Info Manfaat dan Update Harga Kencur di Pasaran

No comment9869 views

Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki rimpang (rhizoma) dan aromanya sangat harum. Kencur yang dalam Bahasa Latin disebut dengan Kaempferia galanga, termasuk ke dalam famili (Zingiberaceae). Famili jahe telah dikenal sejak lama mampu menghasilkan beragam jenis tanaman obat yang sering digunakan di dalam tradisional.

Tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Daerah penyebaran kencur umumnya berada di kawasan Asia, antara lain seperti di negara Indonesia, India, Bangladesh, Tiongkok, dan Jepang. Tumbuhan yang memiliki kulit berwarna kecokelatan dengan bagian dalam berwarna pucat ini diyakini mampu mencegah Anda dari sejumlah penyakit serta meredakan gangguan depresi, stres, maupun cemas.

Ilustrasi: Tanaman Kencur (credit: Healthline)

Ilustrasi: Tanaman Kencur (credit: Healthline)

Kandungan Nutrisi Kencur

  • Kamphane
  • Mengandung zat besi
  • Paraeumarin
  • Asam metal kanil
  • Asam cinnamic
  • Borneol
  • Ethyl aster
  • Mengandung mineral
  • Alkaloid
  • Gom, dan sebagainya

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam kencur, tak heran jika tanaman satu ini kerap diolah menjadi obat atau minuman herbal.

Manfaat Kencur

  • Kandungan yang terdapat dalam kencur diyakini mampu mengencerkan dahak sehingga saluran pernapasan pun menjadi lebih lega. Campurkan parutan kencur dengan segelas air hangat, lalu saring. Tambahkan sedikit garam dan minumkan pada penderita. Minum ramuan ini dua kali sehari setelah bangun tidur dan sebelum tidur.
  • Kencur dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati flu secara alami dengan cara melonggarkan pernapasan dan bertindak sebagai antivirus. Cara pemanfaatannya, ambil rimpang kencur secukupnya dan dua helai daun kemukus. Haluskan kedua bahan dan campur dengan air hangat hingga membentuk pasta. Oleskan pada daerah sekitar hidung. Hidung yang tersumbat akan terasa lebih lega.
  • Sifat antiseptik alami yang terkandung dalam kencur membuatnya cocok dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kencur dikenal berkhasiat untuk menjadikan kulit lebih halus sehingga sering digunakan sebagai bahan baku lulur tradisional. Campuran kencur dan beras dipercaya efektif melembutkan kulit dan mencegah munculnya jerawat pada wajah. Konsumsi jamu tradisional dari bahan kencur juga membantu menjaga berat badan dan membuat kulit menjadi lebih bersih.
  • Diare dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pada makanan. Nah, kencur dapat diolah menjadi obat pereda diare yang ampuh. Caranya cukup mudah, haluskan dua siung bawang merah bersama dua rimpang kencur. Bungkus ramuan dengan daun pisang, lalu panaskan dengan api kecil di atas wajan tanah selama beberapa saat. Gunakan ramuan sebagai balsam untuk meredakan rasa sakit perut. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi obat diare sesuai anjuran dokter.
  • Sakit batu ginjal bagi para penderitanya terasa begitu menyiksa. Hal tersebut disebabkan oleh menumpuknya material kristal seperti kalsium, oksalat dan asam urat pada urine. Kencur dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang dapat mengobati sakit batu ginjal. Cara mengobati batu ginjal dengan kencur cukup mudah, ambil dua rimpang kencur lalu dicuci dan diparut, kemudian aduk di dalam segelas air hangat, saring dan berikan sedikit garam. Minum ramuan ini secara rutin hingga batu ginjal keluar.
Irisan kencur (sumber: hellosehat.com)

Irisan kencur (sumber: hellosehat.com)

  • Kencur memiliki sifat hangat alami sehingga bisa melemaskan otot dan urat yang tegang akibat terkilir atau keseleo. Pada zaman dahulu, ketika belum ditemukan pengobatan modern, masyarakat Pulau Jawa menggunakan kencur sebagai obat cedera. Parutan kencur dicampur dengan beras yang telah ditumbuk halus, lalu dibalurkan ke bagian tubuh yang terkilir, tutup dengan perban. Ganti perban dan kencur sehari sekali sampai bagian tubuh yang sakit tersebut terasa lebih baik.
  • Menurut hasil penelitian dari Universitas Chiang Mai, Thailand, kandungan hexane yang terdapat pada kencur ternyata dapat mengusir nyamuk. Meskipun masih jarang obat pengusir nyamuk yang menggunakan bahan baku kencur, Anda dapat mencobanya sendiri di rumah. Siapkan potongan-potongan kencur yang telah dikupas dan letakkan di dekat Anda. Wanginya yang khas tidak hanya mengusir nyamuk, tapi juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang menenangkan.
  • Sakit pada bisa disebabkan oleh asam lambung berlebih, bakteri, dan kombinasi keduanya. Asam lambung mengakibatkan luka pada lambung sehingga mudah terserang bakteri. Kencur dapat meredakan pada lambung dengan cara yang sangat mudah. Cukup mengunyah dua rimpang kencur yang sudah dikupas hingga airnya keluar di dalam mulut. Telan air kencur dan buang sisa ampasnya dari mulut.
  • Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor mengembangkan jamu NutriASI berbahan baku kencur yang dapat melancarkan air susu ibu (ASI). Bagi ibu menyusui, dapat mencoba ramuan kencur sendiri di rumah dengan cara mudah. Anda dapat mengambil kencur seukuran jari kelingking, lalu digeprek. Kemudian siramkanĀ  kencur dengan air panas dan tunggu hingga dingin. Minum ramuan herbal tersebut 2-3 kali seminggu.

Selain dapat melancarkan produksi ASI, ramuan herbal kencur juga dinilai mampu menambah nafsu makan anak yang menyusu serta melindunginya dari flu dan batuk. Jika Anda berminat, berikut informasi lengkap harga kencur saat ini.

Harga Kencur di Pasaran

Varian KencurHarga (Rp)
Kencur Segar Fresh Basah 100 gr15.000
Kencur Koepoe Koepoe 23gr15.000
Kencur Segar 500 gr26.000
Kencur Segar biasa 1 kg50.000
Kencur bubuk/serbuk 1 74.000
Kencur kering iris 1 kilogram88.000
Kencur Segar kualitas super impor 1kg90.000
Kencur kering iris kualitas super per kg130.000
Kencur hitam kering perkilo450.000

Kencur biasanya dijual per gram atau per kilogram (kg). Harga kencur di atas tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019, harga kencur berkisar Rp150 ribuan per kilo hingga Rp200 ribuan per kilo untuk jenis kencur hitam. Sementara, untuk kencur biasa, dijual dengan harga Rp70 ribuan per kilo.

Namun pada 2020, harga tersebut terbilang naik untuk kencur kualitas super yang dibanderol mencapai Rp90 ribuan per kilo. Kencur biasa justru turun harga dibandingkan tahun 2019 menjadi Rp20 ribuan per kg. Memasuki 2021, kencur kembali melejit di pasaran dari harga Rp20 ribuan menjadi Rp50 ribuan. Begitu pula dengan kencur hitam pada tahun 2020 lalu yang dijual hanya berkisar Rp215 ribuan, sekarang mencapai Rp450 ribuan per kilogram.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Harga Alat Fitness Bekas
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat dan Update Harga Kencur di Pasaran"