Update Harga Glass Block per Dus, Ciptakan Pencahayaan Alami di Ruangan

Glass block, material ini mungkin sudah sering Anda lihat di banyak rumah namun belum Anda ketahui namanya. Glass block adalah material atau bahan bangunan yang digunakan untuk menciptakan pencahayaan alami dari sinar matahari ke dalam ruangan. Di pasaran, glass block per dus sekarang dijual dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah, tergantung jumlah isinya.

Dilansir dari Dekoruma.com, sistem pencahayaan pada hunian, terutama pencahayaan alami, merupakan salah satu faktor penting yang tidak boleh disepelekan saat merancang rumah. Tak hanya untuk mempermudah aktivitas karena penerangan yang lebih baik, pencahayaan alami yang baik juga akan membuat ruang dalam rumah lebih nyaman dan sehat karena mampu meminimalkan tumbuhnya parasit dan kuman serta bakteri.

Glass block terpasang di kamar mandi

Glass block terpasang di

Masih menurut sumber yang sama, sistem pencahayaan alami paling dasar dan konvensional adalah jendela rumah. Jika jendela rumah Anda tidak memungkinkan, Anda masih bisa mendapatkan tambahan pencahayaan alami dari pintu. Anda bisa merancang pintu dengan bahan dan desain yang memungkinkan pencahayaan alami menembus ke dalam ruangan, melalui material fiber atau kaca misalnya. Selain bisa menambah terang, pintu demikian juga akan tampak lebih elegan dan berkelas.

Nah, apabila rumah Anda relatif berdempetan dengan tetangga sehingga sulit untuk mendapatkan pencahayaan alami dari elemen via jendela, Anda dapat memanfaatkan rancangan skylight yang memungkinkan ruang mendapatkan pencahayaan alami dari bagian atas. Jika desain skylight terasa terlalu rumit dan memerlukan bujet lebih, penggunaan atap berbahan kaca juga cukup populer sebagai pengganti skylight untuk menambah sumber pencahayaan pada hunian.

Ventilasi ruangan pun juga dapat menjadi alternatif pencahayaan alami. Anda bisa memodifikasi sumber dan sirkulasi udara ini untuk memungkinkan masuknya pencahayaan alami ke dalam ruangan. Untuk itu, tidak ada salahnya memberikan ventilasi ruang yang lebih lebar dengan penggunaan material-material tembus pandang yang memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam hunian.

Sementara, untuk pemilik rumah yang ingin menghadirkan suasana yang lebih dramatis, kenapa tidak mencoba menggunakan roster atau loster? Kini, ada banyak sekali pilihan desain roster yang menarik dan modern, sehingga tidak hanya bisa untuk pencahayaan alami memberikan efek bayangan yang dramatis, tetapi juga menjadi lebih estetis dan menarik secara tampilan.

Fungsi dan Kelebihan Glass Block

Alternatif lainnya untuk mendapatkan pencahayaan alami di dalam ruangan adalah menggunakan material glass block. Dikutip dari imagebali.net, ini adalah bahan yang memang digunakan untuk menciptakan sistem pencahayaan alami dari sinar matahari yang dimasukkan ke ruangan interior. 

Ilustrasi: Proses Pemasangan Glass Blocks (credit: room.technoluxpro)

Ilustrasi: Proses Pemasangan Glass Blocks (credit: room.technoluxpro)

Jadi, meski tanpa memakai lampu listrik, ruangan yang ada di dalam rumah tidak akan gelap dan terlihat terang benderang. Bahan ini sendiri dapat diletakkan di mana saja, mulai ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, atau ruang lain yang sekiranya membutuhkan sistem pencahayaan alami yang lebih banyak.

Meski terbuat dari kaca dan tampilannya terlihat , glass block tidak memiliki sifat transparan. Jadi, ketika dipasang di dalam ruangan, bagian yang ada di ruangan tersebut tidak bisa terlihat dari arah luar. Sehingga, perlindungan privasi bagi setiap penghuni rumah dapat terjamin keamanannya.

