Update Harga Garpu 1 Lusin Stainless dan Plastik

Garpu adalah peralatan makan yang sangat umum digunakan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Garpu terdiri atas sebuah pegangan dan ujung yang bentuknya menyerupai gigi-gigi tipis. Anda bisa membeli garpu secara satuan hingga 1 lusin di toko perkakas terdekat dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Menyantap Mie dengan Garpu (credit: Lovefood)
Ilustrasi: Menyantap Mie dengan Garpu (credit: Lovefood)

Umumnya. garpu yang digunakan untuk makan terdiri dari 3 atau 4 gigi, bahkan ada juga garpu yang hanya mempunyai 2 gigi. Garpu berfungsi untuk menusuk makanan sekaligus membantu mengambil makanan untuk dimasukkan dalam mulut. Selain itu, garpu juga dapat berfungsi sebagai penahan makanan ketika dimasak atau dipotong. Makanan yang telah dipotong-potong bisa diangkat dengan cara menusuknya dengan gigi garpu atau membawanya di atas gigi garpu yang bentuknya agak cekung. 

Bacaan Lainnya

Di Barat, garpu termasuk alat makan utama, bersama dengan sendok dan juga pisau. Sementara itu, di Asia Timur, garpu lebih umum menggunakan alat makan berupa sumpit. Meski demikian, saat ini tak hanya negara-negara Barat yang banyak menggunakan garpu sebagai alat makannya, bahkan sejumlah negara di kawasan Asia Timur pun mulai banyak memakai garpu.  

Jenis & Bahan Garpu

Garpu umumnya terbuat dari material logam seperti stainless steel, plastik, atau bahkan kayu. Masing-masing bahan garpu itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai informasi, garpu dari stainless steel saat ini paling banyak digunakan karena dikenal lebih awet dan tahan karat. Namun, biasanya cukup mudah tergores jika kita kurang berhati-hati dalam merawat atau membersihkannya.

Baca juga  Update Daftar Harga Sabun Mandi Lifebuoy Batangan (All Varian)

Sementara itu, garpu dari bahan plastik atau melamin punya bobot ringan. Desain garpu ini juga lebih variatif dibanding garpu stainless. Sayangnya, garpu-garpu dari bahan plastik biasanya cenderung bersifat sekali pakai dan cukup ringkih. Apalagi garpu dari plastik atau melamin juga kurang tahan bila terkena bahan makanan yang panas.

Selanjutnya adalah garpu dari material kayu. Dibandingkan bahan plastik atau melamin, bisa dibilang garpu dari bahan kayu masih relatif lebih kuat dan tidak mudah patah. Apalagi garpu kayu juga tidak akan menimbulkan suara yang berisik ketika beradu dengan piring. Sayangnya, kayu juga ada masa pakainya. Jika kurang cermat dalam membersihkan atau merawat perkakas atau peralatan makan dari kayu, bukan tidak mungkin garpu kayu Anda akan berubah warna, lapuk, atau bahkan ditumbuhi jamur karena ada sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna.

Nah, jika ditinjau dari jenisnya, garpu yang umum Anda temukan biasanya dibedakan dari ukuran dan bentuknya. Garpu yang ukurannya agak besar biasanya digunakan untuk makan hidangan utama, sedangkan garpu yang berukuran kecil lebih sering dipakai untuk memotong kue atau menyantap dessert.

Di pasaran, biasanya garpu dijual secara ecer atau per lusin. Ada juga yang menjual garpu 1 set, lengkap dengan sendok dan pisau untuk makan. Agar tidak penasaran, berikut ini kami rangkum daftar harga garpu di pasaran.

Baca juga  Update Harga Mesin Jam Dinding (Seiko, Quartz dll)

Harga Garpu Stainless

Garpu logam (sumber: crateandbarrel.com)
Garpu logam (sumber: crateandbarrel.com)
Varian Garpu Harga
Garpu Makan Polos Stainless Steel HW6 Rp6.040 per pcs
Garpu Makan Stainless 303 Rp10.000 per lusin
Garpu Makan Stainless Komodo 6 pcs Rp15.000 per pack
Ideal F186-2 Sedang Kepala Datar Garpu Stainless Steel Rp15.000 per lusin
HBS Stainless Steel GSF Garpu Rp20.000 per lusin
Super Doll Dinner Fork Garpu Set 6 pcs Rp33.500 per pack
Kedaung Vienna Garpu IPGC-0114 4 pcs Rp48.000 per pack
Kedaung Garpu SMVD-1916 6 pcs Rp50.000 per pack
TANICA Flora Garpu Stainless Steel  Set 6 pcs Rp51.000 per pack
Garpu Makan Tebal Stainless Elegan Lilie Rp56.000 per lusin
Capodimonte Fork 3 mm isi 6 Rp56.250 per pack
Garpu Makan Polos Stainless Steel Rp60.000 per lusin
Oxone OX-601 Rainbow Set Garpu 6 buah Rp66.200 per pack
Ideal F2115 Garpu Rp73.000 per lusin
TANICA Natur Stainless Steel Set Garpu Kecil 12 pcs Rp88.000 per lusin
Kedaung Garpu Makan HNS10365, 601P/12 Rp90.000 per lusin
Garpu Makan Stainless Steel New Paris Tebal 300 gr Rp94.000 per lusin
IKEA Dragon Garpu Salad/Pencuci Mulut Rp99.900 per lusin
IKEA Martorp Garpu 6 pcs Rp144.000 per pack
TANICA Deli Garpu Makan Stainless Steel Set 12 pcs Rp164.000 per lusin
TANICA Natur Stainless Steel Set Garpu Makan 12 pcs Rp178.000 per lusin
Garpu Tramontina Ipanema Makan Hitam 12 pcs Rp189.000 per lusin
Garpu Emas untuk Kue Ukir Rp207.000 per lusin
Garpu Tramontina Traditional Set Steak 12 pcs Rp294.000 per lusin

Informasi harga garpu stainless di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga garpu stainless di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, garpu stainless steel HW6 yang semula dijual seharga Rp3.900, sekarang naik mencapai Rp6.040 per pcs. Begitu pula harga garpu stainless 303 yang naik dari Rp8.500 menjadi Rp10 ribu per lusin.

Baca juga  Info Varian & Info Terbaru Harga Kopi Aroma Bandung

Harga Garpu Plastik

Garpu plastik (sumber: thegrocer.co.uk)
Garpu plastik (sumber: thegrocer.co.uk)
Varian Garpu Harga
Garpu Makan Plastik 25 pcs Rp3.750 per pack
Garpu Plastik isi 24 pcs Rp5.000 per pack
TANICA Burnished Bamboo Spoon BU-93 1 pcs Rp39.960 per pcs
UNDHAGI Wooden Fork Rp45.000 per pcs
Demi Bumi Wooden Fork 25 pcs Rp40.000 per pack
Garpu Kue Plastic Fork Golden Hen CF-803 Rp55.200 per lusin

Hingga saat ini, harga 1 pack garpu plastik isi 24 pcs relatif stabil. Namun, harga garpu plastik makan 25 pcs sedikit naik dari Rp3.300 menjadi Rp3.750 per pack. Perlu Anda ketahui bahwa harga garpu tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga garpu yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari garpu makan eceran atau lusinan, Anda bisa membelinya di toko-toko peralatan rumah tangga. Namun, bila Anda mencari garpu plastik atau garpu sekali pakai, maka Anda bisa mencarinya di toko-toko plastik. Jika masih kesulitan juga, maka Anda juga bisa membeli garpu secara online melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka yang ada di Indonesia.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *