Update Harga Galon Kosong Aqua, Vit, Le Minerale

Industri rumah tangga yang kian menjamur menjadi target pasar tersendiri bagi para produsen air minum dalam kemasan. Kemasan galon dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan dalam jumlah besar pada industri atau perumahan. Aqua, Vit, dan Le Minerale menjadi sejumlah brand yang meluncurkan produknya dalam kemasan galon 19 liter. Bahkan, setelah galon kosong, dapat diisi ulang melalui minimarket terdekat dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Mengambil Air dari Dispenser (credit: lipseywater)
Ilustrasi: Mengambil Air dari Dispenser (credit: lipseywater)

Dari banyaknya varian kemasan, galon menjadi produk yang banyak diminati untuk kebutuhan jumlah besar. Air Minum Kemasan Galon (AMKG) isi ulang bahkan telah lama menjadi solusi bagi penyedia air minum di rumah, karena cocok untuk memenuhi kebutuhan air minum sekeluarga. Selain lebih hemat, Anda pun dapat menggunakan bahan berulang kali.

Bacaan Lainnya

Review Aqua, Vit, Le Minerale

Aqua pertama kali dipasarkan di hotel-hotel berbintang dan dikonsumsi oleh orang asing. Aqua sendiri mendirikan pertamanya pada 1973 di Bekasi, Jawa Barat. Aqua lantas memberikan lisensi kepada sejumlah perusahaan yang tersebar dari Sumatera hingga Sulawesi untuk memproduksi air mineral bermerek Aqua.

Untuk kemasan galon, Aqua meluncurkan produk kemasan galon dengan tutup anti-tumpah (No-Spill Caps). Bentuk kemasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infiltrasi udara dan menghindari kontaminasi akibat kontak langsung botol dengan tangan manusia. Upaya mendorong penjualan kemasan galon ini ditempuh melalui serangkaian pengujian sampel secara ketat.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Selain pemberian lisensi, pada 1988, PT Aqua Golden Mississippi (PT AGM) juga mengakuisisi PT Varia Industri Tirta yang memproduksi air minum Vit. Vit tetap dipertahankan sebagai brand kedua setelah Aqua untuk menghadang pesaing-pesaing yang kebanyakan menawarkan harga yang lebih murah. Prestasi Vit sendiri patut diperhitungkan karena telah menjalin kerjasama teknik dengan perusahaan AMDK Vittel dari Perancis. Meski telah diakuisisi, kedua brand tersebut kemudian didistribusikan secara terpisah melalui dua perusahaan.[1]

Vit juga menyuguhkan varian kemasan gelas mulai 220 ml untuk kebutuhan perumahan maupun perkantoran. Selain proses filtrasi yang terkontrol, proses pengemasan Vit juga dilakukan secara ketat dan telah memenuhi standar, sehingga terjamin mutunya. Belum lagi, produk Vit telah mendapatkan SNI 01- 3553-2006, serta menerapkan standar HACCP di semua pabrik. Jika Anda merasa galon kapasitas 19 liter dari Aqua dan Vit terlalu besar, ada juga merek air mineral yang menyediakan galon ukuran kecil, yakni Le Minerale galon isi 15 liter.

Berbeda dengan Aqua dan Vit yang masih dalam lingkup perusahaan yang sama, Le Minerale adalah produk air mineral kemasan yang diproduksi PT Tirta Fresindo Jaya. Air mineral tersebut diklaim berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang terfilter dan kaya mineral alami. Berdasarkan review konsumen, Le Minerale memiliki rasa yang segar dan ada sedikit manisnya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Sama seperti Vit dan Aqua, Le Minerale merilis air kemasan galon. Bagian atasnya ditutup dengan tutup ulir yang diklaim anti tumpah dan anti bakteri. Ini juga yang membuat produk mudah dibuka dan bisa ditutup kembali. Selain varian galon, Le Minerale juga hadir dalam kemasan botol isi 330 ml, 600 ml, hingga 1500 ml. Tak hanya diperjualbelikan sepaket dengan isinya, galon atau botol air minum Le Minerale ada yang dijual dalam kondisi kosong. Biasanya ini dipakai untuk keperluan non-konsumsi, seperti untuk isi minyak tanah atau kerajinan tangan. Lalu, berapa harga galon Aqua, Vit,da Le Minerale saat ini?

Galon air (sumber: worldatlas.com)
Galon air (sumber: worldatlas.com)

Harga Galon Aqua

Jenis Galon Aqua Harga
Galon Aqua 19 L (Isi Ulang) Rp17.000 – Rp20.000
Galon Kosong Aqua 19 L Rp34.900
Galon Aqua dengan isi Rp48.000 – Rp55.000

Informasi Harga galon Aqua di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga galon Aqua saat ini terbilang cukup stabil. Galon Aqua 19 liter isi ulang misalnya, semula Rp19.300 dan sekarang bisa dibeli dengan harga berkisar Rp17 ribu hingga Rp20 ribuan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Harga Galon Vit

Jenis Galon Vit Harga
Galon Vit 19 L (Isi Ulang) Rp15.900
Galon Kosong Vit 19 L Rp33.000 – Rp35.000
Galon Vit dengan isi Rp44.900

Harga galon Vit di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Sama seperti Aqua, harga galon Vit saat ini terbilang cukup stabil. Galon kosong Vit kapasitas 19 liter misalnya, semula dijual Rp35 ribu dan sekarang berkisar Rp33 ribu sampai Rp35 ribuan, sedangkan harga galon Vit dengan isi stabil di angka Rp45 ribuan

Harga Galon Le Minerale

Jenis Galon Le Minerale Harga
Galon Kosong Le Minerale 15 L Rp2.500 – Rp3.000
Galon Le Minerale dengan isi Rp20.000

Harga galon Le Minerale di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga galon Le Minerale tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Namun, jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya sekarang masih tidak terlalu berbeda. Jika dilihat dari tiga tabel tersebut, harga galon kosong Le Minerale lebih murah dibanding galon Aqua dan Vit karena galon Le Minerale bersifat sekali pakai.

[Update: Panca]

[1] Irawan, Handi. 2003. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm. 158.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *