Update Harga Oli MPX dan SPX (0,8 Liter, 1 Liter dan 1,2 Liter)

Banyaknya jenis dan merk oli yang ada di pasaran tak jarang membuat konsumen bingung untuk satu jenis oli yang tepat untuk digunakan pada kendaraan bermotornya. Anda memang harus jeli dalam memilih oli yang tepat karena penggunaan oli yang salah justru dapat merusak mesin dan menghilangkan garansi motor Anda. Nah, salah satu merk oli yang sering direkomendasikan pada pengguna motor Honda adalah AHM Oil, baik oli MPX atau SPX, yang dijual dengan harga relatif terjangkau.

Mengisi Oli Sepeda Motor - www.rideapart.com
Mengisi Oli Sepeda Motor – www.rideapart.com

Oli berfungsi melumasi mesin agar akibat gesekannya dapat dikurangi. Gerakan komponen-komponen yang terdapat di dalam rongga mesin sangat cepat dan saling menggesek satu dengan lainnya. Gesekan-gesekan ini memunculkan sejumlah partikel kecil yang bercampur menjadi satu dengan oli di dalam mesin., dan itu sebabnya warna oli berubah (dari bening menjadi agak kehitaman) setelah beberapa waktu pemakaian.[1]

Bacaan Lainnya

Ada banyak merk oli yang telah beredar di pasaran, dan salah satu yang cukup populer adalah AHM Oil. Seperti namanya, ini adalah oli sepeda motor yang diproduksi oleh PT AHM ( Honda Motor) untuk mendukung sepeda motor keluaran Honda. Namun, tidak cuma untuk kuda besi Honda, AHM Oil kabarnya juga cocok untuk beberapa brand motor lainnya.

Teknologi AHM Oil

  • Honda Antioxidant, memberikan perlindungan mesin dari oksidasi.
  • Honda Visco Improver Technology, menstabilkan suhu mesin untuk mengurangi penguapan dan memudahkan starter mesin.
  • Honda Cleansing Agent, menjaga kebersihan mesin.
  • Fully Synthetic (khusus untuk AHM Oil SPX), dirasa sangat stabil dan mempunyai struktur molekul yang seragam.

Dengan teknologi yang ditawarkan, AHM Oil memiliki beberapa keunggulan yang dapat dijadikan pertimbangan bagi konsumen. Produk ini diklaim bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 8%, menghemat biaya perawatan karena dapat memperpanjang usia pemakaian oli hingga 4.000 kilometer, sanggup memaksimalkan kinerja mesin karena bisa melumasi celah mesin meskipun celah yang paling sempit serta menjaga kestabilan gesekan antar komponen di dalam mesin sehingga kinerja mesin semakin ringan dan optimal, serta ramah lingkungan karena rendahnya gas buang (CO2) yang tentunya akan mengurangi pencemaran udara serta pemanasan global.

Baca juga  Update Harga Air Cooler Merk APA (250 CMH, 330 CMH, 500 CMH, 1200 CMH)

AHM Oil terdiri dari beberapa varian, yaitu AHM Oil untuk matic, sport, dan cub (bebek). Apabila Anda seorang yang berkecimpung di dunia otomotif tentu sudah tidak susah membedakan antara oli MPX dan oli SPX. Namun bagi masyarakat awam tentu sulit membedakannya. Lantas apa perbedaan AHM Oil MPX dan SPX? Berikut ulasan dan spesifikasinya masing-masing.

AHM oli MPX 1 (sumber: blanja.com)
AHM oli MPX 1 (sumber: blanja.com)

AHM Oil

  • AHM Oli MPX 1 (Maximum Protection Expert), merupakan oli yang diformulasikan khusus untuk sepeda motor Honda yang memiliki presisi dan performa tinggi. Oli jenis ini mampu memberikan pelumasan yang sempurna agar performa mesin prima pada tipe kopling basah. Oli ini ditujukan untuk tipe motor bebek, bebek matic, dan juga sport.
  • AHM Oli MPX 2 (Maximum Protection Expert), adalah oli yang secara khusus diformulasikan dengan performa lubrikasi yang baik untuk melindungi motor menjadi lebih irit namun tetap bertenaga. Oli MPX 2 memberikan pelumasan yang sempurna agar performa mesin prima pada tipe kopling kering. Oli ini ditujukan khusus untuk tipe motor automatic.
  • AHM Oil MPX 3 (Maximum Protection Expert), merupakan oli pilihan alternatif yang mempunyai tingkat kekentalan 20W-40 dengan Engine Protection Technology yang akan merawat setiap bagian mesin motor Honda kesayangan Anda. AHM Oil MPX 3 saat ini hadir sebagai salah satu alternatif pelumas mesin motor bagi konsumen motor Honda yang membutuhkan jenis oli dengan tingkat kekentalan tinggi (high viscosity) 20W-40 untuk perawatan produk motor Honda tipe bebek dan yang telah diproduksi Honda sejak pertama hadir di Indonesia.
  • Oli SPX 1 (Superior Protection Expert), adalah oli yang berbahan dasar fully synthetic yang bisa menjaga kondisi mesin saat diperlukan performa yang lebih tinggi ataupun motor yang sering dikendarai pada kecepatan tinggi. Tingkat ketidakmurnian (impurities) pada jenis oli ini lebih sedikit sehingga pada tekanan dengan temperatur yang tinggi, gesekan pada mesin yang timbul juga menjadi lebih kecil. Oli ini juga bisa memberikan perlindungan superior untuk performa mesin yang lebih tinggi pada sepeda motor Honda tipe kopling basah. SPX Oil 1 ini ditujukan untuk tipe motor bebek, bebek matic, dan juga sport.
  • Oli SPX 2 (Superior Protection Expert), merupakan oli dengan bahan dasar fully synthetic extra superior untuk performa mesin yang lebih tinggi pada sepeda motor Honda tipe kopling kering. oli yang satu ini dikatakan stabil, memiliki molekul yang seragam dan bisa menjaga kebersihan mesin serta dapat menstabilkan suhu mesin untuk mengurangi penguapan dan memudahkan starter mesin. Oli SPX 2 memberikan pelumasan sempurna pada seluruh bagian mesin. Bisa juga memberikan perlindungan mesin dari oksidasi. Oli ini diformulasikan khusus untuk tipe motor matic.
Baca juga  Kisaran Biaya Ganti Aki Motor Matic

Pemilihan oli memang harus disesuaikan pada kebutuhan motor Anda. Pastikan Anda menggunakan oli yang tepat untuk motor Anda agar terbebas dari kerusakan mesin yang dapat terjadi sewaktu-waktu, seiring pemakaian. Berikut rekomendasi oli disesuaikan dengan tipe motornya.

AHM oli MPX 2 (sumber: olx.co.id)
AHM oli MPX 2 (sumber: olx.co.id)

Kegunaan AHM Oil MPX dan SPX

Tipe Motor Honda Jenis Oli
Motor bebek AHM Oil MPX 1 & AHM Oil SPX 1
Bebek Matic AHM Oil MPX 1 & AHM Oil SPX 1
AHM Oil MPX 1 & AHM Oil SPX 1
Matic AHM Oil MPX 2 & AHM Oil SPX 2
Honda Super Cub SPX 1, MPX 1 dan MPX 3 (untuk lama)

Tidak susah mendapatkan oli buatan AHM karena Anda sudah bisa membelinya di banyak dealer Honda terdekat di kota Anda. Selain di dealer resmi, Anda pun bisa mendapatkan produk ini di berbagai bengkel sepeda motor atau memesan lewat sejumlah situs e-commerce. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga oli keluaran AHM saat ini.

Baca juga  Info Terbaru Harga Ban Motor Tubeless Ring 17 (All Merk)
AHM oli MPX 3 (facebook: @alwayshonda)
AHM oli MPX 3 (facebook: @alwayshonda)

Harga Oli MPX

Oli MPX Harga
Oli MPX 1 0,8 Liter Rp52.000
Oli MPX 1 1 Liter Rp60.500
 Oli MPX 1 1,2 Liter Rp68.500
Oli MPX 2 0,8 Liter Rp54.000
Oli MPX 3 0,8 Liter Rp45.500
Oli MPX 3 1 Liter Rp50.500

Informasi harga oli MPX di atas kami rangkum langsung dari situs resmi Wahana Honda.  Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga oli MPX saat ini memang cenderung naik. Harga oli MPX 1 kemasan 0,8 liter misalnya, awalnya Rp43.500 dan sekarang menjadi Rp52 ribu. Sementara itu, harga oli MPX 2 0,8 liter naik dari Rp43.500 menjadi Rp54 ribuan.

Olis SPX 1 (sumber: motovaganza.com)
Olis SPX 1 (sumber: motovaganza.com)

Harga Oli SPX

Oli SPX Harga
Oli SPX 1 0,8 Liter Rp67.000
Oli SPX 1 1 Liter Rp74.000
Oli SPX 1,2 Liter Rp86.500
Oli SPX 2 0,8 Liter Rp67.000

Daftar harga oli SPX di atas kami himpun dari website resmi AHM dan Wahana Honda. Perlu Anda catat bahwa harga oli SPX tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga oli di masing-masing bengkel bisa saja berbeda, begitu pula apabila Anda memesan lewat sejumlah situs jual beli online, tergantung kebijakan penjual.

AHM oli SPX 2 (sumber: kurio.id)
AHM oli SPX 2 (sumber: kurio.id)

(Panca)

[1] Riyanto, Anthonius. 2001. Perawatan Rutin Mencegah Mobil Mogok. Jakarta: Kawan Pustaka. hlm 70.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *