Info Terbaru Harga Konsentrat Ayam Petelur (Berbagai Merk)

Pakan termasuk faktor utama yang menentukan kualitas dan keberhasilan usaha peternakan, entah itu ternak ayam petelur atau ayam pedaging. Oleh sebab itu, apabila Anda hendak menekuni bisnis peternakan ayam petelur, sebaiknya pertimbangkan untuk menyisihkan anggaran membeli pakan atau pur yang bagus. Ada banyak konsentrat untuk ayam petelur maupun pedaging yang ada di pasaran. Harga jualnya beragam, tergantung merk.

Ayam petelur (sumber: bethrooney.com)
Ayam petelur (sumber: bethrooney.com)

Kandungan Konsentrat untuk Ayam Petelur

Memilih pakan yang bergizi dan mempunyai komposisi nutrisi yang tepat dapat membuat ayam ternak lebih gemuk, sehat, kuat, dan proses bertelurnya lebih lancar. Karena begitu penting, seringkali biaya untuk kebutuhan pakan menempati urutan teratas dalam usaha peternakan ayam petelur.

Bacaan Lainnya

Besaran kebutuhan pakan tergantung dari besar usaha peternakan yang digeluti. Biasanya, kebutuhan pakan untuk ternak tidak lebih kecil dari 50% dari total biaya produksi. Beberapa usaha peternakan bahkan ada yang rela mengeluarkan biaya mencapai 80% dari keseluruhan biaya produksi hanya untuk kebutuhan pakan ternaknya.

Pakan yang baik sendiri seharusnya memiliki kandungan bermacam-macam gizi layaknya vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein. Jenis pakan yang digunakan oleh para peternak pun sangat bervariasi. Ada yang lebih memilih memberikan pakan atau voer dari hasil olahan sendiri. Namun, ada juga yang lebih suka memberikan pakan konsentrat buatan pabrik karena dinilai memiliki komposisi yang sesuai dengan kebutuhan ayam ternak.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pisang Bolen Amanda

Konsentrat merupakan pakan yang mengandung nilai protein cukup tinggi, sekitar 32%, dengan pemakaiannya tinggal ditambahkan jagung, bekatul, dedak padi, polar jagung, atau bahan lainnya, sehingga diperoleh campuran pakan siap konsumsi yang cocok untuk ayam ternak. Selain pakan konsentrat, ada pula pakan jadi. Penggunaan pakan jadi memang relatif lebih praktis karena tidak perlu dicampur apa-apa lagi lantaran kandungannya telah lengkap sesuai kebutuhan.

Pakan konsentrat adalah pakan penguat untuk ternak yang terdiri dari satu jenis atau campuran bahan pakan. Biasanya, bahan pakan tersebut berasal dari limbah industri seperti instan afkir, roti afkir, dan sebagainya, atau limbah pertanian seperti bekatul maupun tumpi jagung, hasil samping olahan bahan pangan seperti tepung ikan, dedak, bungkil kedelai, maupun bermacam biji-bijian.

Beberapa peternak biasanya mencampurkan pakan konsentrat dengan bahan-bahan yang mudah ditemui dan ketersediaannya melimpah di sekitar tempat peternakannya. Ada yang lebih menyukai perpaduan konsentrat dengan dedak padi, namun ada juga yang lebih suka mencampur konsentrat untuk ayam petelur dengan jagung atau nasi aking. Apa pun bahan campuran pakan konsentrat, sebaiknya pilih yang paling ekonomis namun berkualitas baik, sehingga tidak memberatkan Anda dari segi biaya kebutuhan pakan untuk ayam petelur.

