Info Harga Gigi Palsu Valplast Terbaru

Kerusakan pada gigi tidak melulu soal gigi yang berlubang, karena tak jarang ditemukan kasus gigi keropos, gigi retak, hingga terbelah. Untuk memperbaiki kondisi gigi agar terlihat seperti semula, biasanya dokter akan menyarankan penggunaan gigi palsu. Nah, salah satu jenis gigi palsu yang harga banderolnya tidak terlalu mahal dibandingkan jenis lainnya adalah valplast.

Ilustrasi: pasien dokter gigi (sumber: hdmall.id)
Ilustrasi: pasien dokter gigi (sumber: hdmall.id)

Keunggulan Valplast

Gigi tiruan berdasarkan dan pemakaiannya dibedakan menjadi dua, yaitu gigi palsu utuh dan gigi palsu sebagian lepasan. Valplast sendiri merupakan jenis gigi tiruan sebagian lepasan atau biasa disebut dengan GTSL. GTSL merupakan gigi buatan yang menggantikan satu atau beberapa gigi yang hilang di bagian rahang bawah atau rahang atas dan bisa dibongkar pasang oleh pasien.

Bacaan Lainnya

Tujuan utama memakai GTSL seperti valplast, yakni untuk memulihkan fungsi pengunyahan, bicara, estetika, dan mempertahankan kesehatan jaringan mulut yang masih ada. Dari sudut pandang biomedika, GTSL harus memiliki dukungan, stabilisasi, dan retensi. Retensi didapatkan dari penahan yang ditempatkan pada undercut didi pegangan. Penahan pada GTSL juga salah satu komponen terpenting untuk mencegah perpindahan GTSL agar tidak menjauhi jaringan.

Beberapa jenis GTSL seperti valplast sudah dilengkapi dengan penahan langsung. Penahan tersebut dapat mencegah pergerakan gigi tiruan sepanjang arah insersinya saat dipasang. Selain termasuk GTSL, valplast juga termasuk gigi tiruan dengan derajat kristalinitas rendah karena terbuat dari bahan termoplastik nilon.

Secara kimia, termoplastik nilon merupakan polimer kristalin karena memiliki rantai-rantai polimer yang dapat tersusun teratur dalam tingkat tertentu yang menyerupai struktur kristal dalam logam. Kristalinitas yang tinggi akan menghasilkan sifat kekakuan tinggi, ketahanan abrasi, dan kapasitas absorpsi air lebih kecil. Selain itu, semakin tinggi derajat kristalinitasnya, termoplastik nilon akan menjadi semakin rapuh dan keras.[1]

Baca juga  Info Terbaru Harga Minyak GPU Cap Lang (30 ml, 60 ml, 100 ml)

Berdasarkan sifat kristalinitas di atas, valplast menjadi salah satu jenis GTSL yang banyak dipilih orang karena tidak mudah rusak dan memiliki sifat yang keras. Gigi palsu yang awet seperti ini tidak akan membuat pemakainya khawatir untuk mengganti GTSL setiap bulan. Selain itu, konon penahan valplast tidak mudah patah atau rusak di dalam, sehingga aman dan tidak berisiko tertelan.

Keunggulan lain valplast, adalah gigi buatan tersebut tidak menggunakan cengkeram kawat dan lebih lentur serta tipis dibanding jenis gigi palsu seperti akrilik. Cengkeram yang elastis dinilai lebih nyaman dipakai dan tidak membuat gusi Anda mudah sariawan. Anda pun bisa berbicara maupun mengunyah tanpa khawatir apapun.

Gigi palsu yang terbuat dari campuran resin ini juga terbilang mudah dirawat. Jika Anda ingin membersihkan gigi valplast, Anda hanya perlu melepasnya dan menyikatnya dengan sikat gigi dan pasta gigi biasa. Selain itu, Anda juga bisa merendamnya dalam air hangat selama 2 menit untuk menghilangkan kerak dan menjaga warna gigi palsu tersebut.

Kekurangan Gigi Palsu Valplast

Ilustrasi: Gigi Tiruan Valplast (credit: idasmiles)
Ilustrasi: Gigi Tiruan Valplast (credit: idasmiles)

Untuk memiliki GTSL valplast, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Biasanya, ini memerlukan waktu yang cukup lama, karena Anda harus melakukan pengukuran dan penyesuaian gigi yang akan dibuat. Dokter akan menyarankan penggunaan valplast pada pasien yang benar-benar mengalami kerusakan gigi parah sehingga harus diganti atau bagi pasien yang kehilangan gigi akibat dan benturan.

