Update Harga Traktor Sawah Kubota (Semua Tipe)

Di segmen alat atau mesin pertanian, salah satu merk yang sudah cukup kondang di pasaran dalam negeri adalah Kubota. Telah berumur lebih dari satu abad, produk andalan perusahaan yang berbasis di Osaka, Jepang ini adalah yang digunakan untuk membajak sawah atau mengolah lahan perkebunan. Tersedia dalam roda dua dan roda empat, harga Kubota mulai puluhan juta rupiah per unit.

Traktor Kubota (sumber: kubota.com)
Traktor Kubota (sumber: kubota.com)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan traktor. Dilansir dari Wikipedia, ini adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu jenis kendaraan untuk pertanian.

Bacaan Lainnya

Untuk pertanian, traktor dikatakan memiliki banyak manfaat bagi petani. Salah satu keunggulan penggunaan traktor adalah dapat melakukan substitusi penggunaan tenaga kerja yang kian hari kian mahal dan langka, terutama untuk kegiatan persiapan lahan. Selain itu, traktor juga dapat mempercepat kegiatan persiapan lahan, sehingga memungkinkan petani untuk melakukan penanaman tepat waktu pada musim tanam.[1]

Sudah ada banyak perusahaan atau merk yang merilis traktor, dan salah satu nama yang cukup kondang adalah Kubota. Didirikan pada tahun 1890 silam, seperti dilansir dari situs resminya, traktor modern pertama Kubota dibuat pada tahun 1960, yakni T15. Terus berlangsung hingga milenium ketiga, perusahaan mengklaim sudah memproduksi lebih dari empat juta unit traktor di seluruh dunia.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit dan Buah Anggur Merah

Kubota sendiri sudah membuka banyak cabang, salah satunya di Indonesia. PT Kubota Indonesia, demikian nama resminya, merupakan perusahaan yang didirikan pada tanggal 10 Juli 1972 silam, tetapi baru memulai produksi pada Juli 1973. Untuk cabang Indonesia, Kubota memang lebih fokus memproduksi mesin diesel, dengan jumlah produksi sebanyak 400 hingga 600 unit per bulan.[2]

Varian Traktor Kubota

Jika lebih berfokus pada produksi mesin diesel, lalu bagaimana dengan ketersediaan traktor Kubota untuk pasaran dalam negeri? Dilansir dari situs resminya, Kubota saat ini memasok mesin diesel untuk berbagai merk traktor, seperti Quick. Ada beberapa traktor buatan Quick yang memakai mesin penggerak buatan Kubota, seperti Quick G1000 Boxer, Quick G3000 Zeva, Quick Zena Rotary, hingga Quick Impala.

Quick G1000 Boxer misalnya, merupakan traktor tangan roda dua yang paling direkomendasikan untuk membajak sawah. Traktor tangan dari CV Karya Hidup Sentosa (Quick Traktor) ini dikatakan sangat cocok untuk mengolah lahan kering maupun karena stabil dan nyaman dalam pengoperasian. Produk juga lebih bertenaga dan tangguh dengan mesin penggerak Kubota berkekuatan 8,5 sampai 11 HP.

Sementara itu, varian Quick Impala adalah sebuah traktor yang didesain memiliki kemampuan memanjat dan menuruni pematang pada lahan terasering. Produk ini sudah didukung gear case dari besi cor khusus yang kuat tetapi ringan dan tahan benturan. Selain itu, komponen gear dan as dibuat dari material berkualitas tinggi yang diproses dengan mesin-mesin canggih.

Baca juga  Update Harga Suzuki Carry 1.0 Bekas

Untuk mereka yang membutuhkan traktor multifungsi di berbagai lahan, Quick Zena Rotary mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok. Ini adalah traktor rotari roda dua multifungsi dengan beragam implemen. Mampu digunakan untuk membajak, mencacah, dan membuat bedengan. Dengan mesin penggerak Kubota RD 110 bertenaga 11 HP, Quick Zena Rotary diklaim sebagai pilihan terbaik untuk mengolah lahan kering dengan komoditas seperti jagung, tembakau, atau tebu, dan juga efisien untuk mengolah lahan basah.

Untuk mereka yang membutuhkan traktor multifungsi di berbagai lahan, Quick Zena Rotary mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok. Ini adalah traktor rotari roda dua multifungsi dengan beragam implemen. Mampu digunakan untuk membajak, mencacah, dan membuat bedengan. Dengan mesin penggerak Kubota RD 110 bertenaga 11 HP, Quick Zena Rotary diklaim sebagai pilihan terbaik untuk mengolah lahan kering dengan komoditas seperti jagung, tembakau, atau tebu, dan juga efisien untuk mengolah lahan basah.

Traktor sawah Kubota (youtube: Seputar Diesel)
Traktor sawah Kubota (youtube: Seputar Diesel)

Harga Traktor Sawah Kubota

Tipe Traktor Sawah Kubota Harga
Quick Impala Rp23.750.000
Quick G3000 Zeva RD 85 DI 1S Rp25.750.000
Quick G3000 Zeva RD 85 DI 2S Rp28.000.000
Quick G1000 Boxer (2 Roda) Rp33.920.000
Quick G3000 Zeva RD 110 DI 2T Rp35.650.000
Quick Zena Rotary Rp39.500.000
Baca juga  Update Harga Bibit (Benih) Lele (per Ekor dan Box)

Harga traktor di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan pertanian. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga traktor sawah dengan mesin Kubota saat ini terpantau naik. Harga Quick Zena Rotary misalnya, awalnya berkisar Rp38,05 juta dan sekarang naik menjadi Rp39,5 jutaan per unit.

Harga Traktor Kubota Roda 4

Tipe Traktor Kubota Harga
Kubota B2420 Rp126.000.000
Kubota KRT 140 Rp133.000.000
Kubota L3608 Rp250.000.000
Kubota M9540 Rp350.000.000

Harga traktor sawah dan ladang Kubota di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko resmi Quick dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa traktor Kubota tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga traktor di masing-masing toko dapat berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Suyatno, Adi, Imelda, Komariyati. 2018. Pengaruh Penggunaan Traktor terhadap Pendapatan dan Penggunaan Tenaga Kerja pada Usahatani Padi di Kabupaten Sambas. Agraris: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, Vol. 4(2) Juli-Desember: 91-100.

[2] Rakhmawati, Saptina Umi. 2012. Sistem Pembelian Impor Komponen di PT. Kubota Indonesia (Laporan Kerja Praktek dan Tugas Akhir). Komputerisasi Akuntansi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Satya Wacana Salatiga, hlm. 15.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.