Keunggulan, Kekurangan dan Harga Gigi Palsu Valplast

Kerusakan pada gigi tidak melulu soal gigi yang berlubang, tak jarang ditemukan kasus gigi keropos, gigi retak, hingga terbelah. Untuk memperbaiki kondisi gigi agar terlihat seperti semula, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan gigi palsu. Nah, salah satu jenis gigi palsu yang harganya tidak terlalu mahal dibandingkan jenis lainnya adalah valplast.

Ilustrasi: Pemeriksaan Gigi (credit: bluewaterdentist)

Ilustrasi: Pemeriksaan Gigi (credit: bluewaterdentist)

dan Kekurangan Valplast

Gigi tiruan berdasarkan bentuk dan pemakaiannya dibedakan menjadi dua, yaitu gigi palsu utuh dan gigi palsu sebagian lepasan. Valplast sendiri merupakan jenis gigi tiruan sebagian lepasan atau biasa disebut dengan GTSL. GTSL merupakan gigi buatan yang menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang di bagian rahang bawah atau rahang atas dan bisa dibongkar pasang oleh pasien.

Tujuan utama memakai GTSL seperti valplast, yakni untuk memulihkan fungsi pengunyahan, bicara, estetika, dan mempertahankan kesehatan jaringan mulut yang masih ada. Dari sudut pandang biomedika, GTSL harus memiliki dukungan, stabilisasi, dan retensi. Retensi didapatkan dari penahan yang ditempatkan pada undercut didi pegangan. Penahan pada GTSL juga salah satu komponen terpenting untuk mencegah perpindahan GTSL agar tidak menjauhi jaringan.

Baca juga  Update Tarif/Biaya Konsultasi ke Dokter Spesialis Anak

Beberapa jenis GTSL seperti valplast sudah dilengkapi dengan penahan langsung. Penahan tersebut dapat mencegah pergerakan gigi tiruan sepanjang arah insersinya saat dipasang. Selain termasuk GTSL, valplast juga termasuk gigi tiruan dengan derajat kristalinitas rendah karena terbuat dari bahan termoplastik nilon.

Secara kimia, termoplastik nilon merupakan polimer kristalin karena memiliki rantai-rantai polimer yang dapat tersusun teratur dalam tingkat tertentu yang menyerupai struktur kristal dalam logam. Kristalinitas yang tinggi akan menghasilkan sifat kekakuan tinggi, ketahanan abrasi, dan kapasitas absorpsi air lebih kecil. Selain itu, semakin tinggi derajat kristalinitasnya, termoplastik nilon akan menjadi semakin rapuh dan keras.[1]

Ilustrasi: Gigi Tiruan Valplast (credit: idasmiles)

Ilustrasi: Gigi Tiruan Valplast (credit: idasmiles)

Berdasarkan sifat kristalinitas di atas, valplast menjadi salah satu jenis GTSL yang banyak dipilih orang karena tidak mudah rusak dan memiliki sifat yang keras. Gigi palsu yang awet seperti ini tidak akan membuat pemakainya khawatir untuk mengganti GTSL setiap bulan. Selain itu, konon penahan valplast tidak mudah patah atau rusak di dalam, sehingga aman dan tidak berisiko tertelan.

Keunggulan lain valplast, yaitu gigi buatan tersebut tidak menggunakan cengkeram kawat dan lebih lentur serta tipis dibanding jenis gigi palsu seperti akrilik. Cengkeram yang elastis dinilai lebih nyaman dipakai dan tidak membuat gusi Anda mudah sariawan.

Baca juga  Update Biaya Membersihkan Karang Gigi (Scaling) di Puskesmas, Rumah Sakit, & Klinik

Gigi palsu yang terbuat dari campuran resin ini juga terbilang mudah dirawat. Jika Anda ingin membersihkan gigi valplast, Anda hanya perlu melepasnya dan menyikatnya dengan sikat gigi dan pasta gigi biasa. Selain itu, Anda juga bisa merendamnya dalam air hangat selama 2 menit untuk menghilangkan kerak dan menjaga warna gigi palsu tersebut.

Untuk memiliki GTSL valplast, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan . Biasanya, ini memerlukan waktu yang cukup lama, karena Anda harus melakukan pengukuran dan penyesuaian bentuk gigi yang akan dibuat. Dokter akan menyarankan penggunaan valplast pada pasien yang benar-benar mengalami kerusakan gigi parah sehingga harus diganti atau bagi pasien yang kehilangan gigi akibat kecelakaan dan benturan.

Valplast tidak disarankan untuk Anda yang ingin mengganti keseluruhan gigi pada rahang atas maupun bawah. Bisa dibilang, valplast tidak disarankan dipakai oleh pasien lansia yang mengalami keompongan total. Hal ini karena valplast harus dilengkapi dengan penyangga yang dipasang dengan cara dikaitkan pada gigi lain yang utuh.

Ilustrasi: Proses Pengerjaan Gigi Palsu Valplast (credit: ddscascade)

Ilustrasi: Pengerjaan Gigi Palsu Valplast (credit: ddscascade)

Pengait valplast juga perlu disesuaikan dengan bentuk dan gigi di sebelah kiri dan kanan gigi yang rusak. Hal ini untuk mencegah gigi tiruan tidak mudah lepas atau terasa aneh saat dipakai.

Baca juga  Update Harga Conditioner Pantene Perfect On Tanpa Bilas

Selain itu, valplast juga tidak bisa dipakai oleh orang yang mengalami kerusakan gigi akibat gigi berlubang. Pasien dengan gangguan gigi berlubang biasanya akan lebih disarankan untuk melakukan pembersihan gigi dan penambalan gigi. Pencabutan gigi berlubang secara paksa dan menggantinya dengan valplast dapat berakibat gangguan saraf dan otot di sekitar rahang.

Gigi Palsu Valplast

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan valplast di atas, apakah Anda berminat membelinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran. Secara umum, pasien yang ingin memasang atau mendapatkan valplast, dikenakan mulai Rp1.000.000 hingga Rp1.450.000 per valplast. Harga tersebut tentu saja tidak terikat dan dapat berbeda di masing-masing gigi.

[1] Yunisa, Fahmi, Murti Indrastuti, M. Th. Esti Tjahjanti. 2015. Pengaruh Kedalaman Undercut Gigi Pegangan dan Tipe Bahan Cengkeraman Termoplastik Nilon terhadap Kekuatan Retensi Gigi Tiruan Sebagian Lepasan Co-Cr Kombinasi Nilon. Jurnal Gigi Universitas Gadjah Mada, Vol. 6(3): 284-291.

loading...
author

Leave a reply "Keunggulan, Kekurangan dan Harga Gigi Palsu Valplast"