Baca juga  Update Harga Roti Buaya (Mini, Medium, Besar, Sepasang)

Gigi palsu bahan valplast cenderung lentur dan lebih estetik, namun terbatas hanya untuk kasus kehilangan gigi yang tidak terlalu banyak.[2] Valplast tidak disarankan untuk Anda yang ingin mengganti keseluruhan gigi pada rahang atas maupun bawah.

Bisa dibilang, valplast tidak disarankan dipakai oleh pasien lansia yang mengalami keompongan total. Hal ini karena valplast harus dilengkapi dengan penyangga yang dipasang dengan cara dikaitkan pada gigi lain yang utuh. Pengait valplast juga perlu disesuaikan dengan dan ukuran gigi di sebelah kiri dan kanan gigi yang rusak. Hal ini untuk mencegah gigi tiruan tidak mudah lepas atau terasa aneh saat dipakai.

Selain itu, valplast juga tidak bisa dipakai oleh orang yang mengalami kerusakan gigi akibat gigi berlubang. Pasien dengan gangguan gigi berlubang biasanya akan lebih disarankan untuk melakukan pembersihan gigi dan penambalan gigi. Pencabutan gigi berlubang secara paksa dan menggantinya dengan valplast dapat berakibat gangguan saraf dan otot di sekitar rahang.

Khusus gigi tiruan valplast, cara perawatannnya mungkin sedikit berbeda dengan gigi tiruan dengan plat ataupun logam. Kalau Anda memakai gigi tiruan dengan bahan valplast, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Perawatan Gigi Palsu Valplast

  • Bersihkan secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus valplast selama 10-15 menit setiap hari dan selama satu malam minimal 3 kali seminggu.
  • Untuk membersihkan partikel yang menempel adalah dengan menggunakan air mengalir. Menyikat bahan ini menggunakan sikat gigi bisa merusak permukaannya.
  • Jika memungkinkan, bersihkan gigi tiruan setiap habis makan.
  • Apabila tidak digunakan, rendam gigi tiruan dalam air.
  • Saat menyikat gigi, sikat juga jaringan mukosa Anda yang biasa tertutup oleh gigi tiruan, biasanya palatum dan gusi.
  • Walaupun bahan ini fleksibel seperti karet, mahkota gigi yang menempel tetap terbuat dari bahan yang keras dan bisa rusak bila terjatuh. Jadi tetaplah berhati-hati dalam memegang gigi tiruan Anda.[3]
Baca juga  Update Harga Beras 1 Karung 50 Kg (Semua Merk)
Gigi palsu Valplast (sumber: burbankdental.com)
Gigi palsu Valplast (sumber: burbankdental.com)

Nah, jika Anda tertarik dengan gigi tiruan atau gigi palsu jenis valplast, berikut harga pemasangan valplast di sejumlah klinik gigi.

Harga Gigi Palsu Valplast

Lokasi Klinik Gigi Harga Valplast
FD Care Serpong Utara Rp1.140.000
Tooth’s Kingdom Dental Care Jakarta Rp1.710.000
Dentistique, Duren Sawit, Jakarta Rp1.838.250
SDC Dental, Tanjung Priok, Jakarta Rp3.325.000 (plus pemasangan)

Selain di klinik gigi, Anda pun bisa mendapatkan gigi palsu valplast di sejumlah situs e-commerce. Saat ini, harga valplast di situs jual beli online berkisar Rp1,2 juta hingga Rp2 jutaan per valplast. Sebagai perbandingan, tahun 2020, gigi palsu ini ditawarkan dengan harga Rp1.000.000 hingga Rp1.450.000 per valplast. Pada tahun 2022 harga gigi palsu valplast masih relatif stabil. Namun, di Tooth’s Kingdom Dental Care harganya mengalami kenaikan dari Rp1.520.000 pada tahun 2021, sekarang jadi Rp1,7 jutaan.

[Update: Dian]

[1] Yunisa, Fahmi, Murti Indrastuti, M. Th. Esti Tjahjanti. 2015. Pengaruh Kedalaman Undercut Gigi Pegangan dan Tipe Bahan Cengkeraman Termoplastik Nilon terhadap Kekuatan Retensi Gigi Tiruan Sebagian Lepasan Co-Cr Kombinasi Nilon. Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Vol. 6(3): 284-291.

[2] Pratitis, A. 2021. Sayangi Gigi – Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kesehatan Gigi & Mulut. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 30.

[3] Rahmadhan, AG. 2010. Serba Serbi Kesehatan Gigi dan Mulut. Natalia PH, editor. Jakarta: Bukune, hlm 90.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *