Keunggulan dan Update Harga Lem Alteco (Ecer dan Lusinan)

Ada kalanya, entah karena usia atau kecelakaan, perabotan atau perkakas rumah Anda mengalami kerusakan. Untuk itu, Anda juga perlu memiliki perlengkapan perbaikan. Nah, salah satu perlengkapan yang dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada peralatan rumah tangga adalah lem. Dari semua jenis lem yang ada, Alteco menjadi pilihan banyak orang, karena mudah dicari dan harga jualnya yang .

Ilustrasi: lem Alteco (sumber: kamini.id)
Ilustrasi: lem Alteco (sumber: kamini.id)

Lem super lebih dikenal dengan nama lem Alteco yang berbentuk cairan, dapat dipakai untuk reparasi kerusakan kecil.[1] Lem super memiliki daya rekat yang luar biasa, bahkan ada produk yang mengklaim dapat menahan beban seberat hingga 2 ton. Mengandung bahan inti yang bernama Cyanoacrylate (CA), yang dikatakan memiliki daya rekat yang cepat dan sangat kuat. Namun, Cyanoacrylate dapat luluh dengan aseton dan air hangat. Acetone biasa digunakan untuk pembersih kuteks kuku, banyak dijual di toko-toko atau apotek.[2]

Bacaan Lainnya

Sebelum kita membahas tentang harga lem Alteco di pasaran lebih detail, Anda juga perlu mengetahui keunggulan lem Alteco. Lem ini sebenarnya sudah ada sejak dulu dan masih banyak digunakan hingga saat ini. Berikut adalah beberapa keunggulan lem Alteco beserta sedikit penjelasannya.

Keunggulan Lem Alteco

  • Salah satu keunggulan lem Alteco yang menjadi alasan diincar banyak orang, yaitu lebih lengket dibandingkan dengan jenis lem lainnya. Jika Anda menggunakan lem Alteco untuk merekatkan barang, barang tersebut akan lebih lengket dan tahan lama. Anda bahkan bisa merekatkan barang pecah belah yang pecah atau retak menggunakan lem Alteco.
  • Hasil yang akan Anda dapatkan jika merekatkan barang pecah belah menggunakan lem Alteco, Anda tidak akan melihat adanya pola atau garis retak dan pecah pada barang pecah belah yang rusak.
  • Lem Alteco merupakan salah satu jenis lem serbaguna yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Anda bisa menggunakannya untuk merekatkan beraneka ragam barang. Tidak hanya barang pecah belah, Anda bisa menggunakan lem Alteco untuk kayu, plastik, , sepatu, besi, kertas, dan masih banyak lagi.
  • Ada juga jenis lem Alteco yang bisa digunakan di dalam air. Ini merupakan salah satu produk baru lem Alteco dengan jenis Epo Putty. Lem jenis ini banyak digunakan oleh tukang untuk memperbaiki pipa air dan menambal aspal.
  • Penggunaan lem Alteco yang semakin meningkat juga dikarenakan lem ini awet dan tahan lama. Apabila Anda menggunakan lem Alteco untuk merekatkan barang, ini akan tahan lama dan awet. Barang yang Anda rekatkan tidak mudah rusak atau robek kembali. Ketahanan dan keawetan lem Alteco diklaim bisa bertahan hingga puluhan tahun.
  • Beberapa jenis barang, seperti barang pecah belah, juga akan lebih awet dan tahan lama. Apalagi jika Anda menggunakannya untuk memperbaiki cangkir atau piring yang pecah. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan piring dan cangkir yang sudah dilem. Suhu minuman atau makanan dalam piring dan cangkir tidak membuat daya lengket lem menurun.
  • Keunggulan yang paling menguntungkan bagi Anda yang ingin menggunakan lem Alteco sebagai salah satu kebutuhan harian, yaitu mudah dicari. Anda bisa menemukan lem Alteco di berbagai toko, bahkan warung kecil. Lem Alteco sendiri saat ini sudah banyak dijual di berbagai toko alat tulis , toko perabotan, dan warung kecil.
  • Bagi Anda yang kesulitan menemukan toko alat tulis kantor atau warung kelontong, bisa juga membelinya di waralaba atau swalayan. Biasanya, lem Alteco dijual di bagian peralatan tulis atau rak peralatan rumah tangga.
  • Bagi Anda yang sering bepergian atau melakukan jauh, akan lebih praktis jika Anda membawa lem Alteco sebagai salah satu barang untuk kebutuhan mendadak. Lem Alteco yang memiliki kemasan berukuran kecil ini lebih praktis untuk dibawa ke mana saja, selain itu juga memiliki banyak fungsi. Anda bisa meletakkan lem Alteco di kantong celana atau kantong baju. Ukuran kemasan lem Alteco juga tidak menghabiskan banyak ruang.

Lem Alteco sendiri memiliki harga yang variatif. Pada tahun 2020 dan 2021 lalu, lem Alteco di toko kecil dijual dengan harga mulai Rp4. hingga Rp5.200 untuk satuannya. Sementara di Indomaret, lem Alteco kemasan 3 gr dijual dengan harga Rp9.500 hingga Rp12.100, harga tersebut relatif stabil hingga 2022 lalu. Berikut perbandingan harga lem Alteco yang berlaku tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Lem Alteco (sumber: Facebook)
Lem Alteco (sumber: Facebook)

Harga Lem Alteco

Jenis & Kuantitas Lem AltecoHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Lem Alteco 110 3 grRp3.500 – Rp7.000Rp4.500 – Rp8.500
Lem Alteco Type D 20 grRp10.500 – Rp15.000Rp15.000
Lem Alteco 2 Ton Quick Epoxy Steel 4 minutes 56,7 grRp13.000Rp15.000
Lem Alteco Epo Putty 100 grRp21.780 – Rp33.000Rp28.000 – Rp37.500
Lem Besi Epoxy Adhesive Alteco 3 tonRp39.500Rp40.000
Lem Alteco 110 1 lusin isi 12 pcsRp51.000Rp52.500
Lem Alteco Type D 20 gr 1 box isi 50 botolRp500.000Rp565.000

Informasi harga lem Alteco di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga lem Alteco di pasaran saat ini cenderung naik. Namun perlu diingat, harga tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Bagi Anda yang ingin membeli lem Alteco lusinan, Anda juga bisa mendapatkannya di pasar atau toko alat kantor besar. Biasanya, orang membeli lem Alteco lusinan untuk dijual lagi atau sebagai kebutuhan harian. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko terdekat atau memesannya di sejumlah marketplace terpercaya.

[: Ditta]

[1] Sitanggang, N. & Putri L. A. L. 2019. Manajemen Kewirausahaan Furnitur. Yogyakarta: Deepublish, hlm 57.

[2] Suryana, D. 2013. Cara Membuat Lem: Membuat Lem. Jakarta: CreateSpace Independent Publishing Platform, hlm 63.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *