Update Harga Ikan Arwana Silver di Pasaran

Dari sekian banyak jenis ikan arwana yang beredar di pasaran, arwana silver termasuk spesies yang banyak dibudidayakan. Pasalnya, ikan ini tidak hanya bisa dipasarkan di dalam negeri, tetapi juga untuk komoditas ekspor, dengan harga yang cukup tinggi. Budidaya arwana silver juga relatif lebih mudah, tetapi Anda pun harus paham betul karakter dan perawatannya.

Ikan arwana silver (sumber: petpintar.com)
Ikan arwana silver (sumber: petpintar.com)

Fisik Ikan Arwana Silver

Arwana silver atau Osteoglossum bicirrhosum sebenarnya berasal dari Brasil. Umumnya, ikan ini ditemukan di Sungai Amazon, Amerika Selatan. Arwana silver di akuarium dapat mencapai ukuran 60 cm. Namun, di habitat aslinya, ikan ini bisa mencapai ukuran lebih dari 90 cm.

Bacaan Lainnya

Bentuk badan arwana silver memanjang dengan potongan melintang sangat pipih ke samping. Jika diperhatikan, bagian depan tubuhnya lebih lebar dibandingkan dengan bagian belakangnya. Dengan kata lain, tubuhnya meruncing ke belakang menyerupai naga dan berwarna keperakan. Tak heran, jika banyak orang menjuluki arwana silver dengan arwana Naga Perak.[1]

Baca juga  Info Terkini Harga Sepatu Safety King Original

Arwana silver memiliki sirip anus yang panjangnya hampir setengah panjang badannya dan tampak menyatu dengan sirip ekor. Warna tubuh yang keperakan tampak indah mengilap, apalagi saat diterpa cahaya matahari atau lampu akuarium. Saat masih kecil, warna sisik yang keperakan belum muncul, tetapi yang terlihat warna kebiru-biruan.

Warna dan bentuk tubuh arwana silver akan berubah seiring dengan pertumbuhan usia. Begitu dewasa, warnanya berubah menjadi perak kehijauan yang merata di sekujur tubuh. Warna sirip punggung, sirip bawah, dan sirip ekor arwana silver merupakan kombinasi dua warna di antaranya merah muda dan hijau toska.

Cara Merawat Ikan Arwana Silver

Jika Anda berminat dalam budidaya ikan arwana silver, maka perlu memperhatikan beberapa hal mengingat usia hidup arwana sulit diprediksi. Rata-rata kekuatan hidup induk arwana silver dapat mencapai 15 tahun. Sementara, masa produktifnya dimulai saat ikan berumur 3-4 tahun. Faktor kesuksesan budidaya ikan arwana silver terletak pada dan kondisi air, pakan ikan, serta cara penanganannya saat sakit.

Soal pakan, induk ikan dapat diberikan pakan katak, keong mas, dan usus ayam. Untuk suhu air dalam akuarium, Anda harus berupaya menjaganya stabil pada kisaran 25 derajat celcius karena memang lebih menyukai suhu tersebut. Hal inilah yang arwana silver begitu sensitif dengan perubahan suhu dan kondisi air yang mendadak. Perlu diketahui, ketepatan membaca kondisi induk amat penting untuk menekan mortalitas (angka kematian). Terlebih saat induk memberikan tanda siap mengeluarkan anak.

Baca juga  Manfaat & Harga Daun Stevia Terkini Sebagai Alternatif Pengganti Gula

induk yang siap mengeluarkan anak adalah pada lehernya akan terlihat hitam. Anda tidak diperbolehkan memberikan pakan, bahkan selama dua bulan induk tidak membuka mulutnya untuk menghindari anakan arwana silver tertelan induknya. Anda baru diperbolehkan memanen saat usia anakan sekitar empat minggu. Ikan arwana silver biasa dipanen saat musim penghujan, setiap empat minggu sekali.

Budidaya arwana silver saat ini terbilang cukup menjanjikan. Sebagai gambaran, seekor induk ikan arwana silver bisa menghasilkan sekitar 100 ekor anak dengan nilai Rp30 ribu ekor untuk usia sekitar dua minggu pasca-inkubasi. Jika hasil panen 15 induk saja, larva atau anak ikan yang dimuntahkan dari mulut induk bisa mencapai 1.500 ekor, sehingga hasil yang bisa diraup mencapai Rp45 juta.

Arwana silver (sumber: arwanawiki.com)
Arwana silver (sumber: arwanawiki.com)

Harga Ikan Arwana Silver

Varian Ikan Arwana Silver Harga Ekor
Baby Arwana Silver Red ukuran 10 cm Rp60.000
Arwana Silver Red Brazil ukuran 11 cm Rp100.000
Arwana Silver Albino ukuran 10 cm Rp530.000
Arwana Silver Albino mata merah ukuran 11 – 12 cm Rp545.000
Arwana Silver Albino mata merah 15 cm Rp725.000
Arwana Silver Brazil Albino ukuran 20 cm Rp1.180.000
Arwana Silver Red ukuran 45 cm Rp1.500.000
Arwana Silver Papua dewasa Rp2.900.000
Arwana Silver Red bersertifikat 40 cm Rp12.500.000
Baca juga  Harga Sugar Glider Leucistic (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga ikan arwana silver di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, arwana silver albino ukuran 10 cm yang awalnya dijual seharga Rp475 ribu, sekarang naik menjadi Rp530 ribu ekor. Begitu pula dengan harga arwana silver albino mata merah yang ikut naik dari Rp620 ribu, kini dijual Rp725 ribu.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli ikan arwana silver di sejumlah toko ikan hias terdekat maupun memesannya secara online melalui beberapa situs beli online dengan harga bersaing.

[Update: Ditta]

[1] PT. Arwana Indonesia. 2009. Buku Pintar Memilih dan Merawat Arwana. Jakarta: AgroMedia, hlm. 24

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.