Info Terupdate Harga Kertas Jasmine per Lembar (A4, A5, F5, Plano)

Ragam kertas yang ada di memang banyak, dan karakter dari tiap kertas tentu juga berbeda. Di antara sekian banyak macam kertas tersebut, kertas jasmine adalah salah satu jenis yang cukup dikenal oleh masyarakat. Kertas jasmine kerap digunakan sebagai bahan kertas undangan pernikahan karena selain mempunyai tekstur gliter, per lembarnya pun cukup terjangkau.

Kertas jasmine aneka warna (sumber: lazada)
Kertas jasmine aneka warna (sumber: lazada)

Tak hanya digunakan untuk bahan pembuatan undangan, kertas jasmine juga kerap dijadikan bahan saat pembuatan kerajinan tangan oleh scrapbooker. Jika Anda ingin membuat scrapbooking atau undangan pernikahan dengan hasil akhir yang elegan, maka kertas jasmine bisa menjadi pertimbangan untuk memunculkan kesan mewah. Kesan mewah tersebut muncul karena karakteristik kertas jasmine yang identik dengan butiran gliter di permukaannya. Kertas jasmine juga cocok untuk dijadikan amplop untuk keperluan kantor.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Info Terkini Harga Kitchen Sink Royal (Semua Tipe)

Kertas jenis ini memiliki ketebalan mirip karton dan punya permukaan polos serta mengilap dengan tekstur glitter halus. Kertas jasmine juga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Gramatur atau beratnya mulai dari 100 gr, 120 gr, 150 gr, dan 200 gr. Umumnya, kertas ini dijual di sejumlah toko kertas dan ATK per lembar atau dijual langsung dalam kemasan rim. Berikut terbaru kisaran kertas jasmine per lembar pada 2021 dan 2022.

Kertas Jasmine

Ukuran Kertas Jasmine Sebelumnya Sekarang
Kertas Jasmine Ukuran A4 Rp1.000 per lembar Rp750 per lembar
Kertas Jasmine Ukuran A5 Rp600 per lembar Rp500 per lembar
Kertas Jasmine Ukuran F4 (Folio) Rp720 – Rp1.000 per lembar Rp570 – Rp750 per lembar
Kertas Jasmine Ukuran Plano (109 x 79 cm) Rp8.900 per lembar Rp7.400 per lembar
Kertas Jasmine Ukuran A4 Rim Rp290.000 – Rp320.000 Rp320.000

Pada 2019, kertas Jasmine dijual dengan kisaran harga mulai Rp300 hingga Rp7.500 per lembar. Namun, harga tersebut terpantau naik pada 2020. Untuk kertas Jasmine ukuran A4 yang semula dibanderol mulai Rp400 ribu, naik menjadi Rp450 per lembar. Beberapa jenis kertas Jasmine dengan ukuran berbeda naik kembali pada 2021. Misalnya, kertas Jasmine ukuran A4 yang awalnya dijual seharga Rp450 – Rp800 per lembar, naik menjadi Rp1.000 per lembar.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bebek Mandarin (Anakan, Dewasa, Sepasang)

Bagi Anda yang akan menggeluti percetakan, sudah menjadi kewajiban untuk memahami tentang bermacam ukuran kertas, tipe, serta jenisnya. Ada macam-macam tipe kertas yang dijual di pasaran, dan hampir dari setiap jenisnya sulit untuk dibedakan. Mengenali jenis kertas menjadi hal yang perlu diutamakan. Dengan mengetahui karakteristik bahan yang beredar, maka pemilihan bahan akan lebih saksama dan lebih tepat.

Selain kertas jasmine, masih banyak ragam kertas lainnya, dan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat umum maupun percetakan, di antaranya adalah kertas HVS, kertas art atau matt paper, kertas art carton, fancy paper, corrugated, ivory, kertas BW/BC/manila, kertas Samson, kertas duplex, hingga kertas linen atau buffalo.

Ukuran kertas di juga sudah mengikuti standar ISO yang terdiri dari ISO A, ISO B, ISO C, ISO D, ISO R, dan ISO F. Di Indonesia sendiri, standar ISO yang digunakan adalah ISO A, ISO B, ISO C, ISO R, dan ISO F. Sementara, dalam percetakan, umumnya menggunakan ISO A seperti ukuran A6, A5, A4, A3, dan lainnya.

Baca juga  Review dan Update Harga Joran Maguro Extreme 165

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *