Info Update Harga H2O2 15 di Apotek dan Toko Kimia

Hidrogen peroksida adalah senyawa kimia dengan rumus H2O2. Dalam bentuk murninya, zat ini adalah cairan bening berwarna biru pucat, sedikit lebih kental daripada air. Merupakan peroksida paling sederhana (senyawa dengan ikatan tunggal oksigen-oksigen), H2O2 kerap digunakan sebagai oksidator, zat pemutih, dan antiseptik. H2O2 tersedia dalam berbagai kadar, tetapi umumnya 3% (3) dan 15% (15). Anda bisa membeliĀ  H2O2 di toko kimia atau situs jual beli online dengan harga relatif terjangkau.

Hidrogen peroksida Atau H202 (sumber: alamy.com)
Hidrogen peroksida Atau H202 (sumber: alamy.com)

Hidrogen peroksida adalah zat yang umumnya terkandung dalam berbagai pembersih rumah. Sebagian besar cairan pembersih mengandung sekitar 97% air dan 3% hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida dengan konsentrasi rendah seperti itu dapat menyebabkan sedikit iritasi pada kulit, mata, atau saluran pencernaan Anda, dan berisiko membuat permukaan kulit yang terkontaminasi menjadi putih. Untungnya, Anda hanya perlu mencuci kulit dengan air dingin untuk mengatasi iritasi yang terjadi.

Bacaan Lainnya

Namun, selalu ingat bahwa kulit yang terpapar hidrogen peroksida dengan konsentrasi sangat tinggi harus diperiksa oleh dokter meskipun umumnya tidak akan menyebabkan cedera jangka panjang. yang digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan pigmen rambut biasanya mengandung hidrogen peroksida 6-10%, dan dapat berdampak lebih besar daripada cairan pembersih biasa.

Baca juga  Update Harga Minyak Bulus di Apotek & Online Shop

Sementara itu, cairan industri mengandung sekitar 35-90% hidrogen peroksida. Kulit yang terpapar hidrogen peroksida dengan kepadatan tinggi dapat langsung terbakar atau melepuh dan harus segera dirawat oleh para ahli medis. Jangan ragu untuk menghubungi terdekat jika tidak sengaja terkena cairan industri yang mengandung hidrogen peroksida.[1]

Nah, supaya Anda tidak terpapar H2O2, gunakan APD (Alat Pelindung Diri). Untuk melindungi bagian tubuh, gunakan jas lab yang berwarna putih berlengan pendek atau panjang. Lalu, untuk melindungi rambut, Anda bisa memakai shower cap atau pelindung kepala berupa topi plastik. Selain itu, gunakan sarung tangan latex untuk melindungi jari dan telapak tangan. Anda juga disarankan untuk memakai google supaya mata tetap aman dan tidak pedih.

Meskipun zat H2O2 ini cenderung berbahaya, banyak perusahaan farmasi dan pembersih yang membutuhkannya. Berikut fungsi H2O2 untuk keperluan obat-obatan dan bahan pembersih.

Kegunaan Hidrogen Peroksida

  • Sebagai obat oles untuk mengobati penyakit kulit tertentu, misalnya keratosis seboroik dan jerawat.
  • Sebagai kandungan dalam antiseptik ringan yang bermanfaat untuk mencegah infeksi luka ringan.
  • Bahan baku pasta gigi, pemutih gigi, dan obat kumur (mouthwash). Selain itu, bahan ini disebut-sebut bisa membantu meredakan atau meringankan iritasi mulut dan gusi, misalnya karena sariawan atau gingivitis.
  • Bahan obat tetes telinga, fungsinya untuk membersihkan kotoran telinga.
  • Larutan hidrogen peroksida lemah bisa dimanfaatkan untuk pengairan tanaman hidroponik karena dinilai dapat meningkatkan perkembangan akar tanaman sekaligus membantu mengobati busuk akar atau hama lain.
  • Hidrogen peroksida digunakan dalam akuakultur untuk mengendalikan kematian akibat berbagai mikroba.
  • Hidrogen peroksida digunakan dalam proses pengolahan air limbah tertentu untuk menghilangkan ketakmurnian organik.
  • Hidrogen peroksida dapat digunakan untuk sterilisasi bermacam permukaan, termasuk peralatan bedah, dan dapat dibuat sebagai uap (VHP) untuk sterilisasi ruangan.
  • H2O2 dapat digunakan untuk membersihkan noda dari permukaan besi atau keramik seperti pada wastafel dan berbagai jenis perlengkapan dapur lain. Anda dapat mencampurkan satu sendok hidrogen peroksida dengan air, lalu gunakan cairan tersebut untuk menyikat atau menggosok bagian yang kotor.
  • Bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel pada pakaian seperti noda warna yang memang sulit untuk dihapus. Dengan menggunakan H2O2, Anda pun bisa membersihkan cat dari pakaian berbahan jeans dengan mudah.
Baca juga  Info Terbaru Harga Gelas Belimbing per Lusin
Produk H2O2 (sumber: globaltrademag.com)
H2O2 (sumber: globaltrademag.com)

Harga H2O2 15

Sayangnya, saat ini H2O2 kadar 15% sangat jarang dijual di apotek. Di Apotek K24, hidrogen peroksida dijual dengan merek Onemed Perhidrol kadar 3% dalam botol 100 ml yang harganya Rp6.181 di tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp6.231 di tahun 2022. Sementara itu, hydrogen peroxide Rofa 15% 500 ml yang ada di toko kimia Budi di Bukalapak, dijual dengan harga Rp93.000 di tahun 2021 hingga 2022.

Informasi harga H2O2 15 di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap diingat bahwa harga H2O2 atau hidrogen peroksida dengan kadar 15% dan 3% tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun 2020, harga H2O2 berkisar Rp62 ribu hingga Rp69 ribu per 500 ml. Selain itu, harga H2O2 15 yang ada di setiap apotek atau toko kimia bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] Santosa, Z. 2019. Kulit yang Terluka. Bantul: CV Alaf Media.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *