Update Harga Fitting Lampu Downlight (Berbagai Ukuran)

Saat ini, tren penggunaan lampu downlight untuk hunian semakin meningkat. Pasalnya, lampu tersebut diklaim punya banyak kelebihan. Selain sebagai sumber pencahayaan, lampu ini dianggap dapat memberikan kesan ruangan yang jauh lebih lapang karena pemasangannya yang ‘tersembunyi’. Layaknya lampu model lainnya, untuk memasang lampu ini, dibutuhkan fitting khusus. Untungnya, tersebut sudah tersedia di banyak toko elektronik dengan harga yang relatif terjangkau.

Lampu downlight (sumber: kmelectric.com)
Lampu downlight (sumber: kmelectric.com)

Anda tentu sudah sangat familiar dengan lampu. Lampu dapat dikatakan sebagai sebuah benda yang berfungsi sebagai penerang, biasanya memiliki bentuk seperti botol, dengan rongga yang berisi kawat kecil yang akan menyala jika disambungkan ke aliran listrik. Thomas Alva Edison sering disebut sebagai penemu bola lampu karena dia yang mengembangkan dan mematenkan lampu pada tahun 1879, yang menjadi dasar lampu modern.

Bacaan Lainnya

Meskipun fungsinya sama-sama sebagai penerang, ternyata lampu dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Ada lampu pijar, yang merupakan lampu generasi awal dan masih digunakan hingga detik ini. Kemudian, ada lampu fluorescent, dengan cahaya yang dipancarkan berupa ultraviolet sehingga di dalamnya dengan bahan fluorescent, lampu natrium yang terbuat dari gelas khusus yang tahan terhadap uap natrium, serta lampu hemat energi (CFL) yang mirip lampu pijar tetapi sebenarnya adalah lampu tabung-tabung fluorescent.[1]

Kemudian, ada pula lampu LED (light emitting diode), yang saat ini semakin digemari masyarakat di Indonesia, terutama untuk rumah-rumah di kawasan terpencil yang menggunakan listrik dari energi terbarukan, seperti tenaga surya, tenaga angin, atau hydropower.[2] Lampu ini diklaim menawarkan banyak kelebihan, seperti ramah lingkungan, kompatibel dengan teknologi dimming, serta punya bentuk yang fleksibel.

Apa Itu Lampu Downlight?

Selain dari bahannya, lampu juga dapat dibedakan berdasarkan letak atau pemasangannya. Anda mungkin pernah mendengar tentang lampu downlight. Lampu downlight sering juga disebut lampu tersembunyi karena memang dipasang pada lubang yang dibuat khusus di langit-langit. Sehingga, ketika dipasang, tampaknya ada cahaya yang bersinar dari lubang di langit-langit, memusatkan cahaya ke arah bawah sebagai lampu sorot yang luas atau lampu sorot yang sempit.

Baca juga  Update Harga Speaker Huper HA400 (15HA400) Baru dan Bekas

Setidaknya, ada tiga bagian untuk perlengkapan pencahayaan downlight, yakni rumah atau fitting, trim, dan bohlam. Trim adalah bagian cahaya yang terlihat, merupakan sisipan yang terlihat saat melihat ke atas ke fixture, dan juga termasuk tipis di sekitar tepi lampu. Sementara, bohlam dapat menggunakan banyak tipe, dengan jumlah panas yang dihasilkan bohlam menjadi pertimbangan khusus.

Fitting lampu downlight (sumber: antara)
Fitting lampu downlight (sumber: antara)

Kelebihan dan Kelemahan Fitting Lampu Downlight

Komponen berikutnya adalah fitting atau rumah, yang dipasang di langit-langit dan berisi dudukan lampu. Sama seperti fitting lampu plafon, fitting lampu jenis ini juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk memasang lampu hemat energi dan LED bulb. Fitting lampu downlight sendiri memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, tetapi kebanyakan masyarakat menggunakan fitting berukuran 4 inch dan 5 inch.

Karena memiliki desain yang lebih menarik jika dibandingkan fitting lampu plafon, fitting lampu downlight pun sangat populer digunakan di langit-langit rumah mewah, gedung bertingkat, serta apartemen mewah. Bangunan yang menyediakan plafond duct juga banyak yang menggunakan fitting jenis ini untuk memasang lampu. Harga fitting lampu downlight sendiri beragam, tetapi umumnya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga fitting lampu plafon.

Beberapa kelebihan fitting lampu downlight adalah mempunyai reflektor yang dapat membantu distribusi cahaya lampu menjadi lebih baik. Selain itu, seperti diutarakan sebelumnya, fitting lampu jenis ini juga punya desain atau bentuk yang beragam, sehingga dapat membantu menambah estetika di dalam ruangan.

Namun, layaknya fitting lampu lainnya, fitting lampu downlight juga tidak bisa lepas dari kelemahan. Salah satu keterbatasan fitting lampu jenis ini adalah apabila tabung dari lampu hemat energi tidak bisa melebih panjang reflektor dari fitting tersebut, maka penampilan lampu akan terlihat jelek dan distribusi cahaya menjadi tidak optimal.

