Harga Furing per Meter (Asahi, Hero, Dormeuil, Tricot)

Ada banyak jenis kain yang kerap digunakan sebagai pakaian, salah satunya furing. Juga sering disebut lining, furing merupakan bahan pelapis berupa kain yang melapisi bahan utama, sebagian maupun seluruhnya.[1] Biasanya dijahit menjadi satu sehingga tidak bisa lepas dari pakaian, kain furing dapat dibeli per potong atau per meter dengan harga yang terjangkau.

Seperti yang kita ketahui, tekstil merupakan salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan. Ini dapat digunakan baik untuk tujuan fungsional maupun estetika atau dekorasi. tekstil pun tidak stagnan, berkembang sesuai dengan zaman. Seseorang sering dikatakan rapi dan elok ketika ia berbusana sesuai dengan usia, keadaan tubuh, dan situasi mode yang sedang berkembang atau sesuai tren.

Bacaan Lainnya

Untuk kebutuhan pakaian ini, tentu saja dibutuhkan bahan yang bernama kain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kain adalah yang ditenun dari benang kapas, sutra, atau sintetis. Kain juga dapat dikatakan sebagai hasil tenunan yang digunakan dalam upacara adat, seringkali sinonim pada dodot.

Harga Furing (tissura.com)
Harga Furing (tissura.com)

Apa Itu Furing?

Dalam tekstil, kain hadir dalam berbagai jenis, bentuk, dan fungsi, salah satunya kain furing. Kerap juga disebut lining, furing merupakan selembar kain tambahan yang umum dipakai sebagai pelapis pakan bagian dalam. Kain ini bisa dijahit menjadi satu dengan pakaian tersebut dan bersentuhan dengan kulit pengguna.

Umumnya, kain furing ini digunakan untuk melapisi pakaian dengan karakteristik bahan kain tipis dan cenderung menerawang. Dengan penambahan lining, diharapkan pakaian bisa menjadi lebih tebal dan tidak menerawang sehingga pemakai lebih nyaman. Furing juga kerap dipakai sebagai bahan pembuat vest. Vest adalah pelengkap pemakaian jas, dikenakan sebelum jas atau setelah pemakaian kemeja.[2]

Fungsi Furing pada Pakaian

  • Seperti diulas sebelumnya, tujuan utama penggunaan furing adalah memberikan efek lebih tebal pada busana agar tidak tampak menerawang.
  • Furing juga bisa dipakai untuk menciptakan kesan rapi pada bentuk dan tampilan sebuah busana.
  • Furing bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan lekuk tubuh, khususnya apabila bahan utama yang digunakan untuk membuat pakaian mudah menempel di kulit.
  • Furing mampu mengurangi gesekan langsung antara bahan utama pakaian dengan kulit sehingga usia busana menjadi lebih panjang alias awet.
  • Furing memiliki efek licin dan lembut sehingga memudahkan pengguna dalam memakai dan melepas sebuah pakaian.
  • Furing juga dapat digunakan untuk menambah rasa hangat pada jenis pakaian tertentu. Sementara itu, untuk pakaian dengan karakteristik panas, furing bisa dimanfaatkan untuk memberikan efek lebih adem sehingga busana tetap terasa nyaman ketika dikenakan.

Tidak hanya untuk pakaian, seiring waktu, kain lining juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Kain ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat aksesori seperti topi atau wadah seperti tas dan koper. Banyak barang dari kain lainnya yang juga ditambahkan kain furing untuk menutupi jahitan di bagian dalamnya.

Jenis Furing

  • Kain errow atau hero, merupakan salah jenis kain yang paling terkenal dan paling sering dipakai sebagai kain pelapis karena punya karakter sangat lembut, nyaman di kulit, dan tidak menyerap keringat.
  • Kain asahi, adalah bahan kain sintetis yang dibuat dengan cara ditenun dengan teknik silang polos. Karena mengandung polyester, harganya di pasaran lebih mudah dibandingkan kain errow.
  • Kain dormeuil, merupakan kain pelapis yang sering dimanfaatkan untuk jas dan jaket.
  • Kain tricot, adalah jenis furing yang telah dilengkapi lem khusus, punya karakteristik berserat seperti jaring-jaring rapat, dan mudah dipasang pada bahan kain dengan cara disetrika.
Harga Kain Furing (lulucustom.com)
Harga Kain Furing (lulucustom.com)

Apabila Anda membutuhkan kain furing, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko kain terdekat di daerah Anda. Selain itu, banyak pula pedagang yang menawarkannya lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru kisaran harga furing per meter.

Harga Furing

Varian Furing Harga
Furing Asahi Tajima Rp9.500 per meter
Furing Polos Rp9.900 per meter
Furing Tricot Rp11.000 per meter
Furing Abutai Rp11.500 per meter
Furing Asahi Rp13.250 per meter
Furing Hero Rp16.500 per meter
Furing Dormeuil Rp18.500 – Rp23.000 per meter

Informasi harga kain furing meteran di atas kami kutip dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko kain dan beberapa situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga kain furing tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

[1] Fatimah, Siti dan Ratna Suhartini. 2014. Perbandingan Hasil Jadi Vest dengan Kerah Setali Antara Jenis Ketebalan Lining Taffeta. E-Journal Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Edisi Yudisium Agustus 2014: 87-93.

[2] Ibid.

Pos terkait