Keunikan dan Harga Tahu Susu Lembang

Tahu sudah populer menjadi camilan semua kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa. Ada banyak varian tahu dan tahu susu adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk tahu yang terbuat dari susu. Selain karena rasanya yang nikmat, tahu susu banyak diminati karena harga jualnya relatif terjangkau.

Tahu susu lembang (sumber: qraved)
Tahu susu lembang (sumber: qraved)

Seperti produk olahan susu lainnya, tahu susu memiliki beragam manfaat antara lain sebagai sumber kalsium, protein, lemak, dan berbagai vitamin seperti vitamin A dan C. Tahu susu dapat menjadi sumber protein dan kalsium bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tahu susu juga dapat menjadi salah satu lauk makanan pendamping ASI yang bergizi tinggi dikarenakan teksturnya yang lebih kenyal dibandingkan tahu dari kedelai pada umumnya.[1]

Bacaan Lainnya

Setidaknya ada dua tahu susu yang terkenal, yaitu Tahu Susu Lembang dan tahu susu Boyolali. Tahu Susu Lembang berkembang pada tahun 2008 di daerah Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Produk tersebut menggunakan susu sapi murni sebagai campuran dalam pembuatan tahu kedelai. Sementara itu, tahu susu Boyolali berkembang pada tahun 2016, tetapi sebenarnya telah ditemukan pada 2009 menggunakan susu sapi murni untuk membuat tahu sepenuhnya.[2] Karena populer lebih dulu, tak heran jika Tahu Susu Lembang

Baca juga  Info Harga dan Komposisi Biskuit Bayi Heinz Farley Terkini

sudah banyak dikenal di tengah masyarakat, bahkan wisatawan luar Jawa Barat.

Profil Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang dikenalkan oleh salah seorang pengusaha rumah makan di Bandung bernama Perry Tristianto pada 2008. Tertarik untuk mengembangkan makanan tahu, hal pertama yang dilakukan oleh Perry adalah mencari berbagai campuran tahu dengan bahan yang mudah ditemukan. Setelah mencari, memilah, dan memilih bahan, akhirnya Perry pun mengolah susu sapi karena termasuk salah satu produk terkenal di Lembang.

Setelah beberapa kali mengalami uji coba, dibuka sebuah usaha Tahu Susu Lembang (TSL) pada 22 Desember 2008. Walaupun dicampur dengan susu, bahan utama dari TSL ini tentunya masih tetap kacang kedelai. Keduanya diolah menjadi satu bersama dengan mentega, sehingga dapat menghasilkan susu yang mempunyai tekstur lebih halus dan juga lembut, serta memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Keunikan Tahu Susu Lembang

Selain rasanya yang lezat, TSL juga menawarkan konsep lapak dan cara transaksi yang unik. Saat Anda memasuki kawasan TSL, Anda akan disambut layaknya sedang memasuki area SPBU dengan tulisan POM Tahu. Setelah diamati, ternyata itu drive thru TSL yang sengaja dibuat menyerupai sebuah SPBU. Sementara itu, maksud dari nama POM Tahu tersebut sebenarnya adalah kepanjangan dari Pusat Orang Makan Tahu.

Baca juga  Info Cara Membuat & Update Harga Macaroni Schotel

Lokasi TSL berada di Jl. Raya Lembang Bandung No. 177, Jayagiri, Kec. Lembang dengan luas sekitar 2 hektar. Awalnya, lokasi ini merupakan sebuah kandang kuda. Namun, oleh pemilik usaha disulap menjadi TSL yang kekinian dengan nama POM Tahu. Tak hanya dimanfaatkan sebagai lapak dan pabrik tahu, di POM Tahu juga terdapat 10 kios yang menjual aneka macam olahan TSL, seperti kios kupat tahu lembang, tahu brintik, tahu mendoan, tahu kecap, tahu pletok, batagor tahu, tahu krispi, kembang tahu, dan lainnya. Bahkan, juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas Bandung.

Setiap hari, TSL memproduksi 5 ribu tahu di hari biasa dan 20 ribu saat weekend. Lalu berapa lama TSL dapat bertahan? Karena terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet, maka tahu susu ini hanya tahan selama dua hari setelah produksi. Berikut kisaran harga TSL saat ini.

Tahu susu lembang (sumber: pergikuliner)
Tahu susu lembang (sumber: pergikuliner)

Harga Tahu Susu Lembang

Varian Tahu Susu Lembang Harga
Tahu susu goreng 1 Rp15.000
Tahu susu bantal isi 5 pcs Rp15.000
Tahu susu cetak/takus isi 10 pcs Rp15.000
Tahu susu mentah putih isi 10 pcs Rp28.000
Tahu susu mentah kuning isi 10 pcs Rp28.000
Tahu susu mentega 1 Rp30.000
Baca juga  Update Harga Cendo Lyteers dan Efek Sampingnya

Selain di Jayagiri, di Bandung, Anda juga dapat menemukan berbagai yang menawarkan TSL. Sebagai referensi lain, berikut harga TSL di Cipamokolan saat ini.

Outlet tahu susu lembang (sumber: detik)
tahu susu lembang (sumber: detik)

Harga Tahu Susu Lembang Cipamokolan

Varian Tahu Susu Lembang Harga
Tahu Susu Lembang Mentah Rp12.000
Tahu Susu Lembang Isi 16 Rp24.000
Tahu Susu Pedas isi 16 Rp32.000
Tahu Sosis Isi 16 Rp24.000
Tahu Walik Isi 20 Rp24.000
Tahu Qeju Isi 16 Rp24.000
Paket Hemat 1 Rp50.000

Untuk membeli produk, Anda dapat mengunjungi secara langsung atau memesannya lewat layanan ojek online, seperti GrabFood dan GoFood. Perlu Anda catat bahwa harga tahu susu tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Nurwulan, dkk. 2021. Teknologi Pengolahan Susu. Jakarta: Guepedia, hlm. 52.

[2] Ibid., hlm. 51.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.