Info Terbaru Harga Jual-Beli Iguana Jantan dan Betina 2017

Saat ini, mulai menggemari hewan yang bisa dibilang tidak umum. Selain kucing, anjing, ikan, kelinci masyarakat juga senang memelihara hewan reptil. Salah satunya adalah .

Iguana merupakan hewan sejenis kadal yang awalnya di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Binatang ini pertama kali disebutkan oleh seorang naturalis berkebangsaan Austria bernama Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768.

Green Iguana - (Sumber: costarica.com)

Green Iguana - (Sumber: costarica.com)

Nama iguana dipercaya berasal dari iguanidae, yang berarti keluarga kadal. Secara alami, hewan tersebut hidup di pepohonan dan daerah berbatu atau gurun. Iguana dinilai mampu hidup kurang lebih 20 tahun lamanya.

Ada beberapa jenis iguana yang bisa ditemukan. Beberapa jenis tersebut secara umum memiliki ciri-ciri hampir sama. Tetapi, jika Anda melihatnya dengan jeli akan nampak perbedaannya seperti apa.

Selain iguana hijau yang populer, ada beberapa jenis iguana lainnya, yaitu:

  • Iguana gurun (dipsosaurus). Hewan ini tidak berukuran raksasa, melainkan berukuran kecil. Hewan tersebut ini memiliki habitat di sekitar gurun pasir atau bebatuan, persis seperti namanya. Iguana gurun sebagian besar merupakan hewan herbivora. Mereka memakan tunas, buah-buahan dan daun-daunan dari pohon atau rerumputan. Mereka sangat suka dengan bunga kuning dari semak creosote.
  • Iguana ekor berduri (Ctenosaura). Hewan ini terbilang mudah untuk dicirikan. Ciri mencolok dari jenis ini adalah adanya duri-duri di sekujur tubuhnya, terutama di bagian ekor, sehingga iguana ini dikenal dengan nama iguana ekor berduri. Spesies ini termasuk iguana berukuran besar. Terdapat beberapa untuk hewan ini, ukurannya bisa mencapai (panjang total termasuk ekor) dari 12,5 cm hingga lebih dari 1 meter. Ctenosaura umumnya tergolong hewan omnivora, yang makan buah-buahan, bunga, dedaunan dan binatang kecil.
  • Iguana berpelindung kepala (Lemanctus). Iguana ini dapat dikenal dengan adanya benjolan (pelindung kepala) yang ada di kepala bagian belakang. Jenis ini berukuran tidak terlalu besar.
  • Iguana berhelm (Corytophanes). Jenis ini juga memiliki ciri adanya pelindung kepala seperti helm. Bedanya, pelindung kepala pada jenis ini berukuran lebih besar dibandingkan dengan Laemanctus.
  • Iguana batu dan badak (Cyclura). Jenis ini termasuk dalam ukuran iguana jumbo (besar). Hewan ini mengkonsumsi daun, bunga, dan buah-buahan dari spesies yang berbeda.
  • Iguana Madagaskar (Chalaradon). Jenis satu ini memang berasal dari Madagaskar. Chalaradon ada yang berukuran kecil dan sedang. Iguana ini tinggal di bebatuan dan tanah berpasir. Selain serangga, kadang-kadang mereka juga memakan tanaman, terutama dalam bentuk daun dan akar.

Hewan iguana ada yang berjenis kelamin jantan, dan ada pula yang betina. Untuk dapat membedakannya, ada beberapa hal yang mungkin bisa diamati sebagai perbedaan keduanya, yaitu:

  • Postur tubuh iguana jantan lebih besar daripada iguana betina
  • Iguana jantan memiliki duri dan gelambir yang lebih panjang daripada iguana betina
  • Iguana jantan memiliki leher dan ukuran punggung lebih besar dibanding iguana betina
  • Iguana jantan memiliki warna tubuh yang lebih mencolok dibanding iguana betina
  • Iguana jantan memiliki pori-pori yang menonjol di bagian bawah pangkal paha, sedangkan iguana betina tidak memilikinya
  • Iguana jantan suka menganggukkan kepalanya, sementara iguana betina tidak suka melakukannya
  • Iguana jantan memiliki circular shield lebih besar dibanding circular shield pada iguana betina
  • Iguana memiliki pipi yang menggembung lebih besar dibandingkan dengan iguana betina

Setelah mengetahui jenis-jenis iguana beserta cara membedakan antara yang jantan dengan betina, kini akan disediakan tabel mengenai hewan iguana, baik jantan ataupun betina.

Baca juga  Harga Slot Kunci Cap Kuda, Jadul dan Tahan Lama

Daftar Jual Beli Iguana Jantan dan Betina 2017

Nama Hewan Lokasi Harga (Rp)
Green Iguana Baby Malang 350.000
Iguana Colombia betina (70cm) Surabaya 600.000-750.000
Green Iguana Bandung 800.000
Iguana Betina Indukan Super Red vs Colombia Depok 900.000
Red Iguana Colombia (55cm) Surabaya 950.000
Green Iguana Colombia Jantan Kab. Batubara 1.000.000
Iguana Red Mix Green Colombia Semarang 1.000.000
Iguana Elsalvador Jantan Depok 1.100.000
Iguana Full Red Tangerang 1.200.000
Iguana Greensdragoon Jakarta Timur 1.300.000
Iguana Blue (Axanthic) Depok 3.500.000
Iguana Colombia Jumbo Sidoarjo 5.000.000

Dalam memelihara iguana, kandang tempat memeliharanya sebaiknya diberi penerangan dengan lampu khusus reptil. Anda dapat menggunakan terrarium sebagai kandangnya. Sediakan juga tempat untuk bersembunyi serta aksesoris lainnya. Air minum hendaknya selalu tersedia di pojok kandang. Selain itu, sebaiknya hindarkan iguana dari kandang yang berupa kawat agar kuku iguana tidak patah.

Iguana Blue (Axanthic) - (Sumber: pinterest.com)

Iguana Blue (Axanthic) - (Sumber: pinterest.com)

Untuk makanannya, iguana adalah hewan herbivora (pemakan tumbuh-). Iguana mungkin sesekali menggigit tangan pemeliharanya. Hal ini dikarenakan hewan tersebut merasa terancam, ingin bercanda, atau merasa gelisah.

Jenis-jenis yang dapat diberikan bagi iguana antara lain kacang hijau, labu, wortel, selada air, ketela, lobak hijau, dan pisang. iguana dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu yang harus diberikan secara teratur, yang hanya perlu diberikan sesekali, dan yang tidak disarankan untuk diberikan.

Baca juga  Harga Lem Fox di Pasaran (Beragam Kemasan)

Makanan yang tidak disarankan adalah daging atau produk hewani lainnya (daging, cacing, serangga, susu, telur). Iguana mungkin tidak akan menolak saat diberikan makanan tersebut. Tetapi, sebaiknya jangan dibiasakan. Protein hewani justru dinilai tidak baik untuk iguana. Hewan ini tetap memerlukan protein, tetapi protein nabati.

Untuk jenis makanan yang sebaiknya diberikan sesekali saja antara lain bayam, seledri, brokoli, dan tahu. Sedangkan untuk pemberian makanan yang disarankan diberikan kepada iguana, sebagian besar sama seperti yang telah disebutkan di atas (labu, wortel, selada air, dan lain-lain).

 

loading...

Leave a reply "Info Terbaru Harga Jual-Beli Iguana Jantan dan Betina 2017"