Indikasi dan Harga Nymiko Drops

Pernahkah Anda tiba-tiba merasakan nyeri ketika menelan makanan dan muncul bercak putih di lidah, gusi, atau bibir? Jika iya, mungkin Anda terkena candidiasis. Ini adalah infeksi jamur yang bisa menyerang , kulit, dan alat kelamin. Apabila dibiarkan, dapat menyebar ke organ lain seperti dan ginjal. Untung saja saat ini sudah ada banyak obat yang dapat dicoba, salah satunya Nymiko yang dijual dengan harga puluhan ribu rupiah per .

Apa Itu Candidiasis?

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan, candidiasis adalah salah satu penyakit yang disebabkan jamur Candida albicans. Jamur ini merupakan jamur yang hidup di dalam tubuh manusia, tepatnya pada saluran pencernaan, membran mukosa rongga mulut, dan area kelamin seperti vagina. Infeksi candidiasis seringkali akibat penggunaan air yang mengandung Candida sp.[1]

Bacaan Lainnya
Gejala Candidiasis (halodoc.com)
Gejala Candidiasis (halodoc.com)

Sebenarnya, jamur Candida albicans adalah organisme komensal dan flora normal yang berperan dalam keseimbangan mikroorganisme dalam tubuh kita, bisa ditemukan dalam traktus intestinal, kulit, dan traktus genita urinaria.[2] Namun, apabila pertumbuhannya terlalu pesat, dapat menyebabkan infeksi, yang sering terjadi ketika daya tahan tubuh melemah.

Beberapa faktor yang bisa melemahkan daya tubuh antara lain menderita penyakit seperti diabetes, AIDS, kanker, atau menjalani kemoterapi. Selain itu, jika Anda menggunakan obat , menggunakan antibiotik dalam jangka waktu yang lama, serta menderita obesitas atau malnutrisi. Risiko semakin besar ketika cuaca hangat atau lembap, jarang mengganti pakaian, memakai pakaian yang tidak menyerap keringat, dan tidak menjaga kebersihan tubuh.

Gejala Candidiasis

  • Candidiasis mulut, bisa ditandai dengan bercak putih atau kuning pada lidah, bibit, gusi, langit-langit mulut, dan pipi bagian dalam. Selain itu, juga mulut dan yang kemerahan, kulit pecah-pecah di sudut mulut, nyeri ketika menelan, dan luka pada sudut bibir.
  • Candidiasis vulvovaginal, biasanya mengalami rasa gatal yang ekstrem pada vagina, nyeri dan terbakar ketika buang air kecil, rasa tidak nyaman saat berhubungan badan, pembengkakan di vagina, dan keputihan yang menggumpal.
  • Candidiasis kulit, terdapat ruam yang gatal di lipatan kulit (termasuk ketiak, selangkangan, sela jari, atau di bawah payudara), kulit terasa kering dan pecah-pecah, atau kulit melepuh dan bernanah.

Seperti penyakit lainnya, candidiasis juga dapat diobati. Tujuannya adalah untuk mengatasi infeksi dan mencegah terjadinya komplikasi. Saat sudah didiagnosis mengalami candidiasis, dokter akan memberikan obat anti-jamur, sesuai dengan lokasi dan tingkat keparahan infeksi, bisa obat anti-jamur dalam bentuk tablet, losion, atau krim.

Indikasi Nymiko

Saat ini, sudah banyak obat yang bisa dikonsumsi atau dipakai untuk meredakan candidiasis, salah satunya Nymiko. Ini adalah obat yang diproduksi oleh PT Sanbe Farma yang mengandung nistatin. Nystatin sendiri adalah obat anti-jamur yang memang sering digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan jamur. Nymiko bermanfaat untuk mengatasi infeksi pada kulit, tenggorokan, mulut, dan vagina, termasuk yang disebabkan jamur Candida albicans.

Dosis Nymiko

  • Infeksi rongga mulut karena Candida albicans, orang dewasa, anak-anak, dan bayi dapat diberikan 1 ml dan diminum 4 kali sehari. Gunakan Nymiko untuk berkumur terlebih dahulu sebelum ditelan.
  • Kandidiasis usus, dosis yang disarankan untuk orang dewasa adalah 5 ml dan diminum 4 kali sehari, sedangkan dosis untuk bayi dan anak-anak adalah 1 ml dan diminum 4 kali sehari.
Harga Nymiko (tokopedia.com)
Harga Nymiko (tokopedia.com)

Yang perlu diketahui, belum ada studi terkontrol pada perempuan hamil. Jadi, obat ini hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin. Nymiko juga belum diketahui apakah akan terserap ke dalam ASI atau tidak. Jadi, jika Anda sedang menyusui, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Harga Nymiko

Lokasi Pembelian Harga Nymiko
Marketplace Rp36.705 – Rp59.821
Medicastore Rp45.189
Farmaku Tomang Rp50.800
Apotek K24 Rp51.400
Go Apotik Rp55.572

Daftar harga Nymiko di atas kami rangkum langsung dari situs resmi masing-masing apotek dan toko obat serta sejumlah situs online, berlaku untuk pembelian per botol berisi 12 ml. Perlu Anda ketahui bahwa harga Nymiko tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

Seperti obat pada umumnya, Nymiko juga memiliki efek samping, terutama jika penggunaan obat tidak sesuai dengan yang disarankan. Efek samping yang paling sering terjadi adalah gangguan gastrointestinal, diare, mual, dan muntah. Pengguna yang hipersensitif atau alergi terhadap komponen produk ini juga disarankan jangan mengonsumsinya.

[1] Indrayati, Sri dan Reszki Intan Sari. 2018. Gambaran Candida albicans pada Bak Penampung Air di Toilet SDN 17 Batu Banyak Kabupaten Solok. Jurnal Kesehatan Perintis, Vol. 5(2): 159-164.

[2] Ibid.

Pos terkait