Info Terbaru Tarif Berlangganan YouTube Premium (Individual, Family, dan Student)

YouTube adalah situs berbagi video yang populer di dunia. Di YouTube Anda bisa menonton berbagai video dari content creator kreatif di dari berbagai penjuru negara. Namun, untuk menikmati tayangan video-video di YouTube tanpa jeda iklan, Anda perlu YouTube Premium dengan tarif yang bervariasi.

Youtube Premium
Youtube Premium

YouTube Premium adalah layanan yang bisa dimiliki oleh penonton yang rela membayar uang tertentu demi mendapatkan video yang berkualitas baik. Berikut keuntungan langganan YouTube Premium.

Bacaan Lainnya

Keunggulan Langganan YouTube Premium

  • Video tanpa dilengkapi iklan,
  • Video bisa didownload, dan
  • Video bisa ditonton secara offline.[1]

Layanan YouTube Premium sendiri baru diluncurkan di negara Indonesia pada tahun 2019 lalu. Setidaknya ada tiga pilihan paket membership (keanggotaan) yang ditawarkan oleh YouTube. Berikut daftar tarif YouTube Premium di Indonesia.

Youtube Premium (sumber: cnet.com)
Youtube Premium (sumber: cnet.com)

Harga YouTube Premium

Kategori YouTube Premium Tarif
YouTube Premium Student Rp34.990 per bulan (1 bulan free trial)
YouTube Premium Individu Rp59.000 per bulan (1 bulan free trial)
YouTube Premium Family Rp89.000 per bulan (1 bulan free trial)
Baca juga  Info Tarif Nelpon dan SMS Indosat Ooredoo Hutchison Terkini

Keterangan:

  • YouTube Premium membership dapat dibatalkan kapan saja.
  • Pihak YouTube akan mengingatkan Anda 7 hari sebelum masa trial berakhir.
  • YouTube Premium Family memungkinkan Anda untuk menambah hingga 5 anggota keluarga ( di atas 13 tahun) ke dalam paket keanggotaan.
  • YouTube Premium Student hanya untuk pelajar yang memenuhi syarat dan memerlukan verifikasi tahunan.

Biaya YouTube Premium tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Meskipun begitu, tarif YouTube Premium tahun 2022 masih sama seperti tahun 2020 dan 2021.

Keuntungan YouTube Premium

  • Video bebas iklan: Tonton jutaan video tanpa gangguan iklan.
  • Unduh video untuk ditonton secara offline: Simpan video dan daftar putar di perangkat seluler dan putar secara offline.
  • Putar di latar belakang (play in the background): Terus memutar video saat menggunakan aplikasi lain atau saat layar Anda mati.
  • Jelajahi dunia musik dengan mudah menggunakan aplikasi YouTube Music yang baru dan lebih baik.
  • Musik bebas iklan: Dengarkan jutaan lagu tanpa gangguan iklan.
  • Mendownload musik untuk didengarkan secara offline: Simpan musik dan playlist di aplikasi YouTube Music dan dengarkan secara offline.
  • Putar di latar belakang: Terus putar musik saat menggunakan aplikasi lain atau saat layar mati.
  • Pemutaran bebas iklan dan offline di aplikasi YouTube Kids.
  • Konten YouTube Originals. YouTube juga mempunyai konten eksklusif yang dinamai YouTube Originals. Untuk dapat menontonnya, Anda harus YouTube Premium.
Baca juga  Update Tarif GrabCar di Jogja
Akses Youtube Premium
Akses Youtube Premium

Cara YouTube Premium

  1. Kunjungi laman www.youtube.com/premium
  2. Klik tombol “TRY IT FREE”
  3. Masuk ke layanan dengan akun yang ingin didaftarkan menggunakan email dan password.
  4. Klik “TRY IT FREE”
  5. Masukkan nomor kartu kredit atau debit sebagai metode pembayaran
  6. Masukkan penagihan
  7. Jika sudah selesai, tekan tombol “BUY”

Nah, khusus untuk Anda yang ingin mendaftar akun YouTube Premium, langkah-langkahnya sama. Namun, nantinya Anda akan diarahkan menuju laman SheerID untuk mengisi identitas pelajar. YouTube Premium akan dapat langsung dipakai jika akun Anda telah terverifikasi. Sayangnya, untuk sementara ini YouTube hanya menerima pembayaran akun YouTube Premium menggunakan kartu kredit saja.

Anda dapat membatalkan keanggotaan Anda dengan mengunjungi halaman Paid Membership. Ini akan mengembalikan akun Anda ke YouTube gratis. Anda dapat bergabung kembali dengan YouTube Premium kapan saja.

Selain membeli secara langsung lewat YouTube, akun YouTube Premium rupanya juga bisa Anda beli lewat sejumlah penyedia jasa yang ada di situs e-commerce. Harga YouTube Premium tahun 2022 cukup terjangkau, mulai dari Rp20 ribu untuk 2 bulan, turun dari tahun 2020 dan 2021 yang dibanderol Rp23 ribu untuk 2 bulan. Ada juga yang menawarkan akun YouTube Premium resmi seharga Rp65 ribu untuk 3 bulan tahun 2022, turun dari Rp79 ribu untuk 3 bulan di tahun 2020 dan 2021.

Baca juga  Pilihan Paket Internet dan Update Harga Paket YouTube AXIS
YouTube Premium (sumber: scoopnest.com)
YouTube Premium (sumber: scoopnest.com)

Jika membeli lewat penyedia jasa semacam itu, biasanya sistem yang digunakan adalah invite grup. Jadi nantinya Anda tinggal mengirimkan akun Gmail yang aktif digunakan untuk akun YouTube, kemudian tunggu selama beberapa menit maka Anda akan menerima invitation (undangan) lewat email tersebut untuk bergabung dengan grup premium sang penyedia jasa. Proses pun selesai dan Anda bisa menikmati akun selayaknya YouTube Premium pada umumnya.

Tapi sebelum memutuskan membeli akun YouTube Premium secara online lewat penyedia jasa, sebaiknya Anda wajib berhati-hati. Pasalnya ada beberapa orang yang menjual dengan harga kelewat murah dan akun YouTube Anda akan di-block setelah beberapa waktu.

[Update: Almas]

[1] Jubilee Enterprise. 2019. Jadi Youtuber (A-Z). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.