Manfaat dan Update Harga Gelatin Sapi (Granul, Bubuk, Lembaran)

Anda mungkin pernah mendengar tentang gelatin. Gelatin biasanya dikonsumsi sebagai kaldu tulang atau suplemen yang tersedia dalam bubuk, granula, dan lembaran. Karena terbuat dari daging sapi, babi, domba, ayam, atau ikan, gelatin ini tidak cocok dikonsumsi vegetarian. Namun, jika Anda tidak masalah mengonsumsi daging, Anda dapat membeli gelatin di berbagai toko bahan pokok atau lewat situs e-commerce dengan harga yang cukup bersahabat.

Gealtin sapi (sumber: turkish.alibaba.com)
Gealtin sapi (sumber: turkish.alibaba.com)

Apa Itu Gelatin?

Gelatin merupakan suatu protein yang apabila ditambahkan air , akan membentuk dispersi koloidal. Gelatin dalam produk pangan berfungsi sebagai bahan penstabil (stabilizer & pengemulsi), dan untuk penjernih minuman sari buah. Contoh bahan atau produk pangan yang sering ditambahkan gelatin adalah permen karet atau permen lunak, marshmallow, selai , yogurt, , vitamin A, vitamin C, vitamin E, beta karoten,  tokoferol, instan pudding, hingga topping pie buah-buahan.

Bacaan Lainnya

Berbagai bahan baku yang sering dimanfaatkan kolagennya untuk membuat gelatin adalah tulang sapi, kulit sapi, tulang babi, kulit babi, dan kulit ikan. Namun, dari semua jenis hewan tersebut, kolagen babi dan sapi menjadi pilihan banyak orang, karena mudah didapatkan dengan harga yang lebih ekonomis dibanding kolagen ikan.[1] Meski demikian, gelatin ikan halal digunakan dibandingkan sapi, sedangkan kehalalan gelatin sapi tergantung dari proses penyembelihannya, apa sudah sesuai syariat atau tidak.[2]

Manfaat Gelatin Sapi

  • Obat tulang dan sendi.
  • Menutrisi otak.
  • Menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan.
  • Mengatasi insomnia.
  • Meredakan kecemasan.
  • Mencegah diabetes.
  • Selain mengobati beberapa penyakit, gelatin sapi yang Anda konsumsi secara rutin dapat membantu memperbaiki sel kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Nah, apabila Anda tertarik dengan manfaat yang ditawarkan gelatin sapi, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai swalayan atau memesan lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung merk dan kemasan. Berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga gelatin sapi di pasaran dalam negeri.

Harga Gelatin Sapi - www.minyak-atsiri.com
Harga Gelatin Sapi – www.minyak-atsiri.com

Harga Gelatin Sapi

Merk Gelatin Sapi Harga
FunBaking Bubuk Gelatin Sapi 50 gr Rp14.000
Gelita Gelatin Sapi Lembaran (5 lembar) Rp19.500
Cartino Gelatine Powder 100 gr Halal Rp22.000
Free Life Gelatin Bubuk 80 gr Rp25.000
Hakiki Gelatin Sapi Halal BPOM 100 gr Rp29.500
Rousselot Gelatin Sapi 100 gr Rp38.500
Gelita Gelatin Sapi Lembaran (10 lembar) Rp45.000
Naturich Gelatin Bubuk 160 gr Rp49.600
Gelita Gelatin Sapi Granule Super Repack 250 gr Rp49.900
Robertsons Pure Gelatine 50 gr Rp50.000
McKenzie’s Gelatine Powder 100 gr Rp54.900
Knox Unflavored Gelatin Bubuk 28 gr Rp98.000
Cartino Gelatine Powder 1 kg Halal Rp150.000
Gelita Gelatine Bubuk 500 gr Rp152.000
Gelita Gelatin Sapi Bubuk 1 kg Rp160.000
Green Valley Gelatin Bubuk 1 kg Rp255.000
Gelatin Davis 500 gr Rp288.000
Rousselot Gelatin Sapi 1 kg Rp465.000
Cartino Gelatine Powder 20 kg Halal Rp3.550.000

Informasi harga gelatin sapi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk swalayan dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga gelatin sapi di pasaran saat ini cenderung naik. Gelita gelatin sapi 5 lembar misalnya, awalnya dijual Rp16.220, sekarang menjadi Rp19.500. Begitu pula harga Knox Unflavored gelatin bubuk 28 gr yang semula Rp85 ribu, saat ini naik menjadi Rp98 ribuan.

Jika memiliki waktu lebih, Anda dapat membuat gelatin sapi sendiri di rumah. Cara membuatnya pun terbilang mudah seperti membuat kaldu sapi umumnya. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan antara lain 1,5 kg tulang hewan dan jaringan ikat, air secukupnya untuk menutupi tulang, dan 18 gram garam atau 1 sendok makan.

Iustrasi: Berbagai Jenis Gelatin Sapi (sumber: finansajans.com)
Iustrasi: Berbagai Jenis Gelatin Sapi (sumber: finansajans.com)

Cara Membuat Gelatin Sapi

  • Letakkan tulang dalam tungku atau slow cooker dan tambahkan garam.
  • Tuang ke dalam air yang cukup untuk menutupi isinya.
  • Jika sudah mendidih, kurangi panas kompor dan masak sampai mendidih.
  • Saring cairan dan biarkan hingga dingin dan mengeras.
  • Sisihkan lemak dari lalu buang.

Perlu diketahui, Anda harusmemasaknya menggunakan kecil hingga 48 jam. Semakin lama dimasak, semakin banyak gelatin yang akan diekstrak. Setelah jadi, gelatin dapat disimpan selama seminggu di lemari es atau setahun di freezer. Jika lebih dari durasi tersebut, Anda sebaiknya membuang gelatin karena sudah tidak layak konsumsi.

(Update: Ditta)

[1] Youlanda, Hana. 2016. Ekstraksi dan Evaluasi Gelatin dari Kulit Sapi yang Telah Mengalami Proses Buang Menggunakan Hidrolisis Asam (Skripsi). Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Program Studi Farmasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

[2] Roswiem, Anna Priangani. 2015. Buku Saku Produk Halal: Makanan dan Minuman. Jakarta: Republika, hlm. 31.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *