Rute, Jadwal dan Harga Tiket Kereta Panoramic

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan kereta api kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, sleeper, dan wisata. Lalu, bagaimana dengan kereta panoramic? Ini adalah inovasi terbaru dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang pertama kali dirilis menjelang tutup tahun 2022, menawarkan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama dan dikatakan yang pertama kalinya ada di Indonesia. Untuk tahap awal, kereta api ini melayani rute Jakarta menuju Yogyakarta atau sebaliknya dengan harga tiket yang memang dapat dikatakan lumayan mahal.

Kereta Panoramic (sumber: okezone)
Kereta Panoramic (sumber: okezone)

Moda transportasi yang tersedia di Indonesia sudah sangat beragam. Pesawat udara misalnya, menawarkan perjalanan yang lebih singkat dan nyaman. Namun, dalam perkembangannya, tidak selamanya calon penumpang menjadikan pesawat udara sebagai pilihan utama mereka, disebabkan antara lain kenyamanan dan privasi budget airline yang sangat kurang, lokasi bandara yang belum merata, serta harga tiket yang masih relatif mahal.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, untuk alternatif yang lebih terjangkau, banyak yang akhirnya memilih transportasi darat, dan yang sangat populer adalah kereta api. Kereta api merupakan salah satu angkutan massal di darat yang dapat mengangkut barang dan orang. Tidak seperti angkutan darat lainnya seperti mobil dan bus, kereta api berjalan pada jalur khusus yang disebut rel, yang berfungsi sebagai pijakan roda kereta api menggelinding dan untuk meneruskan beban dari roda kereta api pada bantalan.[2]

Di Indonesia, sekarang moda transportasi kereta api dioperasikan oleh PT KAI (dulu dikenal dengan nama PJKA). Moda transportasi kereta api ini biasanya dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas eksekutif, kelas bisnis, dan kelas ekonomi. Meski sekarang semua kelas tersebut telah dilengkapi dengan AC, tetapi fasilitas lain yang ditawarkan kelas eksekutif lebih mentereng sehingga harga tiket kereta jenis ini pun terbilang lebih mahal.

Selain tiga kelas yang sudah disebutkan di atas, kereta api di Indonesia sekarang juga menyediakan kelas priority (satu tingkat di atas kelas eksekutif) serta sleeper train (luxury train) yang diklaim sebagai kereta api paling mewah, setidaknya hingga detik ini. Ada pula kereta wisata, yang seperti namanya, ditujukan khusus kebutuhan wisata.

Apa Itu Kereta Panoramic?

PT KAI sebagai terus meningkatkan layanan mereka guna lebih memuaskan perjalanan pelanggan dan masyarakat pada umumnya. Pada momen Natal 2022, perseroan resmi merilis kereta panoramic, yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Dibandingkan kereta api kelas lainnya, tipe ini menawarkan sesuatu yang ‘berbeda’ yang diklaim akan membuat pengalaman perjalanan menjadi lebih berkesan.

Dilansir dari website resmi PT KAI, kereta panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan. Kereta panoramic merupakan kereta inovasi PT KAI yang memiliki berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

Tak hanya itu, fasilitas pada kereta panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus di ujung kereta. Pelanggan kereta panoramic juga mendapat layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma.

Untuk tahap awal, kereta panoramic ini dirangkaikan pada KA Taksaka Tambahan yang melayani relasi Jakarta-Yogyakarta PP melalui Stasiun Gambir. Pada setiap perjalanan KA Taksaka Tambahan tersebut, PT KAI akan mengoperasikan satu kereta​ ​panoramic dengan kapasitas 46 tempat duduk.

Rute dan Jadwal Kereta Panoramic

  • KA 7011C berangkat dari Yogyakarta pukul 21.40 WIB, dan tiba di Gambir pukul 05.33 WIB.
  • KA 7012C berangkat dari Gambir pukul 10.40 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 18.39 WIB.
  • KA 7025B berangkat dari Yogyakarta pukul 12.00 WIB dan tiba di Gambir pukul 19.30 WIB.
  • KA 7026B berangkat dari Gambir pukul 23.45 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 07.50 WIB.

Harga Tiket Kereta Panoramic

Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan calon penumpang untuk naik kereta panoramic tersebut? Saat pertama kali diluncurkan, PT KAI menawarkan harga promo sebesar Rp750 ribu per seat sekali perjalanan. Sementara itu, ketika tidak ada promo, seperti yang tertera pada aplikasi KAI Access, harga tiket panoramic sebesar Rp1 juta per seat sekali perjalanan. Selain lewat KAI Access, reservasi tiket dapat dilakukan melalui laman KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

[1] Wicaksono, Joko dan Andhika Estiyono. 2017. Desain Interior Kereta Api Eksekutif Plus dengan Menerapkan Tema Interior Clean Design. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 6(2(: 110-113.

[2] Hendrawan, And. 2018. Prasarana Kereta Api. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

 

Interior kereta Panoramic (sumber: kompas)
Interior kereta Panoramic (sumber: kompas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *