Info Terbaru Harga Kaca Tempered 12mm Terpasang

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kaca tempered. Kaca yang diklaim tahan terhadap benturan sekitar lima kali lebih kuat daripada kaca biasa ini sering dipasang di area depan gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. Hadir dalam berbagai ukuran ketebalan, mulai 8 mm, 10 mm, atau 12 mm, harga kaca tempered yang sudah terpasang biasanya memang lebih mahal dibandingkan yang masih dalam bentuk terpisah.

Ilustrasi: instalasi tempered glass untuk pagar pembatas balkon (sumber: livinator.com)
Ilustrasi: instalasi tempered glass untuk pagar pembatas balkon (sumber: livinator.com)

Kaca konon sudah ada sejak tahun 3000 SM, ketika bangsa Syria menemukan cara pembuatan kaca dengan mencampur abu soda, lemon, dan pasir, yang akhirnya membentuk kaca pada saat masih panas.[1] Kemudian, pada tahun 1400 SM, Mesir telah membuat vas dan makan dengan menggunakan unsur kaca di dalamnya, lantas Roma mulai menggunakan kaca sebagai jendela pada tahun 1291.[2]

Bacaan Lainnya

Apa Itu Kaca Tempered?

Dengan perkembangan dan teknologi, kaca yang dihasilkan hadir dalam berbagai bentuk dan kegunaan. Ada flat glass, sebuah kaca yang paling umum ditemukan, yang biasanya menggunakan warna tembaga, abu-abu, hijau, dan biru. Kemudian, ada safety and security glass, yang diproduksi dengan tujuan keamanan dan keselamatan. Kaca jenis ini masih dapat dibedakan lagi menjadi beberapa macam, salah satunya tempered glass.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Berbagai Merek Teh Hijau di Alfamart & Indomaret

Tempered glass adalah jenis safety glass yang umum digunakan pada area yang berisiko tinggi. Sifat kaca tempered ini antara lain tahan panas, tahan terhadap benturan ringan, diklaim empat sampai lima kali lebih kuat daripada kaca standar, serta biasanya akan pecah dalam bentuk serbuk halus atau tidak dalam bentuk yang tajam.[3]

Kaca tempered sendiri diklaim memiliki keseimbangan yang baik, mulai dari daya tekan hingga daya tariknya. Karena itu, jika Anda memutuskan memakai kaca jenis ini, usahakan jangan mengubah bentuk kaca dengan melakukan pemotongan atau sejenisnya setelah kaca telah melalui proses tempering. Tentukan dimensi dan spesifikasi yang Anda butuhkan sejak awal.

Ciri Kaca Tempered Asli

  • Kaca tempered selalu diberi label bertuliskan “Tempered”. Label ini biasanya berada di pojok kanan atau kirinya. Beberapa produsen juga kerap menuliskan nama perusahaan dan logo mereka di samping label tersebut. Karena dibuat saat proses pemanasan kaca menggunakan cat khusus, label ini biasanya tidak bisa dihapus.
  • Kaca tempered yang terkena sinar matahari secara langsung akan terlihat garis-garis hitam yang samar di permukaannya. Sementara, bila dilihat dari sudut pandang 45 derajat, akan tampak seperti warna pelangi. Bayangan ini terjadi lantaran pembuatan tempered glass dilakukan dengan menggesekkan bahan baku pada roll ceramic.
  • Kaca tempered yang diberi sorotan lampu, maka cahaya lampu tadi tidak akan berbentuk lurus. Cahaya lampu yang terpantul di permukaan kaca tempered akan tampak seolah-olah bengkok. Biasanya, istilah ini sering disebut efek wrapping, ketika kaca terlihat seperti tidak lurus. Hal ini bisa terjadi lantaran ukuran kaca yang sangat tebal.
  • Kaca tempered yang pecah akan menghasilkan pecahan-pecahan yang berupa butiran kecil dan tidak bersudut tajam. Ukurannya kurang lebih sekitar kuku jari tangan. Kejadian tersebut dikarenakan perbedaan antara kekuatan tarik dan kekuatan tekanan yang dimiliki kaca tempered. Tentu saja, ini sangat berbeda dengan kaca biasa yang bila pecah akan berubah menjadi kepingan-kepingan yang sangat tajam.
Baca juga  Ukuran dan Harga Plastik Klip Berdiri untuk Makanan (Ecer dan Pack)

Apabila Anda membutuhkan kaca tempered, tidak sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, sudah banyak kaca, toko bahan bangunan, atau situs jual beli online yang menawarkan tempered glass. Hadir dalam berbagai ukuran ketebalan, mulai 3 mm hingga 18 mm, harga kaca tempered memang relatif mahal. Berikut kisaran harga kaca tempered di pasaran.

Kaca tempered (sumber: bossgoo.com)
Kaca tempered (sumber: bossgoo.com)

Harga Kaca Tempered

Ukuran Kaca Tempered Harga
Kaca Tempered Clear 5 mm Rp210.000 per m2
Kaca Tempered Clear 6 mm Rp287.000 per m2
Kaca Tempered Clear 8 mm Rp430.000 per m2
Kaca Tempered Clear 10 mm Rp515.000 per m2
Kaca Tempered Clear 12 mm Rp578.000 per m2
Kaca Tempered Clear 15 mm Rp3.000.000 – Rp3.308.000 per m2

Informasi harga kaca tempered clear di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bahan bangunan. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kaca tempered saat ini cenderung turun. Kaca tempered clear 6 mm misalnya, awalnya dijual Rp350 ribu per m2 dan sekarang menjadi Rp287 ribu per m2. Sementara itu, harga kaca tempered 12 mm yang semula Rp670 ribu per m2, saat ini turun menjadi Rp578 ribuan per m2.

Baca juga  Jenis dan Harga Trenggiling Terbaru

Harga Kaca Tempered 12mm Terpasang

Model Kaca Tempered 12mm Harga
Kaca Tempered 12mm Pintu Terpasang Rp850.000
Kaca Tempered 12mm Balkon Terpasang Rp1.240.000
Kaca Tempered 12mm Kanopi Terpasang Rp1.400.000 – Rp2.100.000
Kaca Tempered 12mm Railing Tangga Terpasang Rp1.850.000 – Rp2.550.000

Harga kaca tempered terpasang tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bahan bangunan dan situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harganya tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, kaca tempered 12mm pintu terpasang dijual Rp800 ribu hingga Rp1,15 jutaan, sedangkan harga kaca tempered 12mm kanopi terpasang sekitar Rp1,5 jutaan.

[1] Ahmad, Rosman. 2007. Bahan Bangunan sebagai Dasar Pengetahuan (Edisi Pertama). Jakarta: BCPU.

[2] Hartanti, Grace dan Budi Setiawan. 2014. Kaca pada Perancangan Interior dan Arsitektur. Humaniora, Vol. 5(2): 756-765.

[3] Akmal, Imelda. 2009. Seri Rumah Ide: Kaca dan Fiber Glass (Edisi Pertama). Jakarta: Gramedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.