Update Harga Spidol Permanen Satuan dan Pack (Berbagai Merk)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan alat tulis bernama spidol. Ini adalah alat tulis yang menggunakan tinta cair, biasanya memiliki hasil goresan yang tebal sehingga cocok digunakan di berbagai permukaan. Di pasaran, spidol hadir dalam berbagai tipe, salah satunya spidol permanen, yang umumnya dipakai untuk memberi tanda pada sebuah benda atau untuk menulis. Hadir dalam berbagai merk, spidol dapat Anda beli per pack atau satuan dengan harga yang cukup terjangkau.

Ilustrasi: spidol permanen
Ilustrasi: spidol permanen

Spidol adalah suatu alat tulis yang memiliki ujung lunak berupa mata spidol, digunakan untuk menulis di media kertas, papan tulis, dan sebagainya, serta memiliki tinta yang mengandung alkohol, disimpan dalam sejenis busa yang dapat menguap jika terpapar udara secara terus-menerus.[1] Selain digunakan untuk keperluan menulis, spidol juga sering dipakai untuk seni.

Bacaan Lainnya

Sejarah benda yang juga kerap disebut marker pen ini bermula ketika Lee Newman mematenkan pena penanda berujung runcing pada tahun 1910. Pada tahun 1926, Benjamin Paskach kemudian mematenkan ‘kuas cat air mancur’, demikian ia menyebutnya, yang terdiri dari gagang berujung spons yang berisi berbagai warna cat. Spidol semacam ini mulai dipopulerkan dengan penjualan Sidney Rosenthal Magic Marker, yang terdiri dari tabung gelas tinta dengan sumbu felt.

Pada tahun 1958, penggunaan spidol felt-tipped adalah hal biasa untuk berbagai aplikasi seperti penulisan huruf, pelabelan, dan pembuatan poster. Empat tahun berselang, Yukio Horie dari Tokyo Stationery Company (yang kemudian menjadi Pentel) membawa perkembangan pena berujung serat modern (berbeda dengan spidol, yang umumnya memiliki titik yang lebih tebal). Pada tahun 1993, spidol Copic Sketch dirilis, memopulerkan spidol untuk ilustrasi profesional.

Reservoir penanda spidol yang menampung tinta, biasanya terbuat dari polyester. Sementara itu, kempa yang digunakan untuk ujung biasanya terbuat dari serat sintetis yang sangat padat atau keramik berpori. Toluol dan xylol digunakan sebagai pelarut pewarna dan masih digunakan untuk tinta tak terhapuskan pada spidol permanen. Namun, karena beracun, bahan ini sering diganti dengan zat seperti alkil atau alkilena karbonat siklik (seperti propilena karbonat) dalam jenis penanda lainnya.

Kandungan air pada tinta spidol bisa sampai 10 persen. Selain pelarut dan pewarna itu sendiri, tinta mungkin mengandung aditif (misalnya nonilfenol poliglikol eter, alkil poliglikol eter, ester poliglikol asam lemak, atau alkohol lemak etoksilat), dan pengawet (misalnya 2-fenil fenol dan garam natriumnya, 6-asetoksi-2, 4-dimetil-m-dioksan).

Di sejumlah negara, penyebutan marker pen memang dapat berbeda-beda. Di India misalnya, spidol berbahan dasar air disebut sebagai pena sketsa karena terutama digunakan untuk membuat sketsa dan menulis di atas kertas atau karton. Sementara itu, spidol felt-tip tinta permanen disebut hanya sebagai spidol. Di Malaysia, Singapura, dan Indonesia, alat itu hanya disebut spidol. Di Filipina, spidol biasanya disebut sebagai ‘pentel pen, apa pun mereknya. Sementara itu, di Selatan dan Jepang, spidol disebut sebagai sign pens, name pens, atau felt pens, sedangkan di Iran, pulpen felt-tip disebut sebagai magic atau highlight, terlepas dari mereknya.

