Update Harga Incidal OD Tablet dan Syrup, Obat untuk Alergi

Gejala alergi, seperti bersin-bersin, gatal-gatal, pilek, atau mata berair, meski mungkin tidak terlalu berbahaya, namun dapat membuat tidak nyaman. Untungnya, saat ini sudah ada banyak obat di sana yang dapat dikonsumsi untuk meredakan keadaan ini. Nah, salah satunya adalah Incidal OD yang tersedia dalam kemasan kapsul dan sirup, dengan harga yang bisa dikatakan masih akal.

Bagi sebagian besar dari Anda, pasti sudah tidak lagi dengan alergi. Dilansir dari Alodokter.com, ini dikatakan sebagai reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda atau sesuatu, yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi di tubuh orang lain. Nah, reaksi tersebut dapat muncul dalam bentuk pilek, ruam kulit yang gatal, bahkan hingga sesak napas.

Ilustrasi: Pria Terserang Alergi (credit: hudsonvalleysinuscenter)

Ilustrasi: Pria Terserang Alergi (credit: hudsonvalleysinuscenter)

Pada dasarnya, tubuh kita memiliki imunitas ilmiah yang bersifat non-. Imunitas ini adalah sistem imunitas humoral yang secara aktif diperankan oleh sel limfosit B, yang memproduksi lima macam immunoglobulin, yakni IgG, IgA, IgM, IgD, dan IgE. Jika suatu alergen masuk ke tubuh, maka tubuh akan mengadakan respon. Apabila alergen tersebut hancur, maka ini menguntungkan. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, itulah yang disebut dengan alergi.[1]

Baca juga  Update Biaya dan Syarat Buka Rekening BRI Syariah (Bank Syariah Indonesia)

Ada banyak penyebab alergi, namun salah satu yang dianggap cukup berbahaya adalah alergi obat. Seperti diketahui, semua obat dapat menimbulkan efek samping, dan beberapa di antaranya dapat menimbulkan alergi. Di Inggris, dilaporkan terdapat 62 ribu pasien yang dirawat inap karena alergi obat antara tahun 1996 hingga 2000, sedangkan studi pada tahun 2008 di Thailand menyebutkan bahwa obat anti-mikroba merupakan penyebab utama alergi obat.[2]

Selain itu, rinitis alergi, yang umumnya dianggap ringan, jika tidak ditangani dengan baik, juga dapat mengakibatkan berbagai komplikasi, salah satunya rinosinusitis. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko rinitis alergi ini antara lain pemakaian yang terlalu sering, memiliki hewan peliharaan, dan lingkungan paparan asap rokok.[3]

Untuk mendiagnosis alergi, biasanya dokter akan menanyakan gejala yang muncul dan aktivitas yang dilakukan pasien sebelum munculnya gejala tersebut, serta melakukan pemeriksaan fisik. Jika pemicu alergi sudah diketahui, penderita dapat menghindari kontak dengan alergen. Sementara, untuk meredakan gejala alergi yang muncul, akan diresepkan obat anti-alergi, seperti antihistamin dan kortikosteroid.

Kemasan Incidal tablet OD (sumber: shopee.co.id)

Kemasan Incidal tablet OD (sumber: shopee.co.id)

Indikasi dan Aturan Minum Incidal OD

Salah satu merk obat antihistamin yang diklaim dapat membantu Anda untuk meredakan gejala alergi adalah Incidal OD. Obat ini hadir dengan kandungan bahan aktif cetirizine dihydrochloride yang berfungsi untuk meredakan gejala alergi, seperti bersin, gatal-gatal, pilek, atau mata berair. Obat ini seharusnya hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Lasik Mata di Sejumlah Klinik Mata & Rumah Sakit di Indonesia

Untuk Anda yang berniat mengonsumsi obat ini, sebaiknya mengonsumsi sesuai dengan aturan pakai atau anjuran dokter. Incidal OD dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Untuk yang berbentuk sirup, bisa menggunakan gelas atau sendok ukur agar sesuai dengan dosis yang dianjurkan, dan hindari menggunakan sendok makan biasa.

Bila Anda lupa minum obat, segera minum. Namun, bila sudah dekat dengan waktu untuk dosis berikutnya, abaikan dan jangan menggandakan dosis. Incidal OD bentuk kapsul dapat disimpan pada suhu ruangan, sedangkan bentuk sirup harus disimpan di lemari pendingin. Jika gejala alergi tidak membaik setelah mengonsumsi Incidal OD, konsultasikan kembali dengan dokter Anda.

Dosis Incidal OD

Dosis bagi orang dewasa dan anak usia 6 tahun ke atas adalah 10 mg sekali sehari, atau 5 mg dua kali sehari (1 tablet per hari). Sementara, bagi orang lanjut usia, dosis Incidal OD yang dianjurkan adalah 5 mg sekali sehari. Adapun dosis bagi anak usia 2 hingga 5 tahun, dapat diberikan 5 mg sekali sehari atau 2,5 mg dua kali sehari.

Baca juga  Info Cara Pemakaian & Harga Obat Cuci Mata Rohto Eye Flush

Harga Incidal OD

Varian Incidal ODHarga (Rp)
Incidal OD tablet4.682 per tablet
Incidal OD tablet48.000 per box
Incidal OD syrup53.378 per botol

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga obat Incidal OD mengalami perubahan harga pada 2021. Misalnya, untuk Incidal OD sirup yang semula dijual seharga Rp56.600, sekarang menjadi Rp53.378  per botol. Sedangkan, untuk Incidal OD tablet terbilang tetap dengan harga mulai Rp48 ribu per box isi 10 tablet. Tidak sulit mendapatkan Incidal OD karena obat ini sudah tersedia secara luas di berbagai apotek, toko obat, bahkan via situs jual beli online.

[Update: Ditta]

[1] Riwayati. 2015. Reaksi Hipersensitivitas atau Alergi. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, Vol. 13(2): 22-27.

[2] Pandapotan, Roy Akur dan Iris Rengganis. 2016. Pendekatan Diagnosis dan Tata Laksana Alergi Obat. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 3(1): 45-52.

[3] Sibuea, Susan Megawati. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Rinosinusitis pada Penderita Rinitis Alergi. Jurnal Medika Muda Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Incidal OD Tablet dan Syrup, Obat untuk Alergi"