Baca juga  Update Harga Susu SGM Soya (200gr, 400gr, 700gr)

Kekurangan fitting lampu downlight lainnya adalah casing lampu LED bulb seringkali membentur reflektor yang ada di dalam fitting lampu ini sehingga fitting lampu tidak bisa masuk ke screw shell E27 dari downlight tersebut. Di samping itu, fitting lampu downlight juga kurang bisa melepas panas dari lampu sehingga rentan menimbulkan tanda kehitaman di pinggir plafon duct. Untuk mengatasi hal ini, konsumen disarankan memilih fitting lampu downlight yang mempunyai lubang agak besar agar pelepasan panas dari lampu menjadi lebih mudah.

Nah, apabila Anda tertarik memasang lampu downlight di rumah dan membutuhkan rumah khusus, tidak sulit mendapatkan fitting lampu tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko lampu, toko peralatan elektronik, hingga situs jual online. Harga yang dipatok bervariasi, tergantung dan ukuran fitting yang bersangkutan.

Harga Fitting Lampu Downlight

Produk fitting lampu downlight (sumber: tokopedia)
Varian Fitting Lampu Downlight Harga
Fitting Lampu Downlight Keramik E27 Rp4.900
Ultron Fitting Lampu Downlight E27 Rp5.500
Philmax Fitting Lampu Downlight E27 Rp6.000
Masko Fitting Lampu Downlight E27 Rp6.250
Mitsuyama Fitting Lampu Downlight E27 Rp8.100
Visicom (i-hemat) Fitting Lampu Downlight E27 Rp10.000
Moradon Fitting Lampu Downlight E27 Rp11.100
Muraled MR16 Fitting Lampu Downlight Rp13.000
Vatalux Fitting Lampu Downlight E27 Rp14.000
Fantas Eco Fitting Lampu Downlight E27 Rp20.000
Chakasu Fitting Lampu Downlight 3 inch Silver Model Rp20.700
Gaxindo Fitting Lampu Downlight E27 Rp21.000
Sentosa Fitting Lampu Downlight 3,5 inch Rp22.000
Yoshimitsu Fitting Lampu Downlight 3,5 inch Rp23.000
Chakasu Fitting Lampu Downlight 3 inch White Model Rp24.000
Hattasu Fitting Lampu Downlight 3,5 inch Rp25.000
Krisbow Sambungan Fitting Lampu Downlight Rp26.000
Rakuda Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp27.425
Primax PR-001R Fitting Lampu Downlight Rp27.500
Chakasu Fitting Lampu Downlight 4 inch White Model Rp27.500
Dekson Fitting Lampu Downlight 3,5 inch Gold Model Rp28.000
Sanly Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp28.000
Chakasu Fitting Lampu Downlight 4 inch Silver Model Rp29.000
Chakasu Fitting Lampu Downlight 5 inch White Model Rp30.000
Bright G Fitting Lampu Downlight E27 Rp30.000
Chakasu Fitting Lampu Downlight 5 inch Silver Model Rp32.000
Osiwa Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp32.000
Meiwa Fitting Lampu Downlight E27 Rp35.000
Velalux VL-77-4 Fitting Lampu Downlight Rp45.000
Vacolux DL-401 Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp46.200
Meval Fitting Lampu Downlight 3 inch Rp47.362
Meval Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp52.800
Panasonic NLP 72331 Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp57.600
Philips FBS 111 Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp59.500
Panasonic NLP 7130 Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp59.700
Philips FBS 110 Fitting Lampu Downlight 3 inch Rp63.000
Nicos Fitting Lampu Downlight 4 inch Rp78.000
Zetalux DL-960 Fitting Lampu Downlight Rp90.000
Philips FBS 115 Fitting Lampu Downlight Rp95.000
Baca juga  Update Harga Printer Epson L100 dan Tinta Original

Daftar harga fitting lampu downlight di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan elektronik dan situs jual online. Perlu Anda ingat bahwa harga fitting lampu tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang turun dan ada yang naik. Philmax fitting lampu downlight E27 misalnya, awalnya dijual Rp8.500 dan sekarang turun menjadi Rp6.000. Sebaliknya, harga Philips FBS 115 fitting lampu downlight yang semula Rp77.500, saat ini naik menjadi Rp95 ribuan.

[1]  Fajri A., Ulin Dwi, Unggul Wibawa, Rini Nur Hasanah. 2014. Hubungan Antara Tegangan dan Intensitas Cahaya pada Lampu Hemat Energi Fluorescent Jenis SL (Sodium Lamp) dan LED (Light Emitting Diode). Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya.

[2] Faridha, Moethia dan M. Dahlan Yusuf Saputra. 2016. Analisa Pemakaian Daya Lampu LED pada Rumah Tipe 36. Jurnal Teknologi Elektro Universitas Mercu Buana, Vol. 7(3): 193-198.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.