Aneka Jenis Kecap dan Harga Kecap Inggris

No comment4316 views

Ada banyak jenis bumbu di luar sana yang dapat membuat sebuah makanan memiliki citarasa yang kaya dan khas. Salah satu jenis bumbu yang kerap digunakan banyak orang untuk memasak aneka hidangan adalah kecap Inggris. Tidak sulit menemukan bumbu dapur tersebut, Anda bahkan bisa membelinya secara online dengan harga terjangkau.

Kecap Inggris sendiri sebenarnya adalah jenis saus yang memiliki warna hitam pekat dengan tekstur cair. Berbeda dengan saus pada umumnya, kecap Inggris tidak memiliki tekstur kental. Citarasa kecap Inggris yang asin seringkali digunakan untuk membuat aneka hidangan dengan citarasa yang senada. Selain kecap Inggris, masih ada banyak jenis kecap yang beredar di pasaran, berikut ulasannya.

Ilustrasi: Kecap Inggris (credit: marions-kochbuch)

Ilustrasi: Kecap Inggris (credit: marions-kochbuch)

Varian Kecap di Pasaran

Saus Tiram

Jenis kecap yang beredar di pasaran dan tak kalah banyak konsumennya dengan kecap Inggris, yaitu saus tiram. Saus tiram sendiri merupakan salah satu jenis kecap dengan tekstur agak kental dan lengket. Saus tiram ini memiliki rasa cenderung asin dan gurih, dengan aroma seafood yang kental.

Seperti namanya, saus tiram terbuat dari tiram yang difermentasikan, sehingga menjadi saus. Kebanyakan orang suka menggunakan saus tiram sebagai bumbu untuk menumis, memasak aneka hidangan Chinese, dan sebagai bumbu untuk membakar seafood. 

Shoyu

Shoyu merupakan salah satu jenis kecap asin yang berasal dari Jepang. Shoyu sendiri memiliki dua macam varian, yaitu koikuchi dan usukuchi. Koikuchi merupakan jenis shoyu yang memiliki warna lebih pekat dengan aroma lebih kuat dan sedikit kental, sedangkan usukuchi merupakan varian shoyu dengan tekstur lebih encer dan berwarna sedikit bening.

Kedua jenis shoyu tersebut memiliki bahan dasar yang sama, yaitu kacang yang difermentasikan. Karena rasanya yang asin dan gurih, banyak orang menggunakan shoyu sebagai pengganti garam masak. Kebiasaan orang Jepang sendiri, menggunakan shoyu sebagai saus pendamping makan sushi. Hal ini karena shoyu juga dapat menghilangkan rasa dan aroma amis pada sushi.

Kecap Ikan

Kecap ikan memiliki tekstur cair hampir menyerupai dengan rasa asin dan gurih. Aromanya sendiri mirip dengan ikan yang dimasak, sehingga tidak amis. Kebanyakan orang menggunakannya untuk memasak seafood, sayur tumis, goreng, dan aneka masakan China. Kecap ikan ini terbuat dari ikan yang digarami, kemudahan difermentasikan dalam sebuah wadah tertutup selama beberapa bulan. 

Kecap Manis

Salah satu jenis kecap yang paling familiar bagi banyak orang, yaitu kecap manis. Kecap manis memiliki tekstur yang kental, berwarna hitam pekat, dan memiliki rasa manis. Kebanyakan orang menggunakannya sebagai pelengkap rasa dalam masakan. Banyak hidangan yang menggunakan kecap manis, seperti ikan bakar, soto, bakso, pentol bakar, dan sebagainya.

Kecap manis umumnya terbuat dari kedelai hitam yang dicampur dengan aneka rempah-rempah pilihan dan difermentasikan. Kecap manis ini memiliki beberapa varian di pasaran, beberapa produsen kecap manis bahkan menambahkan dan bawang pada salah satu varian kecap manis.

Ilustrasi: Berbagai Macam Kecap (credit: taiken.co)

Ilustrasi: Berbagai Macam Kecap (credit: taiken.co)

Kecap Asin

Seperti kecap manis, kecap asin terbuat dari kedelai hitam yang difermentasikan. Perbedaan paling mencolok dari keduanya, dapat dirasakan dan dilihat teksturnya. Kecap asin memiliki tekstur lebih cair dan rasanya yang asin. Kandungan garam pada kecap asin lebih tinggi dibandingkan dengan kecap manis.

Kebanyakan orang menggunakan kecap asin sebagai pengganti garam dapur. Sebagian besar orang memanfaatkan kecap asin sebagai pelengkap hidangan, Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu masakan China, seafood, dan masakan berkuah lainnya.

Kecap Jamur

Kecap jamur merupakan salah satu jenis kecap dengan citarasa asin dan tekstur yang tidak terlalu kental. Kebanyakan orang menggunakan kecap jamur untuk memasak daging, seafood, dan masakan vegetarian. Bahan dasar pembuatan kecap jamur, yaitu jamur yang ditambahkan dalam fermentasi kecap.

Kecap Jepang

Kecap Jepang atau shoyu juga merupakan hasil fermentasi kedelai dengan rasa yang sedikit asin dan gurih. Umumnya, ada dua jenis shoyu yang bisa Anda temui di supermarket, yaitu koikuchi yang lebih pekat dengan aroma yang kuat, serta usukuchi yang lebih encer dan ringan.

Itulah beberapa jenis kecap yang beredar di pasaran. Bagi Anda yang bingung mengenali jenis kecap, khususnya kecap Inggris dan kecap asin, Anda bisa mencium aromanya. Kecap Inggris tidak memiliki aroma yang terlalu menusuk, berbeda dengan kecap asin. Selain itu, kecap Inggris memiliki bahan-bahan pembuatan yang berbeda, seperti cuka, molase, gula jagung, air, cabai, lada hitam, asam jawa, anchovy, , serta aneka bawang.

Untuk mendapatkan kecap Inggris di pasaran tidak sulit, Anda juga bisa memilih berbagai jenis merek dan varian kemasan kecap Inggris. Sebagai referensi jika Anda ingin membeli kecap Inggris, berikut informasi mengenai harganya.

Harga Kecap Inggris - shopee.co.id

Harga Kecap Inggris - shopee.co.id

Harga Kecap Inggris

Merk dan Varian Kecap InggrisHarga (Rp)
Kecap Inggris Basan Food 135 ml 6.500
Kecap Inggris ABC 195 ml 10.800
Kecap Inggris Harum Sedap 135 ml 10.888
Kecap Inggris Basan Food 275 ml 13.000
Kecap Inggris Asia Basan 325 ml 15.000
Kecap Inggris Harum Sedap 30 ml 18.000
Kecap Inggris Basan Food 625 ml 23.000
Kecap Inggris Saos 58 600 ml 27.000
Kecap Inggris Sedap Asia 320 ml 30.000
Kecap Inggris Sedap Wangi 600 ml 34.000
Kecap Inggris Lea & Perrins 284 ml 48.000

Harga kecap Inggris berbagai merek mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Misalnya, pada 2020 lalu, kecap Inggris merek Harum Sedap kemasan 135 ml dijual mulai harga Rp10 ribuan. Namun pada 2021, harga tersebut naik menjadi Rp10.888. Meski tidak signifikan produk lain juga mengalami kenaikan harga seperti Basan Food 275 ml dari Rp11 ribu menjadi Rp13 ribu.

Tak hanya kenaikan harga, beberapa produk kecap Inggris juga mengalami penurunan. Misalnya, Kecap Inggris ABC kemasan 195 ml, pada 2020 produk tersebut dibanderol mulai Rp11 ribu, tetapi saat ini dijual dengan harga hanya Rp10.800. Informasi harga kecap Inggris di atas kami ambil dari berbagai jenis sumber, termasuk situs  beli online. Harga kecap Inggris di atas tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda melakukan pengecekan harga terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli kecap Inggris.

[Update: Ditta]

Baca juga  Harga Menu di Bakso Rusuk Joss
author

Leave a reply "Aneka Jenis Kecap dan Harga Kecap Inggris"