Pakan konsentrat ayam petelur di pasaran dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung mereknya. Sebagai informasi, konsentrat ayam petelur layer 124 Hi-Pro-Vite Medicated produksi PT Charoen Pokphand Indonesia, biasanya dijual dengan kemasan 1 kg. Pakan atau pur satu ini diklaim bermanfaat untuk menjadikan ayam lebih sehat dalam memproduksi telur, memperkuat cangkang telur supaya tidak mudah pecah, serta memenuhi kebutuhan protein dan kalsium pada ayam maupun anak ayam yang diperoleh dari hasil penetasan telur tersebut.

Baca juga  Info Harga Sirih Merah (Daun, Bibit, Kapsul, Bubuk)

Selain itu, ada pula pedagang yang menjual konsentrat ayam petelur seberat 15 kg. Konsentrat satu ini disebut-sebut memiliki kandungan nutrisi protein kasar min 32%, kadar air maksimal 12%, serat kasar maks 12%, abu maks 7%, lemak min 6%, energi min 2.800 kcal per kg, calcium min 3,6-4,7%, dan phosphor min 1-1,7%.

Selain pakan jenis konsentrat yang telah disebutkan di atas, ada juga jenis-jenis dan merk pakan lain untuk ayam petelur yang beredar di pasaran seperti pakan komplet ayam petelur produksi PT East Hope Agriculture merek EH 818 dan EH 811 A. Kemudian, ada pula pakan konsentrat ayam petelur merk 7582 dari PT New Hope I dan pakan konsentrat ayam petelur merk NHK 35 dari PT New Hope II. Lalu, berapa harganya untuk saat ini?

Pakan konsentrat ayam (sumber: pakan-hewan.com)
Pakan konsentrat ayam (sumber: pakan-hewan.com)

Harga Konsentrat Ayam Petelur

Merk/ Konsentrat Ayam Petelur Harga
Genta GT-1 1 kg Rp8.756
New Hope Feed L-83 1 kg Rp9.400
Hi-Pro-Vite 124 1 kg Rp11.000 – Rp12.000
Rhisomix LC 1 kg Rp38.000
Hi-Pro-Vite 144 10 kg Rp213.000
New Hope I 7582 50 kg Rp250.000
New Hope 623A 50 kg Rp286.000
New Hope Feed L-83 50 kg Rp295.000
Genta GT-1 50 kg Rp450.000
Hi-Pro Vite 124 50 kg Rp471.000
Hi-Pro Vite 324 50 kg Rp773.000
Baca juga  Info terbaru Kisaran Biaya Instal Ulang Laptop

Harga konsentrat ayam petelur di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga konsentrat ayam petelur saat ini terbilang cukup stabil. Sebagai contoh, 124 Hi-Pro-Vite Medicated 1 kg yang masih dijual di kisaran Rp11 ribu sampai Rp12 ribu. Namun, harga New Hope I 7582 kemasan 50 kg turun drastis dari Rp336 ribu menjadi Rp250 ribuan.

Anda bisa memilih sendiri merk pakan konsentrat mana yang kira-kira paling baik dan sesuai dengan kebutuhan ayam petelur Anda. Yang jelas, pilihlah konsentrat yang memang benar-benar berkualitas baik. Terpenting, penuhi juga vitamin atau kebutuhan obat-obatan untuk ayam petelur supaya tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Jika perlu, Anda bisa mencoba memberikan nutrisi dan vitamin secara terpisah dengan makanan untuk ayam petelur Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan nutrisi dan vitamin pada air yang akan diminum oleh ternak ayam petelur.

Jenis Konsentrat Ayam Petelur - (gdmorganic.com)
Jenis Konsentrat Ayam Petelur – (gdmorganic.com)

Apabila Anda ingin membeli pakan konsentrat ayam petelur, Anda bisa langsung mendatangi toko pakan ternak terdekat. Namun, bila kesulitan menemukannya di toko-toko terdekat, Anda juga bisa membeli konsentrat ayam petelur secara online di situs-situs e-commerce yang ada di Indonesia. Saat membeli konsentrat ayam petelur secara online, perhitungkan juga ongkos kirimnya (ongkir).

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *