Kelebihan dan Harga Kucing American Shorthair di Indonesia

Siapa yang menolak kelucuan kucing? Dengan tingkahnya yang terkadang bikin tertawa serta bulunya yang halus, ini akhirnya kerap dijadikan peliharaan. Ada banyak jenis kucing yang dapat Anda pelihara di rumah. Dari sekian jenis kucing peliharaan, salah satu yang cukup spesial karena punya yang lumayan mahal adalah varian American Shorthair atau kucing bulu pendek .

Kucing American Shorthair (sumber: kittycatter)

Kucing American Shorthair (sumber: kittycatter)

Di antara banyak binatang, kucing merupakan salah satu peliharaan yang digemari masyarakat hingga detik ini.[1] Pasalnya, binatang ini merupakan hewan yang mudah beradaptasi dan dapat menjadi teman baik bagi manusia, serta telah berbaur cukup lama dengan kehidupan manusia.[2] Karena itu, memang cukup mudah menjadikan spesies yang masih satu saudara dengan harimau tersebut sebagai peliharaan.

Setidaknya, ada sekitar 200 ras kucing yang telah tersebar di berbagai belahan dunia, mulai ras dengan tubuh yang kecil hingga yang tidak memiliki ekor.[3] Dari sekian banyak jenis yang beredar, beberapa yang menjadi favorit sebagai , terutama di Indonesia, antara lain kucing Persia, , kucing Bombay, serta kucing American Shorthair.

American Shorthair

Jika kebetulan Anda memiliki anggaran berlebih dan menginginkan jenis yang spesial, salah satu yang dapat dipilih adalah kucing American Shorthair. Ini dikatakan sebagai salah satu ras kucing dari Amerika Utara dan masih merupakan keturunan dari ras kucing bulu pendek Eropa dan ras kucing bulu pendek Britania Raya. Saat ini, dikatakan terdapat lebih dar 60 jenis warna bulu.

American Shorthair (sumber : vetstreet)

American Shorthair (sumber : vetstreet)

American Shorthair dipercaya sebagai salah satu kucing berjenis dan merupakan keturunan dari kucing Eropa. Menurut situs Hill's Pet, mereka dibawa ke Amerika Utara sekitar tahun 1620 oleh orang-orang terdahulu guna menghalau jumlah tikus pada masa itu. Sementara, pemuliaan pertama American Shorthair berlangsung pada 1904.

Baca juga  Harga Genteng Metal Multiroof (Classic dan Permata)

Sebelum disebut American Shorthair, kucing ini punya beberapa nama. American Shorthair memiliki nama asli Shorthair, yang kemudian berubah menjadi Domestic Shorthair. Disalin dari situs Breed List, nama American Shorthair baru disematkan sekitar tahun 1965. Meski bernama America, mereka, sekali lagi, bukan berasal dari Negeri Paman Sam, melainkan Inggris. Sebab, pada 1900, kucing berpola tabby dari jenis tersebut sudah ada di negara itu.

Ceria, dengan ekspresi manis, terbuka dan bulu pendek, serta berkilau, kucing American Shorthair mencerminkan penampilan kucing nenek moyang pemburunya. American Shorthair secara umum adalah kucing yang berperangai baik dan santai. Ras ini sangat populer di kalangan keluarga karena sifatnya yang ceria dan toleransi terhadap -anak.

Secara umum, kucing ini pintar dan sangat tertarik pada segala sesuatu di sekitarnya. Mereka menikmati kebersamaan dengan manusia, namun tetap mempertahankan sifatnya yang mandiri. Ras ini juga dikenal karena umur panjang, sangat sehat, kepribadian yang ramah, dan kesabaran dengan anjing (yang sebenarnya sering bertengkar) dan hewan peliharaan lainnya.

Baca juga  Update Pengertian dan Analisis Biaya Produksi Jangka Pendek

Sementara, dilihat secara fisik, meski terlihat imut, sebenarnya American Shorthair memiliki badan yang besar dan kuat. Mereka juga punya bentuk tubuh yang tangguh, kuat, dan berotot di bagian bahu, dada, dan kaki. Berat badan jantan sekitar 3,5 hingga 4,5 kg, sedangkan betina sekitar 3 hingga 4,5 kg. Kucing ini dapat mencapai tinggi badan sekitar 45 sampai 50 cm, dan panjang badan mencapai sekitar 35 cm. Bulu pendek Amerika akan dewasa ketika sudah mencapai umur 3 sampai 4 tahun, yang berarti lebih lama dari kucing biasanya.

american shorthair detail (sumber: petfinder)

american shorthair detail (sumber: petfinder)

Bulu American Shorthair memiliki jenis warna yang sangat banyak, yakni mencapai delapan puluh warna. Mereka bisa berwarna putih, biru, hitam, cokelat, keabu-abuan, , merah, emas, hingga chinchilla. Pola mantel mereka pun tak kalah mengagumkan. Seekor American shorthair dapat mempunyai pola tabby, calico, smoke, shaded, bahkan tortoiseshell (corak kulit penyu).

Baca juga  Terkini, Harga Bolen dan Kue Kering Kartika Sari

Harga American Shorthair

Dengan segala keunggulan yang dimiliki, tidak mengherankan jika kemudian American Shorthair menjadi buruan banyak pencinta binatang. Namun, untuk mendapatkan jenis ini, Anda perlu merogoh kocek agak dalam. Pasalnya, harga American Shorthair memang relatif mahal. Di Indonesia, kucing American Shorthair betina yang masih anakan dijual dengan harga Rp3,9 jutaan per ekor. Bahkan, ada yang menawarkan kucing ini dengan banderol Rp6,5 jutaan per ekor.

[1] Saryoko, Andi dan Yustin Anggraheni Putri. 2016. Penerapan Metode Inferensi Forward Chaining dalam Mendiagnosa Penyakit Kulit pada Kucing. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, Vol. XII (1): 91-101.

[2] Kurniati, Nia, dkk. 2017. Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Kulit pada Kucing Menggunakan Certainty Factor. ILKOM Jurnal Ilmiah, Vol. 9(1): 34-41.

[3] Fauhani, Sabila Anindita, dkk. 2017. Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Panduan dalam Memelihara Kucing untuk Remaja dan Dewasa Muda usia 16-24 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 1.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Kelebihan dan Harga Kucing American Shorthair di Indonesia"