Info Terbaru Harga Karung Beras 10 Kg, 25 Kg, 50 Kg

Beras dengan berat 10 kg, 25 kg, dan 50 kg memang biasanya dikemas dalam karung. Ada dua jenis karung beras yang kerap dipakai, yakni karung plastik dan goni atau kain. Karung seperti ini tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus beras, tetapi juga untuk berbagai keperluan. Anda bisa membeli karung beras di toko plastik atau situs jual online dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Tumpukan Beras 50 Kg (credit: Merdeka)
Ilustrasi: Tumpukan Beras 50 Kg (credit: Merdeka)

Varian Karung Beras

Seperti disinggung di atas, dari bahan yang dipakai, karung beras dibedakan menjadi dua, yakni karung beras plastik dan goni. Karung beras plastik terbuat dari serat plastik yang dianyam, tetapi ada juga yang terbuat dari plastik biasa yang dilaminasi. Karung beras plastik yang dianyam biasanya berwarna putih susu dan transparan.

Bacaan Lainnya

Perbedaan antara karung beras warna bening dan putih susu juga terletak pada ketebalannya. Untuk karung beras bening, biasanya lebih tipis dibanding karung beras putih susu. Selain itu, karung seperti ini lebih elastis dan mudah melar, sehingga membuat bentuk karung menonjol di bagian tengah ketika diisi beras.

Sementara itu, karung beras plastik laminasi memiliki permukaan karung yang lebih halus dibanding karung lainnya. Karung jenis ini juga terlihat lebih mengilap dan tebal, karena dilapisi dengan plastik khusus menggunakan metode laminasi. Bahan yang cukup kaku pada karung tidak membuat bentuk karung menonjol di bagian tengah ketika diisi.

karung beras plastik adalah tidak mudah berjamur ketika disimpan di tempat lembap. Selain itu, karung ini diketahui mampu menjadi bahan untuk memerangkap atau mengendapkan pupuk. Beberapa orang juga menggunakan karung beras plastik sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas tanah yang kekurangan hara atau kurang gembur.[1]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Di samping karung beras plastik, ada juga karung beras kain atau biasa disebut karung goni. Meskipun saat ini jarang ada beras yang dikemas dalam karung goni, Anda bisa menemukan karung ini di warung kelontong atau penjual plastik. Karung seperti ini memiliki pola anyam yang dihasilkan dari serat kain yang dipakai.

Biasanya, karung goni berwarna putih dan cokelat, dengan permukaan yang kasar dan sedikit kaku. Khusus untuk karung goni pembungkus beras, biasanya di bagian atasnya dilengkapi dengan dua jahitan benang berwarna-warni. Selain itu, ada juga yang disablon di bagian depan sebagai penanda produk.

Karung goni yang memiliki karakteristik lentur dan kuat, membuat beras yang dimasukkan ke dalamnya tidak mudah tercecer. Selain itu, karung ini bisa didaur ulang menjadi aneka kerajinan tangan, seperti , tas, dompet, kotak pensil, dan baju. Namun, sebelum membuat ini semua, karung harus dicuci hingga bersih.

Meskipun memiliki banyak manfaat, karung goni dinilai kurang baik jika dipakai menyimpan beras terlalu lama. Selain itu, sebagian besar karung goni mudah menyerap kelembapan udara di ruangan sekaligus tidak tahan air. Sehingga, jika karung goni basah, maka beras di dalamnya juga ikut basah dan mudah berjamur.

