Harga Internet Dedicated 1 Gbps (Instalasi dan Bulanan)

Seperti diketahui, internet sekarang tidak cuma dibutuhkan untuk perumahan. Gedung-gedung perkantoran, pabrik, atau area co-working space juga memerlukan akses internet untuk berbagai kebutuhan. Berbeda dengan di rumah, kebutuhan internet untuk bisnis bisanya memang lebih besar dan membutuhkan akses lebih cepat. Karena itu, banyak provider yang merilis produk internet dedicated yang dikatakan bisa mencapai kecepatan hingga 1 Gbps. Dengan kecepatannya tersebut, harga paket internet dedicated ini juga lebih mahal dibandingkan internet rumahan.

Ilustrasi: jaringan internet (sumber: mozo.com)
Ilustrasi: jaringan internet (sumber: mozo.com)

Pengertian Internet

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan internet, terutama di dunia yang semakin serba digital seperti sekarang. Secara sederhana, internet adalah salah satu bentuk media komunikasi dan informasi interaktif, berwujud jaringan komputer yang terhubung ke seluruh dunia, digunakan untuk mengirimkan informasi antar-komputer di seluruh dunia.[1]

Bacaan Lainnya

Ada banyak cara untuk mengakses internet, dan salah satu yang sekarang sedang populer adalah Wifi. Biasa pula ditulis Wi-Fi, Wifi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yang merupakan media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer dan data dengan kemampuan yang diklaim sangat cepat.[2]

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan Wifi, terutama untuk mendukung kegiatan manusia. Jaringan wireless lebih bersifat mobile, memungkinkan Anda mengakses resource dari mana saja dan dapat dilakukan secara berpindah-pindah, sehingga terhindar dari masalah yang ditimbulkan kabel.[3] Perangkat Wifi sekarang juga sudah relatif murah dan cepat, sehingga bisa mengimbangi atau menyaingi kemampuan teknologi kabel.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Langganan dan Harga Paket Isi Ulang Hinet

Apa Itu Internet Dedicated?

Seperti disinggung di atas, internet tidak cuma dibutuhkan perorangan di rumah, melainkan juga untuk keperluan bisnis. Awalnya dipakai untuk menyebarkan dan bertukar informasi, penggunaan internet dalam bisnis berubah fungsi dari sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti pemasaran, penjualan, dan pelayanan peningkatan pelanggan.[4]

Karena keperluannya lebih banyak, maka kebutuhan jaringan internet untuk perusahaan pun otomatis juga lebih besar dibandingkan layanan di rumah. Karena itu, perusahaan, terutama perusahaan besar, juga harus menyediakan layanan internet yang punya koneksi dengan kecepatan tinggi. Untuk keperluan tersebut, akhirnya muncul apa yang dinamakan internet dedicated.

Internet dedicated, atau bisa dibalik dedicated internet, adalah jaringan koneksi internet yang umumnya digunakan untuk bisnis, seperti untuk gedung perkantoran maupun co-working space. Produk ini biasanya menawarkan bandwidth yang didedikasikan untuk pengguna, dengan koneksi dan performance bisa dipakai pengguna secara penuh. Misalnya, apabila terjadi penggunaan internet yang ‘berat’, maka pengguna yang memakai internet dedicated tidak mengalami penurunan kecepatan dan performa.

Baca juga  Update Harga Paket Smartfren MiFi Unlimited

Yang paling utama pada internet dedicated adalah memiliki kecepatan upload dan download yang sama, yaitu dengan rasio 1:1. Jadi, jika kecepatan upload internet Anda lebih lambat dari kecepatan download, maka itu tidak bisa disebut dedicated internet. Selain itu, internet dedicated juga tidak bisa dibandingkan atau disamakan dengan mobile internet 3G/4G karena memiliki stabilitas yang tinggi, terutama bila menggunakan infrastruktur fiber optic yang kebal terhadap gangguan dan cuaca.

Internet dedicated juga sangat berbeda dengan internet broadband. Internet broadband adalah koneksi internet yang biasanya digunakan di rumah. Kecepatan dan performance-nya dibagi ke setiap pengguna atau perangkat. Jika penggunaan internet ini ‘ringan’, maka pengguna akan merasakan kecepatan dan performance yang lebih cepat. Sebaliknya, jika masing-masing pengguna melakukan aktivitas yang ‘berat’, maka kecepatan internetnya pun akan berkurang. Biasanya, internet broadband ini direkomendasikan untuk rumah, apartemen, atau usaha kecil dengan penggunaan internet yang terbatas.

Ilustrasi: aktivitas kantor dengan akses internet (sumber: voonami.com)
Ilustrasi: aktivitas kantor dengan akses internet (sumber: voonami.com)

Saat ini, sudah banyak provider yang menawarkan paket internet dedicated yang cocok Anda pasang di kantor atau perusahaan Anda. Kecepatan yang ditawarkan bervariasi, bahkan ada yang mencapai 1 Gbps. Jika penasaran, berikut kisaran harga internet dedicated dengan kecepatan 1 Gbps yang dapat Anda jadikan referensi sebelum berlangganan.

Baca juga  Tarif Tol Surabaya-Jombang Terbaru (via Surabaya-Mojokerto dan Mojokerto-Jombang)

Harga Internet Dedicated 1 Gbps

Provider Harga
Jinix Instalasi : Mulai Rp100.000
Kontrak 1 tahun : Rp23.000.000 bulan
Kontrak 3 tahun : Rp29.000.000 bulan
Sandya Network Jabodebek : Rp20.000.000 bulan
Jawa & Bali: Rp27.000.000 – Rp35.000.000 bulan
RST Net Smart Bisnis : Rp30.000.000 bulan
Smart Bisnis Hebat : Rp39.000.000 bulan
Smart Bisnis Platinum : Rp75.000.000 bulan
Java Digital Nusantara Instalasi : Rp5.000.000
Biaya bulanan : Rp64.500.000 bulan

Informasi harga paket internet dedicated di atas kami kutip langsung dari situs dan akun resmi masing-masing provider. Perlu Anda ingat bahwa harga paket internet dedicated tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harganya juga kemungkinan berbeda di provider yang lain.

[1] Krisianto, Andy. 2014. Internet untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, hlm. 1.

[2] Karim, Rahmatia, Stevi S. Sumendap, F .V .I. A Koagouw. 2016. Pentingnya Penggunaan Jaringan Wi-Fi dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan. E-Journal Acta Diurna, Vol. V(2).

[3] Arifin, Z. 2008. Sistem Pengamanan Wireless LAN Berbasis pada Protokol 802.IX & Sertifikat. Yogyakarta: Penerbit Andi.

[4] Yuliana, Oviliani Yenty. 2000. Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi & Keuangan Universitas Kristen Petra, Vol. 2(1): 36-52.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *