Update Harga Kipas Angin AC Merk Panasonic (Baru dan Second)

Umumnya, memiliki bentuk atau desain yang mengedepankan baling-baling model lingkaran. Namun, di , sudah banyak ditemukan kipas angin yang hadir dengan bentuk seperti AC. Ada beberapa merek yang menyediakan kipas angin model AC ini, salah satunya , yang ditawarkan dengan harga bervariasi, tergantung kapasitas yang dibawanya.

Sekilas Tentang Kipas Angin

Kipas angin, harga, merek, Panasonic, bekas, spesifikasi, perangkat, AC, split, freon, baru, second, situs, jual, online, kapasitas, daya, elegan, desain, bentuk, ongkos, produk

Menghilangkan gerah dengan kipas angin

Dilansir dari Wikipedia, kipas angin, seperti namanya, adalah yang dipergunakan untuk menghasilkan angin. yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan atau blower), dan sebagai pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Di samping itu, kipas angin juga bisa ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan.

Perkembangan kipas angin sebagai komoditas fashion sangat populer pada abad ke-16 sampai abad ke-18. Lalu, terjadi pergeseran fungsi kipas angin pada awal abad ke-20. Pada masa itu, kipas angin sudah tidak lagi sebagai sebuah aksesoris fashion, namun menjadi alat periklanan. Sementara, di Spanyol, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena negara itu memiliki iklim yang panas.

Kipas angin listrik pertama ditemukan oleh Schuyler Skaats Wheeler pada tahun 1882. Wheeler pertama kali memperkenalkan kipas angin listrik dengan dua buah baling-baling, tanpa ada pelindung apa pun dan digerakkan dengan tenaga motor listrik. Perkembangan kipas angin listrik lebih lanjut dikembangkan oleh Philip H. Diehl yang dipatenkan pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah, lalu menambahkan sendi split-ball pada tahun 1904.

Jenis Kipas Angin

Kipas angin Panasonic (sumber: shashinki.com)

Kipas angin Panasonic (sumber: shashinki.com)

  • Kipas angin meja, berukuran kurang dari 14,5 inci, sehingga cocok diletakkan di atas meja. Kipas angin jenis ini tidak memiliki embusan angin yang terlalu kencang. Biasanya, kipas angin meja memiliki leher pendek kurang lebih 50 cm, dengan kaki penopang yang cukup lebar di bagian bawah.
  • Kipas angin duduk, terdiri dari dua macam, yaitu terbungkus bahan plastik keras dan terbungkus kawat kerangkeng. Model fisik kipas angin terbungkus kawat biasanya dilengkapi dengan kisi-kisi kecil yang dapat berputar 360 derajat atau berpaling ke samping kiri dan kanan di bagian depan kipas. Bentangan diameter daun kipas angin duduk biasanya berkisar antara 14 hingga 20 inci.
  • Kipas angin berdiri, mirip dengan kipas angin duduk terbungkus kawat kerangkeng, namun dilengkapi dengan tangkai leher yang panjangnya kurang dari 1 meter. Ketinggian tangkai leher biasanya bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, kepala kipas angin juga bisa diatur agar bergerak ke samping kiri dan kanan sehingga embusan angin dapat menjangkau area dengan luas.
  • Kipas angin dinding, biasa dikenal dengan nama exhaust fan, berbentuk segi empat yang diletakkan secara permanen menyatu dengan dinding atau di bawah langit-langit rumah. Umumnya, kipas angin ini dapat mengembuskan angin ke dalam dan ke luar rumah, serta sering diletakkan di dapur dan kamar mandi.
  • Kipas angin langit-langit, biasa disebut dengan ceiling fan, yaitu kipas angin yang digantung secara permanen di langit-langit rumah. Tidak dilengkapi dengan box atau rumah kipas, daun kipasnya berputar tanpa pelindung apa pun. Karena posisinya berada di bagian atas rumah, maka embusan anginnya mengalir ke bagian bawah.

Pengertian Kipas Angin AC

Mungkin sebagian dari Anda akan dibuat bingung dengan perangkat ini. Kenapa namanya kipas angin AC? Apa bedanya dengan kipas angin atau AC biasa? Kipas angin AC sebenarnya bisa dibilang memiliki fungsi yang sama dengan kipas angin konvensional, yaitu menghasilkan udara yang lebih segar dan sejuk di dalam ruangan. Namun, model yang dibawa memang terlihat lebih mewah dan elegan, mirip dengan AC (umumnya AC jenis split).

AC Split Panasonic (sumber: carousell.com)

AC Split Panasonic (sumber: carousell.com)

Meski mengusung desain khas AC, tetapi cara kerja kipas angin AC berbeda dengan AC pada umumnya. Jika AC memerlukan freon dan filter udara agar perputaran udara yang dihasilkan menjadi lebih sejuk, maka kipas angin model AC hanya menggunakan kipas yang berada di ‘dalam AC’ dan tidak menggunakan freon. Alat ini menyedot udara di dalam ruangan, kemudian disaring menggunakan filter udara di dalamnya, serta dikeluarkan kembali sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk.

Beberapa kelebihan kipas angin AC antara lain memiliki tampilan yang mewah dan elegan, karena punya bentuk seperti AC. Selain itu, kipas angin ini memiliki sirkulasi udara yang lebih bersih dan sejuk dibandingkan kipas angin konvensional, perawatan yang mudah, memiliki konsumsi daya yang rendah (10 Watt hingga 30 Watt), harga yang sangat ekonomis, penggunaan yang fleksibel, dan bisa dipakai di berbagai ruangan, baik indoor maupun outdoor.

Harga Kipas Angin AC Panasonic

Saat ini, tidak sulit menemukan kipas angin AC. Anda bisa membelinya di berbagai toko elektronik maupun situs jual beli online. Di pasaran sendiri, sudah banyak yang menyediakan kipas angin model demikian, salah satunya Panasonic. Harga kipas angin AC merek Panasonic pun bervariasi, tergantung kapasitas daya yang dibawanya.

Di beberapa situs jual beli online, harga kipas angin AC keluaran Panasonic dengan daya 2 PK, sekarang berada di kisaran Rp900 ribu hingga Rp965.000 per untuk baru, belum termasuk ongkos pemasangan. Sementara, bekas atau second, perangkat dengan yang sama ditawarkan di kisaran harga Rp450 ribuan hingga Rp600 ribuan per unit.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Harga Kamera Digital Pocket (Baru dan Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Kipas Angin AC Merk Panasonic (Baru dan Second)"