Update Harga Konsentrat Ayam Petelur 124 (1 Kg dan 50 Kg)

Bagi peternak unggas, terutama ayam petelur, pakan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Kekurangan pakan bisa menyebabkan produktivitas telur ayam menurun saat berat dan ukuran telur di bawah standar jual.[1] Nah, salah satu pakan ayam petelur yang diklaim dapat meningkatkan produktivitas unggas ini adalah konsentrat ayam petelur 124 yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: peternakan ayam petelur (sumber: dikdasmen.my.id)
Ilustrasi: peternakan ayam petelur (sumber: dikdasmen.my.id)

Ayam petelur adalah komoditas unggas yang semakin populer dan bagi sebagian orang, ternak ayam petelur adalah salah satu ladang bisnis yang menjanjikan, karena ayam bisa menghasilkan telur setiap hari. Selain telur, dagingnya juga bisa dijual saat ayam sudah tidak lagi bertelur.

Bacaan Lainnya

Meskipun begitu, tidak semua orang pandai beternak unggas seperti ini, apalagi bagi pemula yang masih awam dengan dunia peternakan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin mencoba bisnis telur ayam, seperti membuat perencanaan bisnis, lokasi kandang, jenis kandang, ayam, vaksin, dan kebersihan. Selain itu, Anda harus memperhatikan jenis pakan yang akan Anda berikan. Sebagai saran, pilihlah pakan yang memiliki banyak keunggulan dan salah satunya adalah konsentrat ayam petelur 124 atau lebih dikenal dengan 124 Hi-Pro-Vite.

Baca juga  Jam Buka, Fasilitas, dan Harga Tiket Aquaria KLCC Malaysia Terbaru

Keunggulan Konsentrat Ayam Petelur 124

Termasuk produk yang cukup populer di kalangan peternak ayam, konsentrat ayam petelur 124 diklaim memiliki kualitas yang baik dan aman. Produk besutan PT Charoen Pokphand ini diketahui mampu memenuhi kebutuhan ayam untuk menghasilkan telur yang bernilai jual tinggi.

Pur ayam petelur ini dikemas dalam wadah karung putih yang terbuat dari bahan semi nilon. Di bagian depan kemasan, terdapat gambar ayam dan label produk berwarna biru serta dicetak tebal. Supaya tidak mudah tumpah, terdapat segel benang jahit di bagian atas karung. Sekilas, packaging pakan ayam ini mirip dengan karung beras.

Untuk membuka karung, Anda hanya perlu melepas segelnya dengan cara memotong ujung benang dan menariknya ke arah luar jahitan. Setelah pakan dibuka, harus segera dihabiskan, paling tidak satu sak untuk satu bulan dan minimal tujuh hari. Hal ini untuk menjaga kualitas tekstur pakan yang diberikan kepada ayam ternak.

Jika Anda ingin agar pakan ternak bisa bertahan lebih lama, pindahkan pur ke dalam wadah yang tertutup dan jauh dari matahari secara langsung. Selain itu, pakan harus disimpan dalam ruangan yang sejuk dan tidak lembap. Namun, beberapa orang hanya meletakkannya di dalam gubuk atau gudang penyimpanan dan diberi alas plastik di bagian bawah karung karena produk diklaim tidak mudah rusak meskipun terkena udara lembap.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pet Cargo Kucing Anjing (Semua Merk dan Ukuran)

Keunggulan lain voer ayam petelur ini adalah konon dalam 15 kg-nya, mengandung 32% protein kasar, 12% air, 12% serat kasar, 7% abu, 6% lemak, 2.800 kkal kalori, 3,6%-4,7% kalsium, dan 1-1,7% phospor. Dengan ini, produk 124 Hi-Pro-Vite diketahui memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan daya imun ayam, memperkuat cangkang telur, meningkatkan produktivitas, dan memenuhi kebutuhan proteinnya.

Anda bisa memberikan pakan tersebut sebanyak tiga kali sehari, yakni pagi, siang, dan sore hari. Supaya ayam mendapatkan porsi makan yang sama, Anda bisa menimbangnya terlebih dahulu. Jika Anda terlalu repot, Anda juga bisa menakar pakan ternak. Misalnya, setiap unggas diberi pakan satu cup kecil 124 Hi-Pro-Vite sebanyak tiga kali dalam sehari.

Tidak sulit mendapatkan 124 Hi-Pro-Vite di pasaran, karena Anda sudah bisa membelinya di toko pakan ternak terdekat atau situs online. Pakan ini dijual secara eceran atau repack dalam kemasan plastik isi 1 kg dan secara grosir dalam kemasan karung 50 kg. Sebagai referensi, berikut info terbaru harga konsentrat ayam petelur 124 di pasaran saat ini.

Baca juga  Update Harga Susu HiLo Sachet (Eceran dan Renceng)
Konsentrat Ayam Petelur 124 - (shopee.co.id)
Konsentrat Ayam Petelur 124 – (shopee.co.id)

Harga Konsentrat Ayam Petelur 124

Kemasan Konsentrat Ayam Petelur 124 Harga
Konsentrat Ayam Petelur 124 1 Kg Rp11.000 – Rp12.000
Konsentrat Ayam Petelur 124 50 Kg Rp478.000

Informasi harga konsentrat ayam petelur 124 di atas telah kami rangkum dalam berbagai sumber, termasuk situs online. Perlu diingat, harga 124 Hi-Pro-Vite tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kemasan 1 kg sedikit naik dari Rp10 ribu menjadi Rp11 ribu sampai Rp12 ribuan, sedangkan harga kemasan 50 kg naik drastis dari Rp410 ribu menjadi Rp478 ribuan.

(Panca)

[1] Asnawi, Muhammad Ichsan, Ni Ketut Dewi Haryani. 2017. Nilai Pakan Ayam Ras Petelur yang Dipelihara Peternak Rakyat di Pulau Lombok. Jurnal Sains Teknologi & Lingkungan Mataram, Vol. 3(2): 18-27.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *