Keuntungan dan Harga LinkedIn Premium

Bagi Anda yang pernah melamar pekerjaan, pasti tidak asing lagi dengan LinkedIn. Ini adalah sosial dengan jaringan profesional yang diklaim terbesar di dunia, yang memang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan atau tempat magang. Cocok untuk para fresh graduate atau mereka yang ingin mencari pekerjaan yang lebih baik, selain yang gratis, LinkedIn juga memiliki versi premium. Menawarkan banyak , untuk bisa memakai LinkedIn Premium ini, memang ada harga yang harus dibayarkan, rata-rata secara bulanan.

Keuntungan Memakai LinkedIn Premium - (www.dignited.com)
Keuntungan Memakai LinkedIn Premium – (www.dignited.com)

Dulunya, dalam mencari informasi lowongan pekerjaan, biasanya para pencari kerja akan menggunakan cara manual, seperti mendatangi perusahaan untuk melihat pengumuman yang berisi lowongan pekerjaan, melakukan pencarian di media cetak seperti koran dan majalah, atau dengan informasi dari mulut ke mulut.[1] Namun, proses tersebut memiliki banyak kelemahan, termasuk tidak efisien dalam hal waktu dan biaya serta risiko kerusakan dokumen persyaratan lamaran karena sobek atau faktor lainnya.

Bacaan Lainnya

Seiring perkembangan teknologi informasi yang pesat, maka cara manual mencari pekerjaan perlahan ditinggalkan. Saat ini, pelamar pekerjaan sudah bisa berburu lowongan pekerjaan melalui internet. Tidak hanya lewat pengumuman resmi perusahaan di situs pencarian kerja, ketersediaan pekerjaan juga kerap diumumkan melalui media sosial karena lebih cepat tersampaikan. Penelitian telah membuktikan bahwa 50 persen orang setiap hari mendapatkan berita instan melalui saluran media sosial.[2]

Apa Itu LinkedIn?

Nah, salah satu media sosial yang sering dijadikan rujukan untuk mencari pekerjaan adalah LinkedIn. Dilansir dari situs resminya, LinkedIn dikatakan sebagai jaringan profesional terbesar di dunia di internet. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan atau magang yang tepat, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, serta mempelajari keterampilan yang Anda butuhkan untuk sukses dalam karier Anda. Anda dapat mengakses LinkedIn dari desktop, aplikasi seluler LinkedIn, atau pengalaman web seluler.

Masih menurut referensi yang sama, LinkedIn adalah platform bagi siapa saja yang ingin memajukan karier mereka. Hal ini dapat mencakup orang-orang dari berbagai latar belakang profesional, seperti pemilik usaha kecil, pelajar, dan pencari kerja. Anggota dapat menggunakan LinkedIn untuk memanfaatkan jaringan profesional, perusahaan, dan grup di dalam dan di luar industri mereka.

Untuk bisa menggunakan LinkedIn, caranya terbilang simpel. Anda hanya perlu mendaftar dan membuat profil. Profil yang lengkap akan merangkum pengalaman profesional Anda kepada koneksi Anda, perusahaan saat ini dan masa depan, serta pencari karyawan. Melalui profil, Anda dapat menampilkan kehidupan profesional, pencapaian, keterampilan, dan minat Anda.

Jika Anda sedang mencari peluang profesional baru, Anda bisa mulai mencari pekerjaan di LinkedIn. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk meneliti perusahaan dan menjangkau komunitas perekrutan. Anda juga dapat melamar peran secara langsung, menyimpan pencarian pekerjaan, dan memberi tahu koneksi dan perekrut Anda bahwa Anda terbuka untuk peluang kerja.

LinkedIn sebenarnya menawarkan keanggotaan secara gratis bagi siapa saja yang ingin membuat dan memelihara profil profesional secara online. Namun, apabila pengguna ingin meningkatkan ke langganan Premium, mereka akan mendapatkan akses lebih lanjut ke produk atau fitur LinkedIn. Langganan berbayar LinkedIn mencakup produk pemasaran, rekrutmen, penjualan, dan pembelajaran.

Cara Daftar LinkedIn Premium - (glints.com)
Cara Daftar LinkedIn Premium – (glints.com)

Keuntungan LinkedIn Premium

  • LinkedIn Premium dikatakan dapat membantu pengguna dipekerjakan dan maju dalam kehidupan profesional mereka.
  • Sales Navigator bisa membantu pengguna menghasilkan prospek dan membangun klien mereka.
  • Recruiter Lite membantu pengguna menemukan dan merekrut bakat.
  • Bisnis Premium membantu pengguna mendapatkan wawasan bisnis secara terperinci dan mengembangkan bisnis mereka lebih jauh.
  • LinkedIn Learning membantu pengguna meningkatkan keterampilan dan mempelajari keterampilan baru.

Bagi pengguna yang ingin mencoba layanan ini, LinkedIn membuka kesempatan mereka untuk menjajal Premium secara gratis. Caranya, klik Ikon Saya di bagian atas halaman utama LinkedIn. Setelah itu, pilih Pengaturan dan Privasi dari dropdown, kemudian klik Preferensi Akun di panel kiri. Di bawah Langganan dan Pembayaran, klik Ubah di samping Langganan Premium. Pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan peningkatan Anda. Pengguna diharuskan memasukkan nomor kartu kredit untuk mendapatkan uji coba gratis.

Uji coba gratis akan berakhir tepat satu bulan setelah ditukarkan. Ini akan diubah menjadi langganan berbayar dan kartu pengguna akan dikenakan biaya jika pengguna tidak membatalkan uji coba sebelum masa berlakunya habis. Namun apabila tertarik melanjutkan versi ini, sebagai referensi, berikut harga berlangganan LinkedIn Premium.

Harga LinkedIn Premium

Akun Harga Bulanan
LinkedIn Premium Career 29,99 dolar AS
LinkedIn Premium Business 59,99 dolar AS
LinkedIn Sales Navigator 64,99 dolar AS
LinkedIn Recruiter Lite 99,95 dolar AS

Informasi harga LinkedIn Premium di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Saat artikel ini ditayangkan, kurs 1 dolar AS setara dengan Rp15.300. Perlu Anda catat bahwa harga langganan LinkedIn Premium tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Di sejumlah situs e-commerce, juga banyak yang menawarkan LinkedIn Premium Private 1 bulan dengan harga mulai Rp30 ribu sampai Rp40 ribu, sudah termasuk LinkedIn Career, LinkedIn Business, Sales Navigator, dan Recruiter Lite.

[1] Prameswara, Swarry Chalatra & Meliana Christianti J. 2013. Sistem Informasi Lowongan dan Lamaran Pekerjaan Berbasis Web Menggunakan ASP.NET. Jurnal Sistem Informasi Kristen Maranatha, Vol. 8(2): 139-148.

[2] Kusuma, Rr. Chusnu Syarifa Diah. 2020. Dampak Media Sosial dalam Gaya Hidup Sosial (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY). Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, Vol. 17(1): 15-33.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *