Update Harga Mentega Putih Palmia (500 gr, 1 kg, 15 kg)

Shortening atau mentega putih merupakan padat yang bersifat plastis dan banyak dipakai untuk membuat aneka produk pangan, antara lain roti, cake, biskuit, dan pastry.[1] Nah, salah satu merk mentega putih yang terbilang cukup populer di Indonesia adalah Palmia. Harga mentega putih Palmia ini tergantung dari varian kemasannya, apakah 500 gr, 1 kg, atau 15 kg.

Ilustrasi: Palmia Mentega Putih (credit: Shopee)
Ilustrasi: Palmia Mentega Putih (credit: Shopee)

Beda Mentega Putih, Margarin, Mentega

Berbeda dengan margarin yang hanya mengandalkan nabati sebagai bahannya dan mentega biasa dengan lemak hewani sebagai bahan bakunya, mentega putih berasa dari lemak hewani, lemak nabati, atau campuran antara keduanya. Kandungan lemak pada shortening lebih tinggi dibanding margarin dan mentega biasa karena tidak mengandung air.

Bacaan Lainnya

Selain itu, mentega putih berwarna putih cerah dan mirip dengan susu, tidak seperti margarin dan mentega biasa yang warnanya kekuningan atau kuning terang. Tingkat kepadatan mentega putih juga lebih tinggi dibanding mentega biasa dan margarin, tetapi tetap lembut saat digunakan untuk membuat adonan roti.

Meskipun terbuat dari hewani dan nabati lebih tinggi, shortening tidak memiliki aroma dan cenderung tawar. Tekstur, aroma, dan tingkat kepadatan mentega putih membuat bahan kue yang satu ini memiliki titik leleh yang tinggi, yakni sekitar 40 derajat Celcius hingga 44 derajat Celcius. Ini terbilang lebih tinggi dibandingkan titik leleh margarin, yakni 37 derajat Celcius hingga 42 derajat Celcius.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Menu Eatboss Bandung

Tak hanya dikemas dalam sediaan padat, beberapa produsen mencoba membuat mentega putih dalam sediaan cair. Biasanya, produk seperti ini dipakai untuk membuat buttercream, campuran adonan roti, dan sebagai pengganti minyak goreng. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai shortening sesuai dengan kegunaannya, Anda bisa melihat rincian berikut.

Jenis Mentega Putih

  • Hollman soft cream. Ini merupakan salah satu jenis mentega putih yang biasanya dipakai untuk membuat buttercream karena memiliki tekstur yang halus, lembut, dan lembek. Cara memakai shortening ini tidak sulit, karena Anda hanya perlu menggunakan mentega putih padat dengan perbandingan 1:1 untuk menghasilkan buttercream yang lezat.
  • Coating fat. Ini merupakan salah satu jenis mentega putih yang sudah diolah dan ditambahkan dengan beberapa bahan perasa sebagai pelapis makanan. Coating fat memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu padat, biasanya dipakai untuk melapisi biskuit, kue, wafer, dan kacang.
  • Frying fat. Ini adalah jenis mentega putih yang dipakai untuk menggoreng. Berbeda dengan shortening lainnya, bahan ini memiliki tekstur yang padat dan sedikit keras. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu melelehkan mentega ini di atas penggorengan hingga dan panas. Setelah itu, gunakan menggoreng seperti ketika Anda menggoreng menggunakan minyak.
  • White fat. Ini adalah shortening tanpa emulsifier dan memiliki rasa sangat tawar. Teksturnya terbilang padat, tetapi tidak sepadat mentega putih yang dipakai untuk menggoreng. Biasanya dipakai untuk membuat aneka roti, khususnya roti tawar.
  • Baker’s fat. Ini merupakan shortening dengan emulsifier atau pengembang. Produk ini biasanya dipakai untuk membuat filling, karena bisa berubah teksturnya menjadi lembut, tetapi kaku dan mudah dibentuk.
  • Mentega putih nabati. Produk ini lebih dikenal dengan nama shortening nabati dan memang hanya terbuat dari nabati dengan kadar 100% tanpa penambahan air dan garam, sehingga rasanya cenderung tawar dengan tekstur yang padat.
  • Cake fat. Ini merupakan mentega putih yang sudah ditambah dengan emulsifier, pewarna, dan aroma. Biasanya, aromanya adalah vanila dan lebih disukai untuk membuat aneka hidangan manis, seperti kue tart dan kue bolu.
Baca juga  Info Varian, Spesifikasi dan Update Harga Jas Hujan Elmondo

Sementara ada banyak varian mentega putih di pasaran, beberapa orang menggunakan mentega putih serbaguna dengan rasa sedikit asin dan aroma tidak terlalu tawar seperti Palmia. Anda bisa membeli mentega putih Palmia di pasaran dengan harga seperti berikut.

Jenis Mentega Putih - (Karya: prabhjits)
Jenis Mentega Putih – (Karya: prabhjits)

Harga Mentega Putih Palmia

Kemasan Mentega Putih Palmia Harga
Mentega Putih Palmia 100 gr Rp3.000
Mentega Putih Palmia 250 gr Rp12.000
Mentega Putih Palmia 500 gr Rp15.500
Mentega Putih Palmia 1 kg Rp38.000
Mentega Putih Palmia 15 kg Rp550.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga mentega putih Palmia di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, mentega putih Palmia kemasan 500 gram yang semula dijual seharga Rp12.500, sekarang menjadi Rp15.500. Begitu pula harga mentega putih Palmia kemasan 1 kilogram yang naik dari Rp28 ribu menjadi Rp38 ribu. Selain merk Palmia tersedia pula mentega putih merk lain dengan harga bersaing.

Harga Mentega Putih Lainnya

Merk dan Kemasan Mentega Putih Harga
Filma Baker’s Cream Fat 1 kg Rp20.697
Menara Shortening Baker’s Fat Spc 1 kg Rp22.500
Spectrum Organic All Vegetable Shortening 650 gr Rp214.000
Crisco All-Vegetable Shortening 1,36 kg Rp350.000
Amanda Baker’s Fat 15 kg Rp403.000
Blue Band Master White Cream Fat 15 kg Rp425.000
Baca juga  Update Harga SX Mini G Class (Black Edition & Gold Edition)

Harga mentega putih di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga produk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat menemukannya dengan mudah di toko bahan kue terdekat.

[Update: Ditta]

[1]Assah, Yunita F. 2017. Variasi Campuran Padat dan Virgin Coconut Oil pada Pembuatan Mentega Putih. Jurnal Teknologi Industri, Vol. 9(2): 141-148.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.