Manfaat dan Update Harga Ginseng Jawa Berbagai Kemasan

Indonesia memiliki tanaman yang secara morfologi dan kandungan kimianya sama dengan ginseng China dan ginseng Korea, yaitu som Jawa dan kolesom (Talinum triangulare wild). Som Jawa dan kolesom dikenal sebagai ginseng Jawa yang memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan. Meskipun harga jual ginseng Jawa terbilang mahal, tanaman obat yang satu ini tetap dicari banyak orang.

Ilustrasi: Tanaman Ginseng Jawa (credit: worldofsucculents)
Ilustrasi: Tanaman Ginseng Jawa (credit: worldofsucculents)

Som Jawa memiliki nama Latin Talinum paniculatum gaertn, sedangkan kolesom nama latinnya yakni Talinum triangulare wild. Ginseng Jawa ini sebenarnya sudah lama dikenal. Bahkan, Anda mungkin seringkali mengonsumsinya dalam menu sehari-hari. Pasalnya, semua bagian tanaman ini dapat dikonsumsi, mulai dari akar hingga daunnya.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk menjadikan som Jawa dan kolesom sebagai ginseng Indonesia, telah dilakukan berbagai penelitian berkaitan dengan khasiat dan keamanannya. Dalam pengobatan tradisional, ginseng tersebut diramu menjadi berbagai sediaan dan yang paling terkenal berbentuk anggur. Biasanya akar tanaman tersebut dapat menggembung jika dibiakkan melalui biji. Sementara itu, umbi tanaman ini dikeringkan agar dapat dijadikan sebagai ramuan obat.

Baca juga  Update Harga Kayu Glugu 6x12 dan 4x6

Cara mengolah ginseng termasuk mudah dan beragam, yaitu dapat dilakukan dengan menumbuk daunnya atau mencampurkannya ke makanan. Terkadang ginseng Jawa juga dibuat minuman untuk campuran teh. Selain itu, ginseng juga telah banyak dijual dalam bentuk kapsul atau suplemen yang sehat dan bisa dikonsumsi dengan mudah. Daun tanaman ginseng Jawa biasanya dijual sebagai sayuran untuk ditumis. Bahkan, sebagian orang juga kerap menjadikan som Jawa dan kolesom sebagai tanaman hias di pot karena bentuk daun dan bunganya cukup menarik.[1]

Manfaat Ginseng Jawa untuk Kesehatan

  • Mampu menghambat penuaan dini.
  • Mengatur diabetes.
  • Meredakan rasa stres.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir.
  • Melawan kanker.
  • Mengobati ejakulasi dini.

Dari sekian banyak manfaat ginseng Jawa, tanaman yang satu ini cukup populer dijadikan obat kuat bagi pria dewasa. Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center di AS menunjukkan, ginseng berkhasiat membangkitkan gairah seksual. Namun, para peneliti belum mengetahui bagaimana tepatnya ginseng dapat menghasilkan efek tersebut. Sementara itu, studi lainnya mengatakan tanaman ini mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sel sperma sehingga berdampak baik bagi kesuburan.

Baca juga  Manfaat dan Info Terbaru Harga Pasta Gigi NASA

Sebelum mulai pengobatan herbal dengan ginseng Jawa, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terkait efek samping yang mungkin terjadi. Ginseng diketahui dapat bereaksi dengan obat-obatan tertentu seperti obat pengencer darah, insulin untuk pengidap diabetes, obat hipertensi, dan obat stimulan seperti kafein. Sejumlah efek samping saat mengonsumsi ginseng antara lain dapat meningkatkan risiko seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), berdebar, sulit tidur, diare, sakit kepala, dan muncul ruam pada kulit.

Harga Ginseng Jawa

Ginseng jawa kapsul (sumber: biggo.id)
Ginseng jawa kapsul (sumber: biggo.id)
Varian Produk Ginseng Jawa Harga
Ginseng Jawa Kapsul Herbal 100 butir Rp23.500
Ginseng Jawa Kering Kemasan 250 gr Rp71.000
Serbuk Ginseng Jawa Kemasan 250 gr Rp88.000
Serbuk Ginseng Jawa Kemasan 500 gr Rp120.000
Serbuk Ginseng Jawa Kemasan 1 kg Rp239.000

Harga produk ginseng Jawa di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga ginseng Jawa di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, harga ginseng Jawa kering kemasan 250 gram sedikit turun dari Rp75 ribu menjadi Rp71 ribu. Sementara itu, harga ginseng Jawa serbuk/bubuk kemasan 250 gram naik dari Rp80 ribu menjadi Rp88 ribu.

Baca juga  Update Harga Terpal untuk Kolam Lele

Anda dapat membelinya di apotek atau toko herbal terdekat, maupun memesannya secara online melalui sejumlah marketplace dengan harga bersaing. Jika menelusuri situs jual beli online, Anda mungkin akan menemukan bibit tanaman ginseng Jawa. Bagi Anda yang gemar berkebun, tak ada salahnya mencoba membudidayakannya sendiri di rumah. Harga bibit ginseng Jawa terbilang beragam, tergantung merk.

Harga Bibit Ginseng Jawa

Tanaman ginseng jawa (sumber: ipb.ac.id)
Tanaman ginseng jawa (sumber: .ac.id)
Varian Bibit Ginseng Jawa Harga
Bibit Tanaman Ginseng Jawa Organik Super 10-15 cm Rp15.000
Bibit Ginseng Som Jawa Golden Label De’Coral 8 gr Rp16.800

Harga bibit ginseng Jawa di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet, termasuk situs jual beli online. Hingga saat ini, harga bibit ginseng Jawa terpantau relatif stabil. Untuk info lebih lanjut, tak ada salahnya berkunjung langsung ke toko pertanian terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Ernawati, Lia. 2019. Khasiat Top Susu Unta, Jintan Hitam, dan Ginseng. Yogyakarta: Laksana, hlm. 68.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *