Update Harga Kacang Tojin 1 Kg, Camilan Renyah Khas Sumatera Barat

Selain kue-kue kering, salah satu camilan yang biasa dijadikan suguhan ketika Lebaran adalah kacang-kacangan. Khusus di kawasan Sumatera Barat, salah satu kacang yang menjadi camilan wajib ketika Hari Raya Idul Fitri adalah kacang tojin. Dijual dengan harga sekitar Rp90 ribuan untuk kemasan 1 kg, salah satu tarik utama kacang ini adalah kerenyahan dan rasanya yang khas.

Kacang tojin (cookpad: Rennie Wisra)
Kacang tojin (cookpad: Rennie Wisra)

Dilansir dari berbagai sumber, resep kacang tojin konon berasal dari Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat. Yang membedakan kacang ini dengan kacang goreng lainnya adalah adanya tambahan irisan daun seledri yang memberikan rasa lebih gurih dan aroma yang lebih harum. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian kacang tojin ini disukai oleh masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Menurut masyarakat Sumatera Barat, pada umumnya, kacang tojin wajib ada di setiap rumah ketika Lebaran. Ibaratnya, jika tidak ada kacang tojin, suasana Lebaran bakal terasa hambar. Bahkan, kacang tojin menjadi salah satu hidangan atau suguhan Lebaran yang paling cepat habis jika dibandingkan suguhan makanan lainnya.

Selain daun seledri, yang membedakan kacang tojin dengan kacang goreng lainnya adalah memiliki komposisi merah, bawang putih, garam, serta bumbu-bumbu penyedap lainnya. Bahan-bahan untuk membuat kacang ini sendiri terdiri dari kacang tanah, bawang putih, daun seledri, bawang merah, air panas, serta bumbu-bumbu penyedap lainnya. Sebagai bahan utamanya, kacang tanah tentu memiliki sejumlah manfaat baik bagi tubuh.

Baca juga  Info Terkini Daftar Menu dan Harga Starbucks

Manfaat Mengonsumsi Kacang Tanah dalam Tojin

  • Kaya protein. Dengan kandungan protein 26-28% konsumsi kacang tanah sekali makan (25 gr) dapat memberi sumbangan protein 12% dari angka kecukupan gizi (AKG) per hari. Kadar protein kacang tanah lebih tinggi daripada telur, susu, dan daging.
  • Menyimpan energi lebih lama. Kacang tanah mempunyai indeks glikemik rendah. Tenaga yang dihasilkan dari kacang tanah dilepaskan ke sistem peredaran darah secara berangsur-angsur dan stabil. Oleh karena itu, kadar gula darah akan naik secara perlahan, sehingga kita merasa kenyang dan bertenaga lebih lama.
  • Bebas kolesterol. Sekitar 82% lemak kacang tanah terdiri atas asam lemak tidak jenuh, terutama asam oleat dan linoleat. Konsumsi kacang tanah dapat membantu menurunkan sintesis kolesterol di dalam tubuh dan mengurangi kadar trigliserida di dalam darah, yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.
  • Serat alami tinggi. Kacang tanah mengandung serat lebih tinggi. Serat makanan berperan penting dalam mengurangi risiko terserang kanker, pengendalian kolesterol, dan kadar gula darah.
  • Mencegah serangan kanker dan penyakit jantung. Kacang tanah mengandung antioksidan (beta-sitosterol dan resveratrol) yang terbukti mampu menekan kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Kacang tanah juga mengandung kadar arginin tinggi, yaitu asam amino yang berguna untuk mencegah serangan jantung dan kanker, memperkuat kekebalan tubuh, memperkuat perkembangan otot, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi rasa letih, dan menyembuhkan impotensi.
  • Membantu mengurangi berat badan. Kacang tanah merupakan sumber tenaga yang lebih baik karena kaya protein, minyak, dan karbohidrat. Karena kandungan asam lemak tidak jenuhnya yang tinggi, kacang tanah sering dimanfaatkan sebagai komponen diet untuk mengurangi berat badan, juga untuk diet penderita diabetes. Hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah lima kali takaran yang dianjurkan (25 gr) atau lebih dalam satu minggu dapat mengurangi risiko terserang penyakit diabetes tipe II hingga sepertiganya.
  • Kandungan vitamin dan mineral esensial yang tinggi. Kacang tanah mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh diantaranya asam folat, vitamin E, niacin, thiamin (vitamin B1), vitamin B6, riboflavin (vitamin B2), tembaga, fosfor, magnesium, besi, kalium, seng, dan kalsium.
Baca juga  Info Terbaru Harga dan Resep Kebab Frozen di Pasaran
Kacang tojin (sumber: popmama)
Kacang tojin (sumber: popmama)

Cara Membuat Kacang Tojin

Pembuatan kacang tojin pun terbilang sederhana. Pertama, kacang tanah yang masih memiliki kulit ari direndam dengan air panas selama 15 menit untuk mempermudah proses pengelupasan kulit. Setelah kacang dikupas, dicampur dengan air panas, putih halus, dan garam, lalu aduk-aduk sampai merata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu lebih meresap, kemudian angkat dan tiriskan.

Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan sampai benar-benar panas, lalu atur kompor menggunakan api kecil atau sedang. Masukkan kacang tanah ke dalam minyak, aduk sesekali agar matang lebih merata. Ketika kacang terlihat mulai berwarna kuning keemasan, masukkan irisan putih, bawang merah, daun seledri, dan bumbu penyedap lainnya. Aduk-aduk sebentar agar tercampur, lalu angkat dan tiriskan.

Anda bisa menaruh kacang tojin goreng di atas kertas penyerap minyak. Saat ini, kacang mungkin masih terlihat lembek, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, proses pematangan masih berlangsung. Diamkan sebentar sampai kacang benar-benar kering. Nah, setelah benar-benar terbebas dari minyak goreng, Anda bisa memasukkan kacang tojin kreasi Anda ke dalam toples atau bungkus plastik agar kacang lebih tahan lama.

Baca juga  Info Terbaru Harga Menu ABUBA Steak

Jika Anda tidak punya waktu untuk menggoreng kacang tojin sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa membeli camilan renyah ini di berbagai pasar maupun situs jual beli online dengan harga bervariasi. Lalu, berapa harga kacang tojin di pasaran saat ini?

Harga Kacang Tojin

Kemasan Kacang Tojin Kisaran Harga 
Kacang Tojin 1 Kg Rp94.600 – Rp98.000
Kacang Tojin ½ Kg Rp68.000
Kacang Tojin ¼ Kg Rp29.000 – Rp35.000

Jika dibandingkan tahun lalu, harga kacang tojin kemasan 1 kilogram saat ini cenderung naik. Kacang tojin 1 kilogram semula dijual seharga Rp80.000 sampai Rp98.000, kini berada di kisaran Rp94.600 hingga Rp98.000. Sementara itu, kacang tojin kemasan 1/2 kg (500 gram) dijual dengan harga mulai Rp68 ribuan, naik dari harga tahun lalu sebesar Rp55 ribuan, sedangkan harga kacang tojin isi 250 gram (1/4 kg) berkisar Rp29 ribuan hingga Rp35 ribuan.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.