Info Harga H2O2 15 di Apotik dan Toko Kimia

No comment3517 views

Hidrogen peroksida adalah senyawa kimia dengan rumus H2O2. Dalam bentuk murninya, ia berupa cairan bening berwarna biru pucat, sedikit lebih kental daripada air. Hidrogen peroksida merupakan peroksida paling sederhana (senyawa dengan ikatan tunggal oksigen-oksigen). H2O2 kerap digunakan sebagai oksidator, zat pemutih, dan antiseptik.

H2O2 Hidrogen Peroksida (sumber: tribunnews.com)

H2O2 Hidrogen Peroksida (sumber: tribunnews.com)

Hidrogen peroksida adalah zat yang umumnya terkandung dalam berbagai produk pembersih rumah. Jika tidak sengaja terpapar ke kulit, zat-zat ini berisiko membuat kulit, mata, dan bahkan saluran pencernaan Anda teriritasi! Untungnya, sebagian besar cairan pembersih rumah hanya mengandung hidrogen peroksida pada konsentrasi yang sangat rendah sehingga Anda hanya perlu mencuci kulit yang terkontaminasi dengan air dingin untuk memulihkan kondisinya. Namun, selalu ingat bahwa kulit yang terpapar hidrogen peroksida dengan konsentrasi sangat tinggi harus diperiksa oleh dokter meskipun umumnya tidak akan menyebabkan cedera jangka panjang.

Sebagian besar cairan pembersih rumah mengandung sekitar 97% air dan 3% hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida dengan konsentrasi rendah seperti itu dapat menyebabkan sedikit iritasi pada kulit, mata, atau saluran pencernaan Anda, dan berisiko membuat permukaan kulit yang terkontaminasi menjadi putih. Namun, umumnya Anda hanya mencuci kulit dengan air dingin untuk mengatasi iritasi yang terjadi.

Baca juga  Info Terbaru Harga Hammer Drill Bosch (Semua Tipe)

Produk yang digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan pigmen rambut biasanya mengandung hidrogen peroksida 6-10%, dan dapat berdampak lebih besar daripada cairan pembersih rumah biasa.

Umumnya, cairan industri mengandung sekitar 35-90% hidrogen peroksida. Kulit yang terpapar hidrogen peroksida dengan kepadatan tinggi dapat langsung terbakar atau melepuh dan harus segera dirawat oleh para ahli medis. Jangan ragu untuk menghubungi rumah sakit terdekat jika tidak sengaja terkena cairan industri yang mengandunghidrogen peroksida![1]

Kegunaan Hidrogen Peroksida

H2O2 Hidrogen Peroksida (sumber: sainsly.id)

H2O2 Hidrogen Peroksida (sumber: sainsly.id)

  • Sebagai obat oles untuk mengobati penyakit kulit tertentu, misalnya keratosis seboroik dan jerawat.
  • Sebagai kandungan dalam produk antiseptik ringan yang bermanfaat untuk mencegah infeksi luka ringan.
  • Bahan baku gigi, pemutih gigi, dan obat kumur (mouthwash). Selain itu, bahan ini disebut-sebut bisa membantu meredakan atau meringankan iritasi mulut dan gusi, misalnya karena sariawan atau gingivitis.
  • Bahan obat tetes telinga, fungsinya untuk membersihkan kotoran telinga.
  • Larutan hidrogen peroksida lemah bisa dimanfaatkan untuk pengairan tanaman hidroponik karena dinilai dapat meningkatkan perkembangan akar tanaman sekaligus membantu mengobati busuk akar atau hama lain.
  • Hidrogen peroksida digunakan dalam akuakultur untuk mengendalikan kematian akibat berbagai mikrob.
  • Hidrogen peroksida digunakan dalam pengolahan air limbah tertentu untuk menghilangkan ketakmurnian organik.
  • Hidrogen peroksida dapat digunakan untuk sterilisasi bermacam permukaan, termasuk peralatan bedah, dan dapat dibuat sebagai uap (VHP) untuk sterilisasi ruangan.
  • H2O2 dapat digunakan untuk membersihkan noda dari permukaan besi atau keramik seperti pada wastafel dan berbagai lain. Anda dapat mencampurkan satu sendok hidrogen peroksida dengan air, lalu gunakan cairan tersebut untuk menyikat atau menggosok bagian yang kotor.
  • Bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada pakaian seperti noda warna yang memang sulit untuk dihapus. Dengan menggunakan H2O2, Anda pun bisa membersihkan cat dari pakaian berbahan jeans dengan mudah.
Baca juga  Update Wahana dan Harga Tiket Masuk The Legend Waterpark Kertosono

H2O2 atau hidrogen peroksida tersedia dalam berbagai konsentrasi. Adapun hidrogen peroksida dengan kadar rendah antara 3-9% biasanya dipakai sebagai komposisi sejumlah produk pembersih rumah tangga dan produk untuk cat atau bleaching rambut. Sedangkan di sektor industri, hidrogen peroksida dengan kadar yang lebih tinggi biasa digunakan sebagai pemutih untuk bahan baku tekstil dan kertas, demikian seperti dilansir dari Alodokter. Sebagai informasi, berikut harga H2O2 di apotik dan toko kimia.

Harga H2O2 15 di Apotik dan Toko Bahan Kimia

Nama ProdukHarga (Rp)
Hidrogen Peroksida teknis merek Rofa 500 ml62.500
Hydrogen Peroxide teknis 15% 500 ml69.000

Informasi harga H2O2 15 di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga H2O2 atau hidrogen peroksida dengan kadar 15% dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga H2O2 15 yang ada di setiap apotek atau toko kimi bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Baca juga  Harga SRP, Pengertian dan Fungsinya

[1]Santosa, Z. 2019. Merawat Kulit yang Terluka. Bantul: CV Alaf Media.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga H2O2 15 di Apotik dan Toko Kimia"