Tipe dan Update Harga Kaca Film LLumar di Indonesia

atau pelapis kaca memang sangat penting bagi dunia otomotif, terutama untuk kendaraan roda empat. Tak hanya itu, kaca film biasanya juga kerap dipakai di rumah atau gedung-gedung besar untuk melapisi kaca jendela atau pintu supaya tidak silau saat siang hari. Nah, dari sekian banyak yang beredar di pasaran, LLumar dianggap sebagai salah satu yang berkualitas dengan harga mulai jutaan rupiah.

Kaca film mobil (sumber: prowindowtinting.ca)
mobil (sumber: prowindowtinting.ca)

LLumar merupakan produk buatan CPfilm, Amerika Serikat. CPfilm sendiri adalah pabrik kaca film terbesar di dunia yang terletak di Martinsville, Virginia dan menguasai sekitar 60 persen pangsa pasar penjualan kaca film profesional di dunia. Dibandingkan merek-merek sejenis, LLumar dianggap memiliki kualitas yang baik dan bisa menyaring sinar ultraviolet secara lebih optimal. Seperti diketahui, sinar ultraviolet dapat merusak kulit dan menjadi sumber penyakit kanker dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Penggunaan yang tepat juga dapat mengoptimalkan penggunaan AC secara optimal. Selain itu, juga bisa menjaga suhu kabin agar lebih stabil. Jika konsumsi AC ditekan, tentu saja konsumsi BBM Anda pun bisa lebih hemat. Di pasaran sendiri, ada begitu banyak jenis kaca film LLumar, mulai dari yang tingkat kegelapannya paling rendah hingga yang paling tinggi. Berikut jenis-jenis atau tipe kaca film yang telah dirilis oleh LLumar.

Tipe LLumar

  • Gold Series (20%). Seri Gold Series memiliki karakter warna dari luar terlihat biru kehijauan atau hijau kebiruan dan terlihat sangat bening. Penolakan panas paling tinggi biasanya untuk kaca depan, namun terkadang juga kerap dipakai untuk kaca samping sopir.
  • Super Clear (20%). Jenis Super Clear memiliki karakter warna dari luar sedikit kebiruan dan terlihat lebih bening dari Gold Series. Jika diperhatikan dari dalam, akan terlihat sangat bening. Penolakan panasnya berada di bawah Gold Series. LLumar Super Clear biasanya dipakai untuk kombinasi gaya CBU look.
  • BM 35 (40%). Warna dari luar seri BM 35 tampak keabu-abuan dan memiliki efek refleksi seperti cermin. Dengan tingkat kegelapan mencapai 40%, bila dipakai untuk kaca depan, maka akan terasa lebih gelap saat mengendarai kendaraan pada malam hari dibandingkan jenis Super Clear dan Gold Series. Namun, BM 35 memiliki kelebihan pada bagian penolakan cahaya yang lebih tinggi dibandingkan Super Clear dan Gold Series, sehingga efeknya tidak terlalu menyilaukan saat malam hari.
  • BM 20 (60%). BM 20 pada dasarnya hampir sama seperti BM 35, namun lebih gelap saja. Jenis LLumar BM 20 tidak untuk digunakan pada kaca depan dan tak dianjurkan untuk kombinasi gaya CBU look.
  • Super Black (80%). Super Black adalah jenis kaca film unggulan LLumar. Karakter Super Black memiliki warna hitam yang sangat solid dan tak memiliki refleksi cermin. Kaca film jenis ini biasanya digunakan untuk mobil-mobil berwarna hitam, merah, atau warna terang seperti putih supaya terlihat kontras. Jenis ini memiliki penolakan panas yang cukup baik dan cepat terasa dingin.
  • Platinum Black (80%). LLumar Platinum Black memiliki penolakan panas yang baik seperti halnya Gold Series, tetapi bedanya Platinum Black merupakan versi 80%-nya. Karakter Platinum Black memiliki warna kecokelatan dan memiliki efek refleksi. Jika dilihat dari dalam, akan terlihat berwarna kecokelatan. Jenis satu ini biasanya kerap dijadikan pilihan kaca film untuk mobil-mobil mewah.
  • OEM Series (70%). Jenis ini adalah satu-satunya kaca film LLumar yang diperuntukkan bagi kelas bawah (low-end). Harganya berkisar di bawah Rp1 juta untuk kaca samping dan belakang. OEM Series memiliki penolakan panas yang berada di bawah tipe-tipe LLumar sebelumnya. Namun, jenis ini masih jauh lebih baik dibanding kaca film di kelasnya. Jika dilihat dari dalam dan luar, terlihat hitam namun masih tembus pandang alias tidak solid.

Setelah mengetahui tipe-tipe kaca film keluaran LLumar, lalu berapa harga produk tersebut di pasaran? Tergolong sebagai yang mumpuni, harga kaca film buatan LLumar memang bisa dikatakan relatif mahal. Berikut kami sajikan informasi perbandingan harga kaca film LLumar yang dijual di pasaran dalam negeri antara tahun lalu dan saat ini.

Kaca film LLumar (sumber: kristalkacafilm.com)
Kaca film LLumar (sumber: kristalkacafilm.com)

Harga Kaca Film LLumar

Tipe Kaca Film LLumarHarga SebelumnyaHarga Sekarang
LLumar Size S (Kaca Depan)Rp1.300.000Rp1.300.000
LLumar Size M (Kaca Depan)Rp1.400.000Rp1.400.000
LLumar Size S (Ray ban)Rp2.400.000Rp2.400.000
LLumar Size M (Ray ban)Rp2.500.000Rp2.500.000
LLumar Paket Small CarRp2.890.000Rp2.890.000
LLumar Size L (Kaca Depan)Rp2.904.400Rp2.904.400
LLumar Size L (Ray ban)Rp2.904.400Rp3.000.000
LLumar Paket Medium CarRp3.200.000Rp3.999.000
LLumar Paket Large CarRp4.500.000Rp4.599.000
LLumar Paket Gold SeriesRp11.397.000Rp13.605.000

Harga kaca film LLumar yang tercantum di atas dirangkum dari beberapa sumber di internet, termasuk situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga kaca film LLumar di pasaran saat ini cenderung naik. Perlu diingat, harga yang berlaku di toko atau kota lain bisa saja lebih mahal atau lebih murah, tergantung dari kebijakan masing-masing toko. 

Setiap penyedia jasa pemasangan kaca film LLumar biasanya memberi kebebasan pada Anda untuk memilih sendiri tingkat kegelapan kaca film, mulai dari 40 persen, 60 persen, atau yang paling gelap 80 persen. Maksud dari persentase tersebut adalah, dengan tingkat kegelapan 40 persen, maka sekitar 60 persen intensitas cahaya masih bisa masuk ke dalam mobil. Demikian pula dengan kaca film dengan tingkat kegelapan 80 persen, maka cahaya yang bisa masuk ke dalam mobil hanyalah sekitar 20 persen saja dan sekitar 80 persen-nya ditapis oleh kaca film.

Selain LLumar, tersedia pula kaca film mobil V-Kool yang dapat dijadikan alternatif. Harga kaca film V Kool pun terbilang bervariasi, tergantung dari tipe mobili. Namun secara umum, harga film V Kool berada di kisaran Rp4,3 juta sampai Rp5 juta untuk varian Silver Series. Sementara itu, harga kaca film V Kool Gold Series berada di kisaran Rp5,5 juta sampai Rp6,2 Juta. Untuk info lebih pasti, Anda bisa langsung menanyakan berapa harga kaca film tersebut sekaligus biaya pemasangan di toko-toko terdekat.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *