Harga Fire Blanket Semua Ukuran (Meteran dan Roll)

Ada banyak alat yang dapat dimanfaatkan sebagai antisipasi jika kebetulan terjadi kebakaran. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah fire blanket atau selimut api, yang bisa dipakai untuk memadamkan api yang mulai terbakar atau api karena minyak dan korsleting listrik. Tersedia dalam beberapa ukuran, harga fire blanket ini rata-rata ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Api, jika digunakan secara bijak, tentu saja dapat memberikan manfaat yang beragam untuk kebutuhan manusia. Namun, apabila sembrono, bukan tidak mungkin api dapat menyebabkan kebakaran. Kebakaran ini dapat terjadi karena beberapa hal, misalnya lupa mematikan alat listrik seperti seterika, televisi, atau bahkan kompor gas.

Harga Fire Blanket - www.grainger.com

Harga Fire Blanket - www.grainger.com

Hampir setiap hari, kita membaca di koran atau melihat berita di televisi yang menyiarkan musibah kebakaran, baik di dalam rumah penduduk, gedung perkantoran, hotel, pertokoan, maupun pasar. Bencana kebakaran sendiri sangat berbahaya karena tidak hanya dapat memakan korban jiwa, namun menyebabkan kerugian material dan ekonomi yang besar.

Berdasarkan data dari Pusat Laboratorium Forensik Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, kebakaran yang terjadi di Indonesia sebanyak 2.033 kasus selama rentang 1990 hingga 1996, dan 1.121 kasus pada tahun 1997 hingga 2001. Sementara, di Amerika Serikat, seperti yang dilaporkan NFPA (National Fire Protection Association), terjadi 1.687.500 kasus kebakaran pada 2002, sedangkan di Inggris tercatat 519.400 kasus.[1]

Dari data tersebut, kontribusi utama kasus kebakaran adalah terjadi pada bangunan gedung. Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS), rata-rata kebakaran yang terjadi di DKI Jakarta pada tahun 2004, sekitar 70 persen di antaranya adalah kebakaran bangunan gedung.[2] Sementara, laporan statistik yang dirilis NFPA mengungkapkan bahwa selama 2004, ada lebih dari 1,5 juta kasus kebakaran bangunan di Amerika Serikat.

Baca juga  Info Terbaru Harga Telur Bebek Mentah per Butir dan Kiloan

Untuk meminimalkan risiko kebakaran, saat ini sebenarnya telah tersedia fire alarm. Umumnya, fire alarm atau alarm peringatan kebakaran ini terdiri dari dua jenis, yakni smoke detector dan heat detector. Berbeda dengan smoke detector yang dirancang untuk mengaktifkan alarm ketika mendeteksi adanya asap, maka heat detector didesain untuk mengaktifkan alarm peringatan hanya ketika alat tersebut mendeteksi adanya perubahan kenaikan suhu yang tidak wajar dalam suatu ruangan, yang umumnya merupakan pertanda timbulnya api atau terjadinya kebakaran.

Definisi dan Fungsi Fire Blanket

Apabila api terlanjur menyala, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan fire blanket. Ini adalah alat yang kerap digunakan untuk memadamkan kebakaran pada tahap awal dan kebakaran yang sulit dipadamkan oleh air, misalnya api akibat minyak atau lemak dan korsleting listrik. Selain itu, alat ini juga sering dipakai oleh pemadam kebakaran untuk menolong orang yang terjebak api dengan cara menutupi atau membungkusnya.

Pemadam ini umumnya terbuat dari kain serat kaca yang dilapisi dengan bahan resistor api. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan suplai udara ke dalam api. Seperti diketahui, api dapat terjadi ketika tiga faktor pembentuk api terpenuhi, yaitu panas, bahan bakar, dan oksigen. Jika satu saja faktor tidak mencukupi, maka api tidak akan terbentuk. Nah, pemadam ini bekerja dengan cara menghalau salah satu faktor segitiga api tersebut, yaitu oksigen.

Baca juga  Keunggulan dan Harga Vertical Blind per Meter

Fire blanket harus dirapatkan ke permukaan yang padat di sumber api. Alat ini biasanya memiliki dua ekor tali yang dapat ditarik, yang terlihat dari luar kemasan. Pengguna harus meletakkan satu tangan pada setiap tag dan tarik ke bawah secara bersamaan dengan melepaskan fire blanket dari tas. Ekornya terletak di dekat bagian atas selimut api yang memungkinkan bibir atas fire blanket dapat melipat kembali di atas tangan pengguna sehingga dapat melindungi mereka dari panas dan luka bakar kontak secara langsung.

Cara Menggunakan Fire Blanket

  • Tarik dua ekor tali di bagian bawah kemasan selimut. Buka selimut dengan tarikan dengan cukup keras secara bersamaan pada setiap ekor talinya. Ini adalah cara untuk membuka selimut.
  • Pegang fire blanket di depan dan lipat menutupi tangan. Pastikan tangan aman dari api dengan cara menggulungkan sedikit sisi atas selimut di atas tangan, baru kemudian hadapi material yang terbakar.
  • Tempatkan fire blanket di atas sumber api dengan lembut (jika aman melakukannya). Jangan meletakkan fire blanket dengan cara melempar ke media yang terbakar.
  • Letakkan selimut di atas api dari sisi terdekat nyala api. Lakukan ini untuk menghindari api menjalar ke sisi selimut, kemudian ke tangan.
  • Biarkan selimut di atas sumber api. Tinggalkan fire blanket di tempat setidaknya selama 15 sampai 30 menit untuk memastikan api benar-benar padam.
Baca juga  Update Harga Minyak Misik di Pasaran

Fire blanket yang baru saja digunakan untuk memadamkan api, hendaknya dibiarkan dulu mendingin selama 30 hingga 60 menit. Pastikan juga agar tidak ada lagi kobaran api yang tersisa saat Anda hendak mengangkatnya. Fire blanket dapat digunakan berulang-ulang dan tidak membutuhkan biaya maintenance untuk menjaganya berfungsi dengan baik.

Harga Fire Blanket - firesafetysg.com

Harga Fire Blanket - firesafetysg.com

Harga Fire Blanket

Ukuran Fire BlanketHarga
Fire Blanket 1 x 1 mRp124.000
Fire Blanket 1,2 x 1,2 mRp135.000
Fire Blanket 1,2 x 1,8 mRp160.000
Fire Blanket 1,5 x 1,5 mRp265.000
Fire Blanket 1,8 x 1,8 mRp280.000 – Rp659.000
Fire Blanket Sedaya 1,2 x 1,5 mRp715.000
Fire Blanket Blue ATG 1515Rp1.223.300
Fire Blanket HTX600Rp1.335.000
Fire Blanket HT800Rp1.950.000 per roll
Fire Blanket HTX 1000Rp1.950.000

Harga fire blanket di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat-alat kesehatan, toko peralatan industrial, hingga situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga fire blanket tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga fire blanket juga dapat berbeda-beda di masing-masing lokasi.

[1] Musafir, Abdul Malik. 2011. Keselamatan terhadap Resiko Kebakaran pada Bangunan Ruko di Kota Makassar. Unity Jurnal Arsitektur, Vol. 2(1): 11-24.

[2] Saputra, Adhi. 2007. Analisis Pengaruh Smoke Shaft Sebagai Sistem Pengendalian Asap pada Kebakaran Bangunan Ruko dengan Menggunakan Fire Dynamic Simulator (Tesis). Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Fire Blanket Semua Ukuran (Meteran dan Roll)"