Harga Kacang Tojin 1 Kg, Camilan Renyah Khas Sumatera Barat

Selain -kue kering, salah satu camilan yang biasa dijadikan suguhan ketika adalah kacang-kacangan. Khusus di kawasan Sumatera Barat, salah satu kacang yang menjadi camilan wajib ketika Hari Raya Idul Fitri adalah kacang tojin. Dijual dengan harga sekitar Rp50 ribuan hingga Rp80 ribuan untuk kemasan 1 kg, salah satu daya tarik utama kacang ini adalah kerenyahan dan yang khas.

Kacang tojin, camilan asli Padang, Sumatera Barat (sumber: wikipedia.org)

Kacang tojin, camilan asli Padang, Sumatera Barat (sumber: wikipedia.org)

Dilansir dari berbagai sumber, resep kacang tojin konon berasal dari Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat. Yang membedakan kacang ini dengan kacang goreng lainnya adalah adanya tambahan irisan daun seledri yang memberikan rasa lebih gurih dan aroma yang lebih harum. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian kacang tojin ini banyak disukai oleh masyarakat setempat.

Menurut masyarakat Sumatera Barat, pada umumnya, kacang tojin wajib ada di setiap rumah ketika Lebaran. Ibaratnya, jika tidak ada kacang tojin, suasana Lebaran bakal terasa hambar. Bahkan, kacang tojin menjadi salah satu hidangan atau suguhan Lebaran yang paling cepat habis jika dibandingkan suguhan makanan lainnya.

Selain daun seledri, yang membedakan kacang tojin dengan kacang goreng lainnya adalah memiliki bawang merah, bawang putih, garam, serta bumbu-bumbu penyedap lainnya. -bahan untuk membuat kacang ini sendiri terdiri dari kacang tanah, bawang putih, daun seledri, bawang merah, air panas, serta bumbu-bumbu penyedap lainnya.

kacang tojin pun terbilang sederhana. Pertama, kacang tanah yang masih memiliki kulit ari direndam dengan air panas selama 15 menit untuk mempermudah pengelupasan kulit. Setelah kacang dikupas, dicampur dengan air panas, bawang putih halus, dan garam, lalu aduk-aduk sampai merata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu lebih meresap, kemudian angkat dan tiriskan.

Kacang Tojin - cookpad.com

Kacang Tojin - cookpad.com

Setelah itu, panaskan dalam wajan sampai benar-benar panas, lalu atur kompor menggunakan api kecil atau sedang. Masukkan kacang tanah ke dalam minyak, aduk sesekali agar matang lebih merata. Ketika kacang terlihat mulai berwarna kuning keemasan, masukkan irisan bawang putih, bawang merah, daun seledri, dan bumbu penyedap lainnya. Aduk-aduk sebentar agar tercampur, lalu angkat dan tiriskan.

Setelah itu, Anda bisa menaruh kacang tojin goreng di atas kertas penyerap minyak. Saat ini, kacang mungkin masih terlihat lembek, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, proses pematangan masih berlangsung. Diamkan sebentar sampai kacang benar-benar kering. Nah, setelah benar-benar terbebas dari minyak goreng, Anda bisa memasukkan kacang tojin kreasi Anda ke dalam toples atau bungkus plastik agar kacang lebih tahan lama.

Jika Anda tidak punya waktu untuk kacang tojin sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa membeli camilan renyah ini di berbagai pasar maupun situs jual beli online. Untuk kemasan 1 kg, kacang tojin ditawarkan di kisaran harga Rp50 ribuan hingga Rp80 ribuan. Sementara, kacang tojin kemasan 1/2 kg dijual dengan harga mulai Rp35 ribuan.

[Update: Galih]

Baca juga  Harga Mesin Sosis Telur Listrik (1 Lubang, 2 Lubang, 4 Lubang, 10 Lubang)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Kacang Tojin 1 Kg, Camilan Renyah Khas Sumatera Barat"