Info Terbaru Harga Cream of Tartar (Berbagai Merek)

Bagi Anda yang sering berkutat di dapur dan membuat berbagai resep , mungkin sudah tak asing lagi dengan berbagai bahan seperti baking powder, ovalet, ragi, hingga cream of tartar. Cream of tartar atau yang dikenal dengan nama lain krim tartar adalah bahan kue yang berfungsi untuk pengembang dan pelembut kue.

Ilustrasi: Wanita Memegang Cake Panlova (credit: Healthline)

Ilustrasi: Wanita Memegang Cake Panlova (credit: Healthline)

Cream of tartar adalah potassium hydrogen tartrate yang berbentuk bubuk putih halus dan berasal dari pemurnian Tartaric Acid. Asam Tartaric sendiri merupakan hasil sampingan dari pembuatan wine (minuman anggur). Ketika buah anggur difermentasikan dan disimpan dalam gentong wine, maka akan muncul endapan putih di pinggiran gentong. Endapan putih itu yang kemudian dikikis dan dimurnikan menjadi krim tartar.

Selain untuk melembutkan tekstur suatu kue, krim tartar juga dapat Anda manfaatkan sebagai ragi atau pengembang. Apabila krim tartar dimasukkan ke dalam putih telur dan digunakan untuk membuat kue, maka adonannya tidak akan cepat mengempis. Bila cream of tartar dimasukkan dalam sirup, maka bisa mencegah gula mengkristal. Yang lebih menarik lagi, krim tartar juga bisa dimasukkan dalam sayur supaya warna sayur tetap cerah ketika diolah. Sementara, jika ingin membuat whipped cream yang sempurna, Anda juga bisa memakai krim tartar agar dapat memunculkan rasa asam yang lezat.

Selama ini, mungkin masyarakat Indonesia hanya mengenal cream of tartar Koepoe Koepoe karena merupakan produk yang relatif mudah ditemukan di sejumlah pusat perbelanjaan dan harganya pun murah. Padahal, cream of tartar yang beredar di pasaran ada bermacam-macam, tidak hanya didominasi oleh produk lokal, tetapi banyak pula -merek impor asal luar negeri.

cream of tartar merk lokal biasanya cukup murah, hanya mulai Rp2 ribuan hingga Rp8 ribuan isi beberapa puluh gram. Sementara, untuk merek impor dari luar negeri seperti McKenzie’s, harganya cukup mahal, bisa mencapai Rp79 ribu per isi 170 gram. Agar tidak penasaran, berikut ini informasi harga cream of tartar dalam berbagai merek di pasaran.

Harga Cream of Tartar - cantik.tempo.co

Harga Cream of Tartar - cantik.tempo.co

Harga Cream of Tartar

Merk Cream of TartarHarga (Rp)
Cream of Tartar Pengembang Kue Alco 25 gram2.000
Cream of Tartar Cap Cendrawasih kemasan isi 15 gram3.500
Cream of Tartar Pengembang Kue R&W Rajawali kemasan sachet 25 gr3.000
Cream of Tartar Bubuk Koepoe Koepoe kemasan 43 gram7.500
Cream of Tartar Maoli kemasan repack 100 gram8.000
Cream of Tartar Master Chu kemasan kaleng isi 50 gr20.000
Cream of Tartar Masterfoods 220 gr54.500
Hello Yolk Tartar Sauce 250 gr38.000
Cream of Tartar Kuhne Tartare Sauce 250 ml39.999
Cream of Tartar Koepoe Koepoe 1 kg65.000
Mrs Bridges Tartar Sauces with Lemon 180 gram69.900
Cream of Tartar Bubuk Koepoe Koepoe kemasan 1 kg62.000
Cream of Tartar McCormick Gourmet All Natural kemasan isi 2.62 oz (74 gram)68.600
Cream of Tartar McKenzie’s kemasan isi 125 gram79.000
Cream of Tartar Frontier Powder 3.52 oz (99 gr)90.022

Daftar harga cream of tartar di atas diambil dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga cream of tartar bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga cream of tartar tersebut berkisar Rp3.000 hingga Rp 235.320.

Selain itu, harga cream of tartar yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda. Apabila Anda berencana membuat kue dan membutuhkan cream of tartar, Anda bisa mencarinya di berbagai pusat perbelanjaan, minimarket, hingga ke toko bahan kue. Namun, bila Anda kesulitan menemukan cream of tartar di toko terdekat, maka tak ada salahnya untuk membeli cream of tartar secara melalui sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia.

Ilustrasi: Membuat Sponge Cake dengan Cream of Tartar (credit: electricbluefood)

Ilustrasi: Membuat Sponge Cake dengan Cream of Tartar (credit: electricbluefood)

Karena cream of tartar terbuat dari hasil endapan fermentasi sari buah anggur, beberapa kalangan umat Muslim mungkin masih bertanya-tanya apakah krim tartar halal atau tidak. Menurut halalmui.org, mereka memperingatkan umat Islam untuk menghindari penggunaan krim tartar dalam pembuatan masakan. Sementara, muslimconsumergroup.com beranggapan lain. Mereka menilai bahwa cream of tartar masih halal karena tartaric acid dapat dibuat tanpa pembuatan wine. Di USA sana, mereka membuatnya cukup dengan anggur yang dihancurkan tanpa melalui fermentasi.

Meski demikian, halal atau tidaknya suatu bukan hanya bergantung pada bahan-bahan pembentuknya, tetapi juga berdasarkan proses pembuatannya. Oleh sebab itu, buah anggur yang awalnya halal pun bisa berubah menjadi haram apabila difermentasikan. Karena hingga kini hukum mengonsumsi cream of tartar masih terus dipertanyakan, sebaiknya Anda membeli cream tartar yang telah dilengkapi label halal.

Selain menggunakan krim tartar, sebenarnya ada bahan pengganti lain yang bisa Anda pertimbangkan. Bahan pelembut sekaligus pengembang kue ini bisa diganti dengan perasan buah lemon segar atau cuka putih. Takarannya, setiap 1/2 sendok teh krim tartar dalam resep yang hendak Anda buat, maka Anda dapat menggunakan 1 sendok teh perasan lemon atau cuka putih.

Contohnya, apabila dalam resep ternyata membutuhkan 1 sendok teh krim tartar, maka tambahkan 2 sendok teh air lemon sebagai pengganti. Sementara, untuk resep sirup yang membutuhkan 1/8 sendok teh krim tartar, bisa Anda ganti dengan 3-4 tetes perasan lemon. Anda juga bisa menambahkan 1/2 sendok teh air lemon per putih telur untuk membuat kocokan putih telur lebih mengembang. Meski cuka dan perasan jeruk nipis bisa berperan sebagai pengganti cream of tartar, namun keduanya kemungkinan tidak bisa menggantikan fungsi dan peranan krim tartar sepenuhnya.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Seng Galvalum per Lembar
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Cream of Tartar (Berbagai Merek)"