Berbeda dengan kaca biasa, glass block pada umumnya berbentuk berupa kotak kecil, dengan ukuran yang lebih tebal. Ketika ditempelkan pada dinding, Anda tidak membutuhkan elemen yang lain kecuali bahan perekat saja. Ini berbeda dengan jendela kaca yang harus memerlukan kusen, bingkai, dan beberapa elemen lain.

Selain bisa menjalankan fungsi utama sebagai penerangan alami, glass block juga punya beberapa kelebihan lain. Material ini diklaim memiliki proses dan sistem pemasangan yang sangat mudah. Konsep pemasangan glass block tidak berbeda jauh ketika Anda sedang memasang batu bata. Namun, peletakan glass block memakai sistem yang berjajar, tidak secara saling menjorok ke samping. Proses pemasangan glass block ini sendiri dapat dilakukan secara bersamaan dengan pembuatan tembok atau dinding.

Memiliki manfaat utama untuk memberikan pencahayaan alami, secara otomatis penggunaan glass block membuat pemakaian daya atau energi listrik bisa ditekan serendah mungkin. Selain itu, karena bentuknya yang tebal, glass block lebih kuat dan tidak mudah retak atau pecah. Ini berbeda dengan genteng kaca yang punya fungsi sama, namun bentuknya sangat tipis sehingga lebih mudah pecah, terlebih jika genteng kaca tersebut diletakkan dengan cara mendatar.

Kelebihan lainnya material ini adalah bisa dijadikan sebagai media untuk mempercantik penampilan rumah, baik dari sisi interior maupun eksterior. Terlebih, saat ini sudah banyak produsen yang merancang glass block dengan hiasan profil atau motif dan warna yang bermacam-macam, tidak hanya putih. Jika Anda bisa menerapkan dan mengaplikasikan glass block dengan baik, tentu tampilan rumah Anda akan semakin terlihat cantik dan indah.

Harga Glass Block - www.ebay.com

Harga Glass Block - www.ebay.com

Selain pemasangan yang mudah, cara merawat glass block juga terhitung simpel. Jika ada bagian yang terkena debu dan kotoran, cukup dibersihkan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan . Namun, agar terlihat tetap cemerlang, metode pembersihannya harus lebih lengkap. Anda bisa menambahkan sabun cair, sikat gigi yang sudah tidak terpakai, dan pembersih abrasive yang bisa dibeli di toko-toko kimia. 

Harga Glass Block

Tipe/Ukuran Glass BlockHarga
Glass Block Piazza 190 x 190 x 95 mmRp145.000 per dus (isi 6)
Glass Block Mulia Quadra 190 x 190 x 95 mmRp145.000 per dus (isi 6)
Glass Block Mulia Tangerine 190 x 190 x 95 mmRp145.000 per dus (isi 6)
Glass Block Mulia 20 x 20 x 10 cmRp162.000 per dus (isi 6)
Glass Block Mulia Diamond 190 x 190 x 95 mmRp172.000 per dus (isi 6)

Pada 2019, harga glass block terpantau berkisar Rp23 ribuan hingga Rp127 ribuan per dus. Namun, harga glass block tersebut terbilang naik pada 2020, misalnya Glass Block Mulia Diamond 190 x 190 x 95 mm yang semula ditawarkan seharga Rp127 ribu sekarang menjadi Rp172 ribu per dus. 

Tak jauh berbeda pada 2021 ini, beberapa jenis glass block mengalami perubahan harga dibandingkan 2020 lalu. Glass Block Mulia 20 x 20 x 10 cm awalnya dijual seharga Rp95 ribu, sekarang menjadi Rp162 ribu per dus. Glass Block Piazza 190 x 190 x 95 mm juga ikut naik untuk kemasan 1 dus dari harga Rp115 ribu menjadi Rp145 ribu.

Harga glass block di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perabotan rumah dan situs jual beli online. Harga glass block tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke toko perabotan rumah terdekat di kota Anda.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Lengkap Harga Roller Blind Sharp Point Berbagai Seri di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Glass Block per Dus, Ciptakan Pencahayaan Alami di Ruangan"