Info Terbaru Daftar Susu Formula Harga Termahal

No comment5968 views

formula merupakan salah satu solusi bagi yang terpaksa tidak bisa memberikan ASI secara eksklusif kepada mereka karena berbagai alasan. Di sendiri, tidak sulit menemukan susu formula karena telah dijual secara bebas dan hadir dalam beragam merek. Bahkan, ada beberapa brand yang menawarkan produk mereka dengan mahal, meski tidak berarti produk tersebut cocok dan bagus untuk buah hati Anda.

Sekilas Tentang Susu Formula

Susu, merek, formula, ASI, nutrisi, makanan, sehat, brand, mahal, harga, kesehatan, bayi, anak, usia, jenis, sapi, kedelai, protein, lemak, karbohidrat, pakar, rasa

Menciduk susu formula dalam kaleng (sumber: Wikipedia)

Dilansir dari Wikipedia, susu formula ternyata sudah ada sejak lama dan diketahui pertama kali dibuat pada abad ke-19 oleh seorang ahli kimia asal Jerman bernama Von Liebig. Susu formula ini mulai dipasarkan pada tahun 1867, yang terbuat dari campuran susu sapi, tepung terigu, dan tepung malt. Campuran ini dimasak dengan sedikit kalium dan karbohidrat untuk mengurangi rasa asam.

Latar belakang pembuatan susu formula, seperti disampaikan di atas, adalah banyaknya ibu-ibu yang tidak dapat atau tidak mampu menyusui bayi mereka secara penuh dengan ASI. Salah alasannya mungkin si ibu terkena infeksi HIV/AIDS sehingga dikhawatirkan akan membuat bayi tertular setelah minum ASI. Selain itu, alasan lainnya mungkin si ibu berprofesi sebagai karir yang sibuk sehingga tidak dapat memberikan ASI kepada bayi secara optimal.

Meski sudah dibuat sejak abad ke-19, namun cara modern pembuatan susu formula baru dilakukan pada tahun 1915, yang menghasilkan susu formula dengan lemak diklaim hampir mendekati ASI. Susu formula ini mengandung 4,6 persen lemak, 6,5 persen karbohidrat, dan 0,9 persen protein. Nah, untuk saat ini, susu formula yang beredar di pasaran sangat bervariasi dan memiliki rasa yang beragam.

Selain dari susu sapi, susu formula yang beredar saat ini juga ada yang terbuat dari kedelai atau protein hidrolisa. Susu formula juga ditambahkan minyak tumbuh-tumbuhan untuk menyediakan lemak yang diabsorpsi oleh bayi. Agar susunan gizinya mendekati ASI, susu formula ditambahkan dengan whey protein, serta vitamin dan mineral untuk mencapai kecukupan gizi.

Bagi bayi yang mempunyai alergi terhadap susu sapi atau susu kedelai, susu formula yang diklaim tepat yaitu susu formula yang berbahan baku dari protein terhidrolisa. Susu formula ini terdiri dari kasein hidrolisa, sukrosa, dan tapioka sebagai sumber karbohidrat. Kemudian, ditambahkan dengan zat lain sehingga komposisi gizinya mendekati komposisi gizi ASI. Berikut -jenis susu formula yang beredar di pasaran.

Jenis-Jenis Susu Formula di Pasaran

Ilustrasi: bayi minum susu formula (sumber: beyondorganicbaby.com)

Ilustrasi: bayi minum susu formula (sumber: beyondorganicbaby.com)

  • Susu formula dari susu sapi. Merupakan produk yang banyak beredar. Biasanya, jenis ini mengandung protein, karbohidrat, dan lemak dalam keseimbangan yang tepat. Protein dalam susu formula ini juga diklaim sudah mengalami perubahan sehingga membuatnya lebih mudah untuk dicerna.
  • Susu formula dari susu kedelai. Ini adalah susu yang diklaim cocok bagi bayi yang mengalami intoleransi laktosa sementara karena infeksi pencernaan, alergi susu sapi yang berhubungan dengan galaktosemia, dan kekurangan laktase bawaan.
  • Susu formula bebas laktosa. Ini adalah susu formula yang tidak mengandung laktosa (gula yang terkandung dalam susu) dan biasanya diganti dengan jenis gula lain, seperti sirup jagung.
  • Susu formula hipoalergenik. Ini adalah jenis susu formula yang mengandung protein yang sudah dipecah menjadi bentuk lebih kecil sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi. Umumnya, bayi yang membutuhkan susu formula jenis ini adalah bayi yang memiliki alergi protein susu atau yang mengalami masalah penyerapan (biasanya bayi prematur).

Ada beragam merek susu formula yang bisa Anda temukan di pasar tradisional, toko, minimarket, atau swalayan skala besar. Harga susu formula ini bervariasi, tergantung komposisi yang dikandung, kemasan yang ditawarkan, serta rasa yang disediakan. Berikut kami sampaikan informasi terbaru susu formula dengan harga paling mahal saat ini.

Harga Susu Formula Termahal

Produk susu formula (sumber: scmp.com)

Produk susu formula (sumber: scmp.com)

Merek Susu FormulaHarga (Rp)
Enfamil A+ 1 1800 gram685.000
Enfamil A+ 2 1800 gram687.000
Enfagrow A+ 3 Vanilla 1800 gram589.000
Nestle Nan pH Pro 800 gram350.000
Enfagrow A+ 4 Vanilla 1800 gram550.000
Appeton Weight GainĀ CoklatĀ 3-12 900 gram615.000
Enfagrow A+ 3 Vanilla 1200 gram470.000
Bebelac 3 Madu 1800 gram791.000
Bebelac 3 Vanilla 1800 gram300.000
Nestle Nan pH Pro 3 800 gram350.000
Nestle Nan pH Pro 1 800 gram340.000
S-26 Procal Gold 1600 gram500.500
Nestle Nan Ha Pro 2 800 gram400.000

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memberikan susu formula kepada si kecil? Menurut dr. Ariana Dewi Widodo, SpA(K), bila ASI masih mencukupi, maka anak tidak perlu diberi tambahan susu formula. Standar AS, menurut Ariani, memang harus diberikan hingga bayi berusia dua tahun. Sementara, untuk pendamping ASI (MPASI), bisa diberikan setelah anak berusia enam bulan.

Nah, bila memang harus diberikan susu formula, maka orang tua perlu memperhatikan kategori susu sesuai usia si kecil. Jika usia anak enam bulan, bisa diberikan susu formula khusus 6-12 bulan. Namun, yang perlu dicatat, berikan susu formula biasa karena anak kurang dari satu tahun tidak boleh mengonsumsi susu UHT dan pasteurisasi.

Sementara itu, menurut beberapa pakar kesehatan, ketika anak telah berusia 1 tahun, tidak perlu diberikan susu formula. Dilansir Channel News Asia, Meave Graham, seorang Child Nutritionist di Singapura, menuturkan bahwa kadar gula yang tinggi (di dalam susu formula) memberikan rasa manis yang membuat anak cepat merasa kenyang, sehingga mereka enggan untuk mengonsumsi makanan lain. Selain itu, susu formula juga tidak memberikan manfaat lain yang diberikan oleh makanan sehat seimbang.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Susu Segar Cimory
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Daftar Susu Formula Harga Termahal"