Info Dosis Penggunaan dan Harga Dulcolax Tablet di Apotek

Siapa saja pasti pernah mengalami kondisi atau susah buang air besar (BAB). Tak hanya orang , sembelit juga dialami anak maupun bayi yang baru lahir. Untuk itu, berbagai pengobatan dilakukan terutama mengonsumsi obat pencahar. Dibandingkan obat pencahar dalam bentuk gel, pencahar cukup banyak dipilih karena lebih praktis digunakan. Salah satu obat pencahar tablet yang cukup populer dengan harga terjangkau di apotek yakni Dulcolax.

Ilustrasi: Konstipasi (credit: ultrawellnesscenter)

Ilustrasi: Konstipasi (credit: ultrawellnesscenter)

Bicara soal sembelit, kondisi ini merupakan pergerakan tinja yang lambat dan berkaitan dengan keras atau lunaknya tinja serta frekuensi buang air besar. Biasanya sembelit dipengaruhi oleh diet, komposisi tinja, pergerakan pencernaan, hingga penyumbatan karena suatu benda.[1] Meski kondisi sembelit dapat sembuh sendiri, tetapi sebagian orang yang tidak nyaman lebih memilih mengobatinya dengan beberapa cara seperti simtomatik. Pengobatan ini dilakukan untuk menghilangkan sembelit, misalnya dengan memberikan obat pencahar.

Obat pencahar atau laksansia adalah zat-zat yang dapat menstimulasi gerakan peristaltik usus sebagai refleks dari rangsangan langsung terhadap dinding usus dan dengan demikian menyebabkan atau mempermudah buang air besar dan meredakan sembelit.[2] Dulcolax menjadi obat yang dapat Anda pilih karena tersedia dalam dua varian, di antaranya tablet dan sirup. Obat pencahar Dulcolax merupakan tipe pencahar stimulan untuk memberikan rasa lega dari konstipasi yang menyakitkan. Obat ini biasanya juga digunakan dalam rumah sakit untuk mengosongkan usus sebelum operasi.

Baca juga  Info Terkini Manfaat, Komposisi, dan Harga Zambuk di Pasaran

Dulcolax mengandung bahan aktif Bisakodil yang merangsang dan kontraksi usus besar sehingga dapat mengeluarkan feses sekaligus. Tablet ini umumnya bekerja setelah 6-12 jam setelah diminum. Disarankan untuk tidak memberikan obat ini kepada anak di bawah usia 4 tahun. Jika keluhan timbul selama 1-4 minggu, ini menandakan sembelit telah bersifat akut. Berikut petunjuk penggunaan obat Dulcolax tablet.

Dosis Penggunaan Dulcolax Tablet

Ilustrasi: Dulcolax Tablet (credit: ameliasubarkah.net)

Ilustrasi: Dulcolax Tablet (credit: ameliasubarkah.net)

Untuk Konstipasi

  • Dewasa dan anak di atas 10 tahun: 1 - 2 tablet salut enterik (5 - 10 mg) sehari.
  • Anak umur 6 - 10 tahun: 1 tablet salut enterik (5 mg) sehari.

Disarankan untuk memulai dengan dosis terendah. Dosis dapat disesuaikan sampai dosis maksimum yang dianjurkan untuk menghasilkan buang air besar yang teratur. Dosis maksimum harian tidak boleh dilampaui. Anak-anak berusia 10 tahun atau lebih muda dengan sembelit kronis atau persisten harus dirawat di bawah pengawasan dokter. Tablet dianjurkan untuk diminum pada malam hari untuk mendapatkan buang air besar keesokan harinya. Tablet harus ditelan dalam keadaan utuh dengan air secukupnya.

Baca juga  Update Harga Entrostop untuk Mengobati Diare

Untuk persiapan diagnostik dan sebