Harga Sirup Kurnia (Botol dan Dus)

No comment177 views

Sirup merupakan sediaan pekat dalam air berbahan dasar gula dengan tambahan .[1] Kebanyak produk sirup yang dijual di pasaran biasanya mengandung ekstrak buah-buahan sebagai bahan pewangi alaminya dan salah satu yang terkenal dengan wangi raspberry adalah Sirup Kurnia. Sirup dijual dalam wadah botol kaca isi 600 ml dengan harga relatif terjangkau.

Keunggulan Sirup Kurnia

Ilustrasi: Menikmati Sirup Kurnia (credit: Facebook/Sirup Kurnia)

Ilustrasi: Menikmati Sirup Kurnia (credit: Facebook/Sirup Kurnia)

Sebagai produk lokal yang diproduksi PT Kurnia, sirup Kurnia (Specie Limonade Siroop) atau biasa dikenal dengan nama sirup Cap Patung ini hanya memiliki satu varian rasa, yakni raspberry. Berbeda dengan produk sirup pada umumnya yang mementingkan varian, sirup Kurnia lebih mementingkan rasa dan warna. Inilah salah satu ciri khas produk yang membuat sirup Kurnia menjadi pilihan beberapa orang yang mencari sirup rasa raspberry.

Dikatakan sebagai sirup Cap Patung, karena pada bagian depan kemasan botolnya terdapat gambar patung Liberty berwarna cokelat keemasan. Sementara itu, bagian bawahnya dilengkapi dengan nama produk dan produk. Tak seperti produk sirup masa kini, sirup Kurnia mengusung kemasan gaya vintage dengan botol kaca dan tutup aluminium.

Untuk membuka kemasan sirup Kurnia, Anda harus menggunakan pembuka botol khusus. Setelah dibuka, Anda akan mendapatkan sirup dengan tekstur yang kental dan legit. Meskipun teksturnya sangat kental, sirup ini mudah larut di air. Anda hanya perlu mengaduknya satu hingga dua kali putaran untuk mendapatkan segelas sirup yang segar.

Baca juga  Update Harga Closet Jongkok Toto CE9

Tekstur sirup yang kental ini disebabkan kadar gulanya yang tinggi. Diketahui, semakin tinggi glukosa pada sirup, semakin kental cairan sirup yang dihasilkan. Namun, kadar gula pada sirup Cap Patung ini berbanding dengan jumlah ekstrak buah raspberry yang ditambahkan. Dengan yang tepat, Specie Limonade Siroop memiliki rasa yang pas, yakni tidak terlalu manis atau .

Keunggulan lain sirup Kurnia adalah sudah berlabel dengan sertifikat resmi dari MUI. Selain itu, produk ini juga sudah terdaftar BPOM, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan produk. Label halal dan nomor BPOM sirup Cap Patung ini bisa Anda temukan di bagian samping label botol kaca.

Ilustrasi: Harga Sirup Kurnia (credit: Facebook/Sirup Kurnia)

Ilustrasi: Harga Sirup Kurnia (credit: Facebook/Sirup Kurnia)

Komposisi Sirup Kurnia

Bahan pemanis yang dipakai untuk membuat sirup juga diklaim tidak mengandung pemanisĀ  buatan dan hanya mengandung gula tebu asli. Bahan tambahan lain yang ada dalam produk ini, antara lain asam sitrat atau lebih dikenal dengan nama citric acid, pewarna makanan karmoisin, ekstrak raspberry dan aroma raspberry.

Baca juga  Info Perkiraan Harga Emas Batang 1Kg Terbaru

Asam sitrat pada sirup berfungsi sebagai pengontrol rasa asam sekaligus sebagai bahan pengawet supaya sirup bisa bertahan lebih lama. Dengan adanya bahan ini, sirup memiliki rasa sedikit asam dan ini yang menimbulkan sensasi segar saat diminum.

Lalu, pewarna karmoisin sangat bermanfaat untuk menambah warna pada produk. Warna merah terang pada sirup Cap Patung ini tidak hanya berasal dari ekstrak buah raspberry, tetapi juga pewarna makanan. Tanpa penambahan pewarna, sirup tidak akan menarik dan warnanya akan pudar saat dilarutkan dalam air.

Ekstrak raspberry dan aroma raspberry sangat diperlukan untuk membuat sirup menjadi lebih saat dilarutkan. Jika sirup tidak mengandung dua bahan tersebut, aromanya akan hilang saat dicampur air dan sensasi minum sirup yang segar akan hilang begitu saja.

Dengan bahan-bahan sederhana tersebut, tentunya tidak hanya lezat rasanya, tetapi juga aman untuk kesehatan. Selain itu, produk ini diklaim tidak membuat tenggorokan serak seperti ketika Anda minum sirup dengan bahan pemanis buatan.

Ilustrasi: Cara Penyajian Sirup Kurnia (credit: cocktails.lovetoknow)

Ilustrasi: Cara Penyajian Sirup Kurnia (credit: cocktails.lovetoknow)

Cara Penyajian Sirup Kurnia

  • Siapkan gelas saji berukuran 250 ml hingga 330 ml dan atau alat pengaduk.
  • Siapkan 200 ml hingga 300 ml air matang bersuhu ruangan atau dingin, 30 gr hingga 50 gr es batu, dan 2 hingga 3 sendok makan sirup Kurnia.
  • Masukkan semua bahan ke dalam gelas saji dan aduk hingga rata. Sirup yang sudah jadi bisa langsung diminum selagi dingin.
Baca juga  Varian Ukuran dan Harga Kertas Asturo Terbaru di Pasaran

Selain diminum begitu saja, beberapa orang kerap menjadikan sirup Cap Patung sebagai bahan pemanis dalam membuat kue, es campur, es teler, es buah, dan es serut. Tak hanya itu, supaya lebih nikmat dan kaya rasa, Anda bisa menambahkan air soda dan susu kental manis dalam gelas saji. Bagi Anda yang membutuhkan sirup Kurnia untuk berbagai macam keperluan, berikut referensi harganya.

Harga Sirup Kurnia

Kemasan Sirup KurniaHarga
Sirup Kurnia 600 mlRp20.000
Sirup Kurnia 600 ml 1 dus isi 6 botolRp112.999
Sirup Kurnia 600 ml 1 dus isi 12 botolRp215.000

Harga sirup Kurnia di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga sirup Cap Patung tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Sugarda, W. O. 2019. Formulasi Sediaan Sirup Peningkat Imunitas dari Herba Meniran (Phyllanthus niruri L.). Jurnal Kimia (Journal Of Chemistry) Universitas Udayana, Vol. 13(2): 139-144.

 

author

Leave a reply "Harga Sirup Kurnia (Botol dan Dus)"