Update Harga Gear Sepeda 7 Speed dan 10 Speed Berbagai Merk

Gear, juga biasa disebut gigi, adalah salah satu komponen yang sering dilihat di sepeda motor manual. Selain dapat ditemukan di kuda , ini juga banyak digunakan pada sepeda pancal atau sepeda kayuh. Di pasaran sendiri, sudah banyak bengkel atau toko peralatan yang menjual gear sepeda dengan harga bervariasi, mulai tipe 7 speed hingga 10 speed.

Gear sepeda
Gear sepeda

Secara umum, gear pada sepeda tidak jauh berbeda dengan gear pada sepeda motor. Alat ini bisa dikatakan sebagai sebutan untuk roda gigi yang bekerja pada suatu mesin dan untuk mentransmisikan tenaga. Bentuk gear umumnya bergerigi (karenanya juga sering disebut gigi) dan dapat berputar serta biasanya terhubung dengan gear lain untuk mengirimkan torsi.

Bacaan Lainnya

Jika gear pada sepeda motor manual dapat dipindah dengan cara menginjak pedal di bagian bawah, maka memindah gear pada sepeda bisa dengan cara menekan pengait yang terdapat di setang sepeda. Down shifting atau gigi rendah artinya mengubah atau memindahkan gigi ke gear yang lebih rendah, sedangkan up shifting atau gigi tinggi adalah memindahkan gigi ke gear yang lebih tinggi.

Pada umumnya, sepeda saat ini memiliki “kecepatan” atau kombinasi gigi lebih dari 10. Umumnya 18, 21, 24, 27, atau 30, dengan dua buah pengait untuk mengubah gigi. Di sebelah kiri, tersedia pengait untuk penggantian gigi depan, dan di sebelah kanan, pengait untuk penggantian gigi belakang. Sebagai contoh, untuk sepeda Polygon Cozmic 6.0, di sebelah kiri ada 3 pilihan posisi, yaitu 1,2, dan 3 untuk mengubah gigi depan, dan sepuluh pilihan di sebelah kiri, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 10 untuk mengubah gigi belakang.

Dari sisi pandang besarnya diameter gear, ada 3 buah piringan atau cakram gear di depan. Gigi 1 atau gigi rendah yang teringan memiliki diameter piringan yang paling kecil, terletak di bagian paling dalam di antara 2 piringan yang lain. Sementara, gigi 3 atau gigi tinggi, yang paling berat, memiliki piringan yang paling besar dan berada di sisi paling luar.

Kebalikannya, untuk gear di bagian belakang, gear 1 yang terendah, berada di bagian yang paling dalam dan memiliki diameter yang paling besar. Berturut-turut ke arah luar, ada gear 2,3, dan seterusnya sampai gear 10 (jika sepeda dengan 10 kecepatan) yang paling kecil diameternya dan terletak di sisi paling luar dari sepeda yang bersangkutan.

Memiliki sepeda yang telah dilengkapi dengan gear atau gigi memang lebih menguntungkan daripada sepeda “konvensional”. Pasalnya, dengan adanya gear ini, Anda dapat bersepeda dengan lebih nyaman dan efisien, baik ketika melewati tanjakan atau mendaki atau sekadar menyusuri jalan-jalan di kota. Namun, Anda juga perlu tahu hal-hal dasar tentang cara kerja gear yang bakal mengubah cara Anda bersepeda 180 derajat.

Gear sepeda 7 speed & 10 speed
Gear sepeda 7 speed & 10 speed

Cara Kerja Gear Sepeda

  • Hitung berapa jumlah gigi yang ada di pangkal pedal sepeda. Jika ingin mengetahui cara untuk memindahkan gigi di sepeda Anda, tentunya Anda harus mempunyai sepeda bergigi terlebih dahulu. Untungnya, mudah sekali untuk mengeceknya. Lihat bagian pedal. Di pusat pedal, biasanya ada satu atau lebih cincin logam bergerigi yang pas dengan rantai. Ini merupakan gigi depan. Hitunglah berapa banyak gigi yang Anda lihat.
  • Hitunglah jumlah gigi yang ada di roda belakang. Sekarang, lihatlah roda belakang sepeda. Anda seharusnya bisa melihat rantai yang membentang dari gigi depan ke atas kumpulan cincin yang berbeda di pusat roda. Ini adalah gigi belakang sepeda. Hitunglah berapa banyak yang Anda lihat. Biasanya, jumlah gigi belakang lebih banyak dibandingkan gigi depan.
  • Sekarang, kalikan saja jumlah gigi depan dengan jumlah gigi belakang. Hasil perkalian ini menentukan jumlah total gigi di sepeda Anda. Sebagian orang juga menyebutnya sebagai jumlah speed. Misalnya, jika Anda mempunyai tiga gigi depan dan enam gigi belakang, berarti sepeda Anda mempunyai 3 × 6 = 18 gigi (atau speed).
  • Untuk memindahkan gigi depan, gunakan tangan kiri. Sepeda bergigi hampir selalu memiliki kontrol tangan di setang untuk memindahkan gigi. Saat menggunakan kontrol tangan kiri, sebuah lingkaran logam yang dikenal sebagai derailleur (pemindah gigi) memindahkan rantai dari satu sisi ke sisi lain sehingga rantai berpindah ke gigi depan yang diinginkan.
  • Untuk memindahkan gigi belakang, gunakan tangan kanan. Gigi belakang mempunyai pemindah gigi sendiri. Menggunakan kontrol tangan kanan akan menggerakkan pemindah gigi belakang dari satu sisi ke sisi lain, yang akan membuat rantai pindah ke gigi yang diinginkan. Gigi belakang hampir selalu menggunakan mekanisme yang sama dengan gigi depan.
  • Dalam situasi tertentu, Anda dapat mengubah gigi agar dapat mengendarai sepeda dengan lebih mudah. Contohnya, memindahkan gigi ke gigi yang lebih rendah akan membuat Anda mengayuh lebih cepat dan enteng, tetapi jarak yang Anda tempuh dengan setiap kayuh tidak terlalu jauh. Ada dua cara untuk berpindah ke gigi yang lebih rendah, yaitu pindah ke gigi yang lebih kecil di depan atau pindah ke gigi yang lebih besar di belakang.
  • Pindahkan gigi ke tingkat yang lebih tinggi untuk membuat kayuhan lebih berat tetapi lebih bertenaga. Ada dua cara yang bisa dipakai, yaitu pindah ke gigi yang lebih besar di depan atau pindah ke gigi yang lebih kecil di belakang.

Mengenai harganya, pada 2021 lalu, gear sepeda 7 speed dijual berkisar Rp65 ribu hingga Rp400 ribuan, dengan model Shimano Cassette Sprocket Tourney TZ21 ditawarkan Rp82 ribuan. Sementara pada 2022, harga gear sepeda 7 speed model Diamond berkisar Rp107 ribuan per unit. Berikut perbandingan harga gear sepeda 7 speed yang berlaku antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Fungsi Gear Speed - (www.livestrong.com)
Fungsi Gear Speed – (www.livestrong.com)

Harga Gear 7 Speed

Merk/Tipe Gear 7 Speed Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Odessy 7 Speed Rp58.000 Rp50.000
Pacific 14-28T 7 Speed Rp74.500 Rp82.170
Diamond 7 Speed Rp105.300 Rp101.000
OXO 28T 7 Speed Rp107.000 Rp120.000
Shimano CS-HG200 7 Speed Rp235.000 Rp150.000
Oxo 7 Speed Megarange 13-34T Rp250.000 Rp200.000

Harga gear 7 speed di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko peralatan sepeda maupun situs jual online. Berdasarkan tabel tersebut, harga gear 7 speed di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Meski begitu, harga gear 7 speed tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Selain gear 7 speed, di pasaran juga dapat Anda jumpai 10 speed dengan berbagai merk. Mengenai harganya, pada 2021 lalu, gear 10 speed dibanderol berkisar Rp269 ribu hingga Rp1 jutaan. Kemudian pada 2022, harga gear 10 speed berangsur turun berkisar Rp260 ribu hingga Rp750 ribuan per unit. Berikut perbandingan harga gear 10 speed yang berlaku tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Harga Gear 10 Speed

Merk/Tipe Gear 10 Speed Harga Sebelumnya Harga Sekarang
OXO 36T 10 Speed Rp260.000 Rp267.300
Shimano HG62 10 Speed Rp400.000 Rp450.000
Shimano Deore HG 50 10 Speed Rp430.000 Rp455.000
Shimano HG500 10 Speed Rp475.000 Rp525.000
SRAM PG-1050 10 Speed Rp750.000 Rp750.000

Harga gear 10 speed di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko peralatan sepeda maupun situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga gear 10 speed di pasaran saat ini cenderung naik. Perlu diingat, harga di setiap tempat bisa berbeda-beda. Untuk informasi lebih lengkap, silakan datang ke toko sepeda terdekat di kota Anda.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *