Harga DVD RW Kosong (per Keping dan 1 Pack)

No comment907 views

Masih banyak orang yang lebih memilih menyimpan file atau data dalam CD atau kaset daripada flashdisk maupun tempat lain. Apalagi jika Anda seorang mahasiswa atau karyawan , biasanya tugas atau pekerjaan yang harus dikumpulkan akan lebih baik dan praktis jika disimpan dalam CD. Nah, salah satu CD yang sering digunakan untuk menyimpan file atau data adalah RW, yang dijual dengan harga mulai Rp4.500 per untuk yang masih kosong.

Keping cakram DVD (sumber: rawinfopages.com)

Keping DVD (sumber: rawinfopages.com)

Memang, ada banyak keunggulan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan menyimpan file atau data Anda di DVD RW. Ini tentunya berbeda jika Anda memilih untuk menyimpan file di jenis kaset DVD biasa. Berikut ini sedikit mengenai beberapa kelebihan DVD RW kosong.

Keunggulan DVD RW

Penyimpanan Lebih Banyak

Dari semua jenis kaset yang ada, seperti DVD R, DVD R, DVD R+, dan lainnya, DVD RW memiliki kapasitas lebih besar. Beberapa merek DVD RW bahkan punya kapasitas penyimpanan data hingga 8,5 GB. Dengan kapasitas yang besar, Anda pun bisa menyimpan file lebih leluasa. Anda bisa menyimpan berbagai jenis file penting berkapasitas besar, seperti foto dan video.

DVD RW cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi dan membuat video. Anda juga bisa menggunakan DVD RW sebagai salah satu penyimpanan tugas atau file laporan . Tak jarang orang menyimpan file dan data berbentuk word maupun PDF dengan kapasitas besar ke dalam DVD RW.

Kecepatan Lebih Tinggi

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari media penyimpanan praktis dan berkecepatan tinggi, bisa mencoba menggunakan DVD RW. Ini merupakan salah satu media yang memiliki kecepatan konektivitas maupun proses penyimpanan atau burning mulai 4 kali hingga 6 kali. Kecepatan setiap DVD RW berbeda-beda, tergantung dari merek dan jenisnya. 

Ini cocok untuk Anda yang tidak suka menunggu atau sering terburu-buru ketika menyimpan data. Anda bisa menggunakannya dengan mudah dan praktis karena kecepatan penyimpanan dan konektivitasnya. Beberapa merek DVD RW dengan kecepatan tinggi biasanya dijual secara khusus, walaupun begitu paling banyak diminati.

Ilustrasi: burning keping DVD RW (sumber: murdockcruz.com)

Ilustrasi: burning keping DVD RW (sumber: murdockcruz.com)

Tingkat Kerusakan Burning Lebih Kecil

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dari DVD RW, yaitu tingkat kerusakan saat burning lebih kecil. Jika Anda sering menjumpai file pada keping kaset tidak dapat diputar karena kerusakan file atau file yang kurang komplet, bisa jadi saat Anda melakukan burning, ada kerusakan atau gangguan. Ini berbeda jika Anda menggunakan DVD RW. DVD RW, selain memiliki keakuratan dalam kecepatan burning, juga memiliki keakuratan pada proses burning.

Jika Anda menggunakan aplikasi burning yang tepat, maka hasil dari pembakaran file pada DVD RW tidak akan mengalami kerusakan. Burning pada DVD RW juga lebih praktis, mudah, dan cepat. Inilah alasan lain mengapa jenis media penyimpanan ini paling laris di pasaran.

Manajemen Error Lebih Baik

Kebanyakan jenis DVD, seperti DVD R, DVD R, DVD R+, dan lainnya, rata-rata kurang memiliki manajemen error yang baik. Jika Anda menggunakan DVD RW, selain jarang menemukan kerusakan file, Anda juga akan lebih paham mengenai penyebab kerusakan file. Ada notifikasi pada proses burning atau proses membuka file pada DVD RW jika terdapat masalah atau kerusakan pada file. Meskipun jarang terjadi, manajemen error yang baik akan membuat proses penyimpanan file menjadi lebih akurat lagi.

Ini cocok bagi Anda yang ingin menyimpan file secara akurat tanpa ada error sama sekali. Selain itu, file yang disimpan pada DVD RW juga dapat diperbaiki jika rusak. Anda bisa menggunakan beberapa jenis aplikasi khusus atau tinggal menghapus file dan melakukan burning ulang untuk mengatasi error pada file.

Dapat Digunakan Berulang-Ulang

Kelebihan lainnya yang tidak bisa Anda temukan pada jenis media penyimpanan berupa kaset lainnya, yaitu DVD RW dapat digunakan secara berulang-ulang. Dalam hal ini, Anda bisa menyimpan file dan menghapus file pada DVD RW, lalu menggunakannya lagi untuk keperluan menyimpan file lainnya. 

Ini tentunya lebih praktis dan membuat Anda tidak perlu khawatir untuk membeli banyak keping DVD RW. Jika Anda bosan dengan file yang Anda simpan pada keping DVD RW, Anda juga bisa menggantinya dengan jenis file lainnya. Jika ada ruang kosong pada DVD RW, Anda juga bisa menambahkan file yang lainnya.

Harga DVD RW Kosong per Keping

Keping cakram DVD kosong (sumber: Tokopedia)

Keping cakram DVD kosong (sumber: Tokopedia)

Itulah beberapa kelebihan dari DVD RW. Bagi Anda yang ingin membeli DVD RW, Anda juga perlu mengetahui harga per kepingnya. Untuk satu keping DVD RW kosong di pasaran, dibanderol mulai Rp4.500 hingga Rp7.000. Ada juga beberapa toko besar yang menjual DVD RW kalengan dengan harga berbeda-beda tergantung dari mereknya, seperti berikut ini.

Harga DVD RW Kosong per Pack

Merek DVD RW KosongHarga
DVD RW HP Kapasitas 4.7 GB, isi 10 keping Rp89.000
DVD RW VerbatimKapasitas 4.7 GB, isi 10 kepingRp130.000
DVD RW GT-PROKapasitas 4.7 GB, isi 50 keping, kecepatan burning max 4x Rp225.000
DVD RW Fighting FishKapasitas 4.7 GB, isi 50 keping, kecepatan burning max 4x, durasi 120 menit (video), kemasan tabung/spindle packRp228.000
DVD RW Ritek ExcellentKapasitas 4.7 GB, durasi 120 menit, isi 50 keping, kecepatan burning 6xRp250.000
DVD RW GT-PRO Kapasitas 8.5 GB, isi 50 keping, kecepatan burning max 4x, kemasan tabung/spindle packRp432.000

Harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan toko dan produsen DVD RW.

Baca juga  Update Biaya Tes Bebas Narkoba di Beberapa Kota di Indonesia
author

Leave a reply "Harga DVD RW Kosong (per Keping dan 1 Pack)"