Info Lengkap Manfaat dan Harga Ginseng Jawa Berbagai Kemasan

Indonesia memiliki tanaman yang secara morfologi dan kandungan kimianya sama dengan ginseng cina dan ginseng Korea, yaitu som jawa dan kolesom (Talinum triangulare wild). Som jawa dan kolesom dikenal sebagai ginseng jawa yang memiliki sejumlah yang baik bagi . Meski jual ginseng jawa terbilang mahal di pasaran, namun tanaman obat yang satu ini tetap dicari banyak orang.

Ilustrasi: Tanaman Som Jawa dan Kolesom (credit: jalanjogja)

Ilustrasi: Tanaman Som Jawa dan Kolesom (credit: jalanjogja)

Som jawa memiliki nama Latin Talinum paniculatum gaertn, sedangkan kolesom nama latinnya yakni Talinum triangulare wild. Ginseng jawa ini sebenarnya sudah lama dikenal. Bahkan, Anda mungkin sering kali mengonsumsinya dalam menu sehari-hari. Pasalnya, semua bagian tanaman ini dapat dikonsumsi, mulai dari akar hingga daunnya.

Nah, untuk menjadikan som jawa dan kolesom sebagai ginseng Indonesia, telah dilakukan berbagai penelitian berkaitan dengan khasiat dan keamanannya. Dalam pengobatan tradisional, ginseng tersebut diramu menjadi berbagai sediaan dan yang paling terkenal berbentuk anggur. Biasanya akar tanaman tersebut dapat menggembung jika dibiakkan melalui . Sementara itu, umbi tanaman ini dikeringkan agar dapat dijadikan sebagai ramuan obat.

Baca juga  Info Lengkap Harga Buah dan Getah Jernang

Cara mengolah ginseng sendiri termasuk mudah dan beragam, yaitu dapat dilakukan dengan menumbuk daunnya atau mencampurkannya ke makanan. Terkadang ginseng jawa juga dibuat minuman untuk campuran teh dan masih banyak lagi cara pengolahannya. Selain itu ginseng juga telah banyak dijual dalam bentuk kapsul atau suplemen yang sehat dan bisa dikonsumsi dengan mudah.

Daun dari tanaman ginseng jawa biasanya dijual sebagai sayuran untuk ditumis. Bahkan, sebagian orang juga kerap menjadikan som jawa dan kolesom sebagai di pot karena bentuk daun dan bunganya menarik.[1] Lalu apa saja manfaat dari ginseng jawa?

Ilustrasi: Ginseng Jawa (credit: mewalik-jaya)

Ilustrasi: Ginseng Jawa (credit: mewalik-jaya)

Manfaat Ginseng Jawa untuk Kesehatan

  • Mampu menghambat penuaan dini
  • Mengatur diabetes
  • Meredakan rasa stres
  • Meningkatkan kemampuan berpikir
  • Melawan kanker
  • Mengobati ejakulasi dini

Dari sekian banyak manfaat ginseng jawa, tanaman yang satu ini dijadikan obat kuat bagi pria dewasa. Tercatat pada sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center di Amerika Serikat (AS), umumnya ginseng berkhasiat membangkitkan gairah seksual. Namun, para peneliti belum mengetahui bagaimana tepatnya ginseng dapat menghasilkan efek tersebut. Terlebih pada studi lainnya, tanaman ini mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sel sperma sehingga berdampak baik bagi kesuburan.

Baca juga  Info Lengkap Harga Bunga dan Bibit Aglonema di Pasaran

Sebelum mulai pengobatan herbal dengan ginseng jawa, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terkait efek samping yang mungkin terjadi. Ginseng diketahui dapat bereaksi dengan obat-obatan tertentu seperti obat pengencer darah, insulin untuk pengidap diabetes, obat hipertensi, dan obat stimulan seperti kafein. Sejumlah efek samping saat mengonsumsi ginseng yakni dapat meningkatkan risiko seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), jantung berdebar, sulit tidur, diare, sakit kepala, dan muncul ruam pada kulit. Berikut ulasan terkait harga ginseng jawa berbagai kemasan.

Ilustrasi: Manfaat Ginseng (credit: IDNTimes)

Ilustrasi: Manfaat Ginseng (credit: IDNTimes)

Harga Ginseng Jawa di Pasaran

Varian Ginseng JawaHarga (Rp)
Ginseng jawa kemasan 250 gr75.000
Ginseng jawa kapsul herbal per 100 butir75.000
Serbuk ginseng jawa kemasan 250 gram65.000
Serbuk ginseng jawa kemasan 500 gr120.000
Serbuk ginseng jawa kemasan per kilo230.000

Ginseng jawa perkilo memang dikenal cukup mahal dibandingkan tanaman herbal lainnya. Anda dapat membelinya di apotek atau toko herbal terdekat, maupun memesannya secara online melalui sejumlah marketplace dengan harga bersaing. Saat menelusuri banyak situs online, Anda juga akan menemukan bibit tanaman ginseng jawa yang diperjualbelikan. Bagi Anda yang gemar berkebun, tak ada salahnya mencoba membudidayakannya sendiri di rumah. Harga bibit ginseng jawa terbilang beragam tergantung merek.

Baca juga  Harga Pupuk Kompos Organik (Semua Merk dan Kemasan)

Harga Bibit Ginseng Jawa

Varian Gingseng JawaHarga (Rp)
Bibit tanaman ginseng jawa organik super 2 gr10.000
Bibit ginseng jawa kemasan 250 gr15.000
Bibit ginseng Som jawa Golden Label De'Coral kualitas premium 8 gr16.800

Harga ginseng jawa dan bibitnya di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Perlu diketahui, harga tersebut tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Terlebih saat Anda membeli di pengepul, harga yang ditawarkan bisa beragam.

[1] Ernawati, Lia. Khasiat Top Susu Unta, Jintan Hitam, dan Ginseng (Yogyakarta: Laksana, 2019), hlm. 68

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Manfaat dan Harga Ginseng Jawa Berbagai Kemasan"