Harga Kompor Listrik Maspion (Semua Tipe)

No comment180 views

Berbicara mengenai peralatan elektronik dan dapur, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Maspion. Ini adalah salah satu brand lokal yang telah populer sebagai produsen berbagai produk perabotan tangga, baik peralatan dapur, peralatan plastik, pecah belah, hingga peralatan listrik. Dari sekian produk yang sudah dirilis Maspion, salah satu yang sering dicari konsumen adalah kompor listrik, karena walau punya fitur canggih, ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Kompor listrik Maspion (youtube: Dalli Mutiea)

Kompor listrik Maspion (youtube: Dalli Mutiea)

Saat ini, energi listrik memang tidak hanya digunakan untuk menyalakan televisi, radio, kipas angin, lemari es, pendingin udara, seterika, atau mesin cuci. Sekarang, sudah beredar banyak kompor yang telah memakai tenaga listrik, karena diklaim lebih aman saat digunakan untuk memasak karena tidak membutuhkan api serta mampu membuat masakan matang secara merata.

Sebelum kompor listrik beredar, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan kompor yang memakai bahan bakar minyak (minyak tanah). Kompor minyak menjadi populer karena relatif mudah didapat, memiliki harga yang terjangkau, serta perawatan dan operasional yang mudah.[1] Kompor minyak sendiri hadir dalam dua varian, yakni kompor yang memiliki tekanan udara untuk menyalakannya dan kompor minyak yang memiliki sumbu.

Baca juga  Update Terkini Harga Printer Laser Warna Mini Termurah (All Merek)

Sayangnya, seiring dengan persediaan minyak yang terus menipis, harga minyak tanah pun otomatis melonjak. Nah, untuk membantu masyarakat menghemat pengeluaran, pemerintah pun akhirnya mengampanyekan penggunaan kompor gas (memakai bahan bakar LPG). Dengan kompor gas ini, untuk memasak diklaim jauh lebih ringan, bahkan cuma butuh Rp11,6 per menit untuk merebus lima liter air.[2]

Namun, penggunaan kompor gas pun tidak sepenuhnya aman. Tabung gas dan selang yang bocor atau refrigerator yang mengalami masalah, dapat menimbulkan risiko kebakaran. Karena itu, sebagai langkah yang lebih aman, akhirnya sejumlah konsumen beralih memakai kompor listrik. Seperti namanya, ini adalah kompor yang memanfaatkan energi listrik, memakai elemen pemanas dan mengalirkan energi radiasi ke masakan atau makanan.

Varian Kompor Listrik Maspion

Jika Anda juga tertarik menggunakan kompor listrik di dapur Anda, tidak sulit mendapatkan perangkat tersebut. Pasalnya, saat ini sudah banyak produsen atau merk yang meluncurkan kompor listrik untuk pasaran dalam negeri. Namun, apabila Anda menginginkan produk dengan harga murah tetapi punya kualitas yang sudah teruji, salah satu referensi yang dapat Anda pertimbangkan adalah Maspion.

Maspion adalah salah satu produsen yang cukup besar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki keahlian kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk perabotan rumah tangga, baik peralatan dapur, peralatan plastik, barang pecah belah, hingga peralatan listrik untuk kebutuhan di rumah.

Baca juga  Spesifikasi & Harga Canon EOS 800D (Baru dan Bekas)

Mengawali usaha sebagai produsen peralatan dapur sejak tahun 1967 silam, saat ini Maspion Group mengklaim telah memiliki lebih dari 30 ribu karyawan yang tersebar di lima area industri dan produksi di Jawa Timur dan Cibitung, Jakarta. Perusahaan ini mengembangkan sayap bisnis menjadi delapan kategori utama, termasuk layanan produk konsumen, produk konsumen industri, serta konstruksi dan bangunan.

Untuk kompor listrik, Maspion setidaknya sudah meluncurkan tiga varian. pertama adalah Maspion S-300, yang dapat dikatakan sebagai kompor listrik sederhana dan cocok untuk konsumen pemula. Dengan hanya dua pilihan daya atau kekuatan panas, yakni 300 Watt dan 600 Watt, kompor lebih pas digunakan untuk kegiatan memasak sederhana, seperti menggoreng tempe, menggoreng telur, atau membuat nasi goreng.

Kompor listrik Maspion (sumber: shopee)

Kompor listrik Maspion (sumber: shopee)

Sementara, varian kedua adalah Maspion S-301, yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Maspion S-300. Produk satu tungku ini juga diklaim akan memberi kemudahan Anda saat memasak karena tidak perlu tabung gas dan regulator. Dengan daya maksimal hanya 600 Watt, Maspion S-301 adalah kompor yang cukup hemat listrik, berbobot ringan, serta mudah digunakan.

Baca juga  Harga Fitting Lampu Gantung (Berbagai Merk)

Tipe ketiga adalah Maspion S-302, yang juga secara tampilan dan operasional, persis seperti dua varian sebelumnya. Produk ini pun dibekali dengan listrik berdaya 600 Watt, relatif cukup hemat. Walaupun demikian, tungku datar yang minimalis ini diklaim dapat bekerja maksimal untuk menghasilkan hidangan yang sempurna tanpa mengurangi kualitas gizi maupun nutrisi yang terkandung dalam masakan.

Harga Kompor Listrik Maspion

Tipe Kompor Listrik MaspionHarga
Maspion S-300Rp135.000 – Rp158.000
Maspion S-301Rp165.000 – Rp189.000
Maspion S-302Rp149.000 – Rp184.100

Harga kompor listrik Maspion di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan dapur dan sejumlah situs jual online. Perlu Anda catat bahwa harga kompor Maspion tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko kemungkinan juga bisa berbeda walaupun produk yang ditawarkan sama.

[1] Sudarno. 2007. Peningkatan Efisiensi Kompor Minyak Tanah Bersumbu dengan Cara Meningkatkan Luas Area Api Sekunder. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, Vol. 10(2): 94-106.

[2] Kurniawan, M. Andri & Gunawan Tjahjadi. 2016. Pengaman Otomatis Kompor Gas LPG Satu Tungku Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. JETri Vol. 14(1): 19-34.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kompor Listrik Maspion (Semua Tipe)"