Bagi Anda yang membutuhkan karung beras ukuran 10, 25 kg, atau 50 kg, Anda bisa membelinya di toko plastik atau toko kelontong. Sebelumnya, pastikan Anda mengetahui harganya, sehingga bisa memperkirakan anggaran belanja. Sebagai referensi harga karung beras ukuran 10 kg, 25 kg, dan 50 kg, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Karung beras bekas (sumber: pertanian77.com)
Karung beras bekas (sumber: pertanian77.com)

Harga Karung Beras 10 Kg

Varian Karung Beras 10 Kg Harga
Karung Beras Strip Biru 35×53 cm Rp900
Karung Beras Putih Susu 35×55 cm Rp950
Karung Beras Sablon Rp1.500
Karung Beras Plastik Transparan Putih Cap Bunga List Merah Rp1.500
Karung Beras Plastik Laminasi Cap Putri Rp1.650
Karung Beras Plastik Laminasi Rp2.950
Karung Beras Transparan isi 50 Rp65.000
Karung Beras Putih Susu Doff 1 pack isi 100 Rp86.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga karung beras 10 kg di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, karung beras 10 kg sablon yang semula dijual dengan harga mulai Rp1.400, sekarang menjadi Rp1.500. Sama halnya dengan harga karung beras plastik laminasi yang naik dari Rp2.300 menjadi Rp2.950.

Ilustrasi: Karung Beras 25 Kg (credit: Tokopedia)
Ilustrasi: Karung Beras 25 Kg (credit: Tokopedia)

Harga Karung Beras 25 Kg

Varian Karung Beras 25 Kg Harga
Karung Beras Plastik Transparan Putih Rp2.300
Karung Beras Sablon Rp3.100
Karung Beras Plastik Laminasi Cap Ramos Rp3.350
Karung Beras Plastik (45 cm x 75 cm) Rp3.500
Karung Beras Plastik Laminasi Cap Putri Rp3.500
Karung Beras Putih Susu Doff 1 pack isi 100 Rp179.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga karung beras 25 kg di pasaran saat ini juga cenderung naik. Misalnya, karung beras plastik (45 cm x 75 cm) yang semula dijual seharga Rp2.500, sekarang sedikit naik menjadi Rp3.500 per pcs. Begitu pula dengan harga karung beras plastik transparan putih yang naik dari Rp1.700 menjadi Rp2.300 per pcs.

Karung beras 50kg (sumber: biggo.id)
Karung beras 50kg (sumber: biggo.id)

Harga Karung Beras 50 Kg

Varian Karung Beras 50 Kg Harga
Karung Beras Plastik Bening Rp2.400
Karung Beras Sablon Rp2.650
Karung Beras Plastik 56 cm x 90 cm Rp2.900
Karung Beras Plastik Putih Susu Rp3.000
Karung Beras Plastik Transparan 10 pcs Rp6.000
Karung Beras Goni Rp6.000
Karung Beras Plastik 56 cm x 90 cm isi 100 pcs Rp100.000
Karung Beras Plastik Putih Tebal 1 pack isi 100 pcs Rp195.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Hingga saat ini, harga karung beras goni 50 kg relatif stabil. Namun harga karung beras sablon 50 kg sedikit naik dari Rp2.500 menjadi Rp2.650. Meski begitu, harga produk ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Biaya Sablon Karung Beras

Selain membeli karung beras dengan merk yang sudah tersedia di pasaran, biasanya sebagian pengusaha beras memilih membuat merk sendiri. Untuk itu, Anda perlu mencari pabrik dan distributor yang menawarkan jasa sablon karung beras dengan merk sendiri. Untuk pembuatan karung beras laminasi dengan merk khusus (printing) dan karung beras sablon merk khusus, Anda harus menyiapkan sendiri desain gambarnya dengan format CorelDraw dan tidak melanggar hak cipta orang lain.

Di sejumlah situs online, saat ini biaya jasa pembuatan karung beras laminasi dan sablon dengan merk khusus terbilang bervariasi, berkisar Rp1.500 per pcs, sedikit naik dari tahun lalu yang hanya Rp800 per pcs dengan minimal order. Sementara itu, biaya sablon (2 warna) karung beras 50 kg ukuran 56 cm x 90 cm berkisar Rp3.000 per pcs.

[Update: Ditta]

[1] Irmanzah, Reza. 2014. Pengaruh Serat Karung Plastik dan Kapur terhadap Perubahan Nilai CBR pada Tanah Lempung Lunak. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Sriwijaya, Vol. 2(4): 676-681.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *