Info Terbaru Harga Minyak Jagung yang Diklaim Baik Untuk Kesehatan Jantung

Hampir semua olahan masakan pasti menggunakan minyak goreng. Minyak goreng menjadi satu kebutuhan dapur yang penting. Bahan pembuatan minyak identik dengan kelapa sawit, padahal masih banyak jenis bahan lainnya yakni minyak jagung, minyak canola, dan minyak zaitun. Menurut beberapa referensi, jenis minyak jagung (corn oil) diklaim mampu mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit, dan harga jualnya lebih murah jika dibandingkan dengan minyak zaitun.

Ilusrasi: minyak jagung (sumber: israbar.com)

Ilusrasi: minyak jagung (sumber: israbar.com)

Minyak jagung, seperti namanya, diekstrak dari biji jagung. Proses ekstraksi untuk memperoleh minyak disebut juga sebagai “pressing”.

Jika digunakan untuk memasak, minyak jagung juga memiliki smoke point yang tinggi. Smoke point tersebut membuat minyak ini tidak mudah berasap selama digunakan untuk memasak. Maka dari itu, minyak jagung dianggap cocok digunakan untuk memasak seperti menumis, memanggang, dan pan frying. Cara memasak dengan metode tersebut juga dikatakan lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan cara menggoreng.

Minyak jagung tidak hanya digunakan sebagai minyak sayur untuk memasak, tapi juga berguna untuk keperluan lain, terutama dalam industri tekstil, cat, dan industri farmasi.

Dari segi kesehatan, minyak jagung juga dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam karena kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah, namun juga tinggi Omega 3. Selain itu, minyak jagung diperkaya dengan kandungan antioksidan (vitamin E) yang baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga bertindak sebagai antioksidan dengan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga  Harga Mesin Giling Daging Diesel di Pasaran

Secara umum, minyak jagung merupakan bagian paling mahal dari jagung. Minyak jagung mengandung beberapa jenis asam lemak esensial, antara lain asam lemak linolenat (59%), asam linoleat (0,8%), dan asam oleat (27%). Adanya kandungan asam lemak esensial pada jagung dapat dimanfaatkan untuk pencegahan penyakit arteriosclerosis, yaitu semacam penyakit penyempitan pembuluh darah. Minyak dalam jagung juga tergolong dalam jenis lemak tidak jenuh yang diduga berguna untuk menurunkan kolesterol darah.[1]

Minyak jagung cukup enak untuk digunakan dalam membuat salad maupun untuk menggoreng. Minyak jagung mudah dicerna. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari minyak jagung, pilih minyak jagung dengan bahan baku jagung organik dan non-transgenik.[2]

Hingga saat ini telah hadir beberapa produsen minyak goreng yang juga meluncurkan pilihan minyak jagung, di antaranya merk Tropicana Slim, Mazola, Golden Bridge, dan lain sebagainya. Berikut adalah informasi harga minyak jagung dari beberapa yang ada di pasaran.

Ilustrasi: Produk Minyak Jagung di Pusat Belanja (credit: fitibility)

Ilustrasi: Produk Minyak Jagung di Pusat Belanja (credit: fitibility)

Daftar Harga Minyak Jagung

Merek Minyak JagungHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Kie Corn Oil (KCO) 1 literRp34.000Rp35.000
CCO Corn Oil 1 literRp45.000Rp38.000
CCO Corn Oil 2 literRp64.000Rp72.000
Mama Suka Corn Oil 900 mlRp65.000Rp66.250
LugliO Corn Oil 1 literRp70.000Rp70.000
Tropicana Slim Minyak Jagung 946mlRp74.000Rp74.100
Orilia Corn Oil minyak goreng 1 LRp83.000Rp40.000
Dougo Corn Oil 900 mlRp93.000Rp93.000
Minyak jagung Mazola 900 mlRp95.000Rp103.450
Golden Bridge 2 literRp102.000Rp117.300
Orilia Corn Oil minyak goreng 2 LRp125.000Rp145.000
Mazola Corn Oil 1.5 literRp165.000Rp161.500
LugliO Corn Oil 5 literRp343.000Rp343.000
Mazola Corn Oil 3.5 literRp360.000Rp325.000
Baca juga  Update Harga Al Quran Kecil Ukuran Saku & untuk Souvenir

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga minyak jagung (corn oil) di pasaran Indonesia tahun 2021 ini banyak mengalami perubahan meski ada juga beberapa produk yang harganya relatif stabil.

Ilustrasi: Menggoreng Menggunakan Minyak Jagung (credit: asianinspirations)

Ilustrasi: Menggoreng Menggunakan Minyak Jagung (credit: asianinspirations)

Semua jenis minyak untuk menggoreng pada dasarnya kombinasi dari minyak jenuh dan minyak tak jenuh dengan kadar yang berbeda. Pada minyak jagung, kadar lemak jenuhnya lebih rendah dibandingkan minyak kelapa sawit sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti minyak kelapa sawit demi tubuh yang lebih sehat. Minyak kelapa sawit mengandung lemak jenuh hingga 41%.

Kandungan asam lemak tak jenuh (lemak sehat) pada minyak jagung 5 kali lebih tinggi daripada minyak sawit pada umumnya. Selain itu minyak jagung memiliki aroma khas yang membuat cita rasa masakan semakin sedap. Minyak jagung dalam berbagai merk bisa Anda beli di berbagai pusat perbelanjaan seperti Giant, Hypermart, Superindo, hingga minimarket layaknya Indomaret, , maupun Alfamidi.

Baca juga  Update Harga Mesin Jahit Otomatis Juki

Perlu Anda ketahui bahwa harga minyak jagung dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga minyak jagung atau corn oil dalam berbagai merek yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

[Update: Dian]

[1] Gardjito, M dkk. 2013. Pangan Nusantara: Karakteristik dan Prospek untuk Percepatan Diversifikasi Pangan Edisi Pertama (hlm 137-138). Jakarta: Kencana.

[2] Subroto, MA. 2008. Real Food True Health (hlm 101). Rokhim A, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Terbaru Harga Minyak Jagung yang Diklaim Baik Untuk Kesehatan Jantung"