Jenis Spidol

  • Spidol permanen, adalah pulpen berpori yang dapat menulis pada permukaan seperti kaca, plastik, kayu, , dan batu. Namun, tanda yang dibuat oleh pena tersebut tidak permanen pada beberapa plastik seperti Teflon dan polipropilena serta dapat dihapus dengan mudah. Tinta spidol ini umumnya tahan terhadap gosokan dan air, dan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Namun, tergantung pada permukaan dan spidol yang digunakan, tanda tersebut seringkali dapat dihilangkan dengan penggosokan yang kuat atau bahan kimia seperti aseton. Produk ini sering dipakai oleh pewarna dan seniman di seluruh dunia.
  • Highlighter, adalah suatu bentuk penanda yang digunakan untuk menyorot dan menutupi tulisan yang sudah ada dengan tetap membiarkan tulisan tersebut dapat dibaca. Jenis ini umumnya diproduksi dalam warna neon untuk memungkinkan mengodekan warna, serta menarik atensi pembeli.
  • Whiteboard marker atau spidol papan tulis, atau spidol penghapus kering di beberapa lokasi, menggunakan tinta yang dapat dihapus, dibuat untuk digunakan pada permukaan tulis yang licin (atau matte), tidak berpori, untuk menulis sementara dengan proyektor overhead dan papan tulis. Produk ini dirancang agar pengguna dapat dengan mudah menghapus tanda menggunakan lembap, tisu, sapu tangan, lap bayi, atau barang-barang lain yang mudah dibersihkan atau sekali pakai. Tinta yang dapat dihapus tidak mengandung senyawa kimia beracun xilena dan/atau toluena seperti yang digunakan dalam spidol permanen, sehingga lebih kecil risikonya untuk digunakan sebagai obat rekreasional.
  • Wet wipe marker, adalah versi lain yang digunakan pada proyektor overhead, papan nama, papan tulis, dan permukaan tidak berpori lainnya.
  • Security marker, hadir dengan tinta fluoresen tetapi tidak terlihat, digunakan untuk menandai barang berharga jika terjadi pencurian.
  • Election marker, adalah marker pen dengan tinta khusus yang tak terhapuskan dan seringkali bahan fotosensitif seperti nitrat, digunakan untuk menandai jari, dan terutama kutikula, pemilih dalam pemilu untuk mencegah kecurangan pemilu seperti pemungutan suara ganda, dan juga dapat digunakan untuk membantu vaksinasi. Noda tetap terlihat selama satu atau dua minggu.
  • Porous point pen, berisi titik yang terbuat dari beberapa bahan berpori seperti kain kempa atau keramik. Pena untuk menggambar ini biasanya memiliki ujung keramik karena ini akan aus dengan baik dan tidak melebar saat ditekan ketika digunakan untuk menulis.
Ilustrasi: memakai spidol permanen (sumber: ebay)
Ilustrasi: memakai spidol permanen (sumber: ebay)

Dari sekian jenis spidol tersebut, salah satu yang kerap dicari adalah spidol permanen. Fungsinya, seperti disinggung di atas, adalah untuk menandai sebuah benda, misalnya ketika kita ingin mengirim sesuatu dan menuliskannya pada permukaan kertas yang licin atau permukaan yang susah ditulis dengan alat tulis lainnya karena tidak bisa menempel. Produk ini umumnya hadir dalam dimensi yang cukup besar.

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk spidol permanen yang dapat Anda temukan. Beberapa brand yang sudah terkenal antara lain Snowman, Joyko, Faster, hingga Faber Castell. Harganya bervariasi, tergantung merk dan jumlah pembelian. Biasanya, jika membeli satu pack (12 pcs), harganya akan lebih hemat dibandingkan membeli satuan.

Mengenai harganya, pada 2021, satu pack spidol Snowman White Gold Paint Marker WP 12 ditawarkan berkisar Rp13.500 dan spidol Artline 70 Permanent seharga Rp124 ribu per pack. Kemudian pada 2022 lalu, harga spidol Snowman White Gold Paint Marker WP 12 naik menjadi Rp22.000 per pack, sedangkan harga harga spidol Artline 70 Permanent turun menjadi Rp95 ribu per pack. Berikut info perbandingan harga spidol permanen yang berlaku saat ini di pasaran.

Harga Spidol Permanen Pack

Merk Spidol Permanen Harga
Spidol Snowman White Gold Paint Marker WP 12 Rp22.000 per pack
Spidol Joyko Permanen Rp45.510 per pack
Faber Castell OHP Multimark F Permanent Rp57.500 per pack
Spidol Faster Permanent Marker P70 Rp62.437 per pack
Spidol Snowman Permanent Marker BG 12 Rp93.000 per pack
Spidol Artline 70 Permanent Rp120.990 per pack
Spidol Permanent OHP Tipe OPM ATK Rp129.000 per pack

Berdasarkan tabel tersebut, harga spidol permanen di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Meski begitu, harga produk ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Selain pembelian 1 pack, Anda bisa membeli spidol permanen secara eceran. Sebagai referensi, berikut info harga spidol permanen eceran di pasaran saat ini.

Spidol permanen (sumber: gabylpha.wordpress.com)
Spidol permanen (sumber: gabylpha.wordpress.com)

Harga Spidol Permanen Satuan

Merk Spidol Permanen Harga
Spidol Joyko Biru Permanen Rp2.790
Spidol Joyko Hitam Permanen Rp2.800
Spidol Faster Permanent Marker P 70 Rp4.100
Spidol Faster P70 Rp5.000
Spidol Permanent HQ Line Rp5.900
Spidol Snowman Permanent Marker BG 12 Rp8.658
Spidol Snowman OPF/OPM Permanent Marker Spidol Rp8.880
Spidol Faber Castell OHP Permanent Rp10.400
Spidol Snowman Marker Paint CP-12 Gold Rp17.760
Spidol Snowman Marker Paint SP-12 Silver Rp17.760

Informasi harga spidol permanen satuan di atas juga kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs e-commerce. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga spidol permanen satuan di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, spidol Snowman Permanent Marker BG 12 yang semula dijual dengan harga mulai Rp6.000, sekarang menjadi Rp8.658 per pcs. Begitu pula harga spidol Snowman OPF/OPM Permanent Marker yang naik dari Rp7.000 menjadi Rp8.880 per pcs.

[Update: Ditta]

[1] Farida, Nunuk dan Endang Pudjiastuti. 2013. Peningkatan Kemampuan Menggambar Melalui Media Spidol dengan Metode Pemberian Tugas Anak Kelompok A TK Harapan Kita . PAUD Teratai: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2(1).

Pos terkait