Sutowo, Cahya. 2009. Analisa Dongkrak Ulir dengan Beban 4000 Kg. Sintek Jurnal: Jurnal Teknik Mesin UMJ.

[2] Ibid.

[3] Prihatin, Joko Yunianto dan Heri Kustanto. 2018. Kajian Dongkrak Hidrolik Botol Kapasitas 2 Ton terhadap Pengaruh Variasi Posisi Pemasangan Manometer, Sae Oli dan Jarak Langkah Pemompaan. Jurnal Simetris, Vol. 9(1): 547-550.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *