Update Harga Kecap Asin Angsa Refill dan Botol Kaca (275 ml, 200 ml, 600 ml)

Jika ini membuat mie pangsit dan mie ayam, belum lengkap rasanya jika tidak menambahkan kecap asin. Sementara ada banyak merek kecap asin di pasaran, salah satu yang terbilang cukup populer adalah kecap asin Angsa atau biasa dikenal dengan nama kecap asin Cap Hati Angsa. Dijual dalam kemasan botol kaca atau plastik refill isi 275 ml, 300 ml, hingga 600 ml, kecap ini memiliki harga yang relatif terjangkau.

Kecap asin Angsa botol kaca (sumber: nusantara.co.nz)
Kecap asin Angsa botol kaca (sumber: nusantara.co.nz)

Kecap asin diklaim sebagai sumber yang baik karena mengandung asam amino tinggi.[1] Dengan perlakuan fermentasi pada kecap asin, kandungan gizinya akan lebih mudah dicerna tubuh. Hal ini juga yang membuat kecap asin tidak memiliki efek samping yang buruk untuk pencernaan.

Bacaan Lainnya

Komposisi Kecap Asin Angsa

Kecap asin Angsa merupakan produk besutan PT Kilang Kecap Angsa yang dibuat dengan cara tradisional. Untuk membuat kecap asin dengan cara lama memang tak semudah cara modern, tetapi produk yang dihasilkan diklaim lebih tahan lama dan memiliki cita rasa yang khas. Hal ini yang membedakan kecap asin Angsa dengan kecap asin merk lain.

Secara tradisional, pembuatan kecap asin terbilang sama seperti kecap manis, hanya saja ditambahkan lebih banyak garam dibandingkan gula. Dengan penambahan garam yang banyak, membuat kecap menjadi lebih encer dan berwarna terang dengan aroma yang tajam.

Baca juga  Info Terbaru Harga Exhaust Fan Dapur Murah (All Merk)

Bahan baku yang dipakai untuk membuat kecap asin Angsa konon berasal dari bahan pilihan dan harus lolos uji laboratorium dulu. Hal ini supaya tidak ada bahan kontaminasi, seperti urea, pestisida, timbal, dan bahan beracun lain pada produk, sehingga kecap asin aman dikonsumsi.

Tidak seperti kecap asin kebanyakan, kecap asin Angsa diketahui berbahan dasar kedelai dan bukan ampas kedelai atau ampas tahu. Kedelainya pun dari hasil pertanian lokal dari jenis dan kualitas terbaik. Hal ini yang membuat proses fermentasi kecap asin Angsa diklaim baik dan hampir tidak pernah gagal.

Selain mengandung garam dan kacang kedelai, kecap asin ini memiliki komposisi berupa tepung terigu dan gula. Tepung terigu dan gula sangat penting untuk membuat kecap asin, karena ini adalah dua bahan yang memicu proses fermentasi. Dua bahan ini juga sebagai penambah rasa supaya lebih sedap dan tidak pahit jika dipakai terlalu banyak.

Supaya awet dan tidak mudah berjamur, ada juga natrium benzoat, salah satu bahan pengawet makanan yang aman dan sudah biasa ditambahkan dalam berbagai produk olahan pangan. Natrium benzoat yang dipakai tentunya memenuhi standar pangan, sehingga tidak membuat produk berubah rasa.

Baca juga  Info Terbaru Harga Buah Strawberry 1 Kg

Sama seperti kecap asin lainnya, kecap asin Angsa mengandung air sebagai zat pengencer sekaligus pengontrol kekentalan produk. Kecap asin memang sengaja tidak dibuat kental supaya mudah dilarutkan dan dicampur dengan bumbu dapur lain. Selain itu, air ini berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi, sehingga produk bisa cepat dipasarkan.

Ilustrasi penyajian kecap asin (sumber: kyounoryouri.jp)
Ilustrasi penyajian kecap asin (sumber: kyounoryouri.jp)

Cara Penyajian Kecap Asin Angsa

Kecap asin Angsa termasuk bumbu instan siap pakai, sehingga Anda tidak perlu memasaknya atau memanaskannya jika ingin menggunakannya. Sebagai bumbu dapur, Anda bisa menambahkan kecap ini ke berbagai masakan untuk membuat hidangan menjadi lebih asin. Bisa dibilang, kecap asin Angsa adalah salah satu pengganti garam dapur yang efektif.

Beberapa orang juga memakai kecap asin Angsa sebagai bumbu marinasi daging. Bagi Anda yang suka dengan daging bakar, Anda bisa mencampurkan kecap asin dengan kecap dan tomat untuk membuat daging bakar yang lezat. Beberapa orang juga mencelupkan daging bakar atau ikan tanpa bumbu ke dalam kecap asin supaya lebih gurih dan nikmat.

Bagi Anda yang membutuhkan kecap asin Angsa, Anda bisa membelinya di supermarket terdekat atau situs jual beli online. Berikut referensi harga kecap asin Angsa dalam berbagai kemasan.

Baca juga  Update Harga Alat Laboratorium Kimia dan Cara Membersihkannya

Harga Kecap Asin Angsa

Kemasan Kecap Asin Angsa Harga
Kecap Asin Angsa Botol Plastik 275 ml Rp10.000
Kecap Asin Angsa Kemasan Refill 600ml Rp14.500
Kecap Asin Angsa Botol Kaca 600 ml Rp20.000
Kecap Asin Angsa Kemasan Refill 1 kg Rp20.000
Kecap Asin Angsa Botol Kaca 300 ml Rp22.000
Kecap Asin Angsa Kemasan Refill 600 ml 1 dus Rp159.999
Kecap Asin Angsa Botol Kaca 600 ml 1 dus Rp191.000
Kecap Asin Angsa Botol Plastik 275ml 1 dus Rp355.000

Harga kecap asin Angsa di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harganya tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2021, harga kecap asin Angsa tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, kecap asin Angsa kemasan refill 600 ml yang dibanderol Rp13 ribu tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp14 ribuan tahun 2022.

Perlu diingat, meskipun segala masakan akan lezat jika ditambahkan kecap asin, tetapi sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, kadar garam yang tinggi pada kecap asin mampu meningkatkan risiko penyakit darah tinggi.

[1] Rushariasi, Teuku, Ryan Moulana, Murna Muzaifa. 2017. Studi Buatan Kecap Asin dari Ampas dengan Konsentrasi Garam yang Berbeda. Jurnal Pertanian Unsyiah, Vol. 2(1): 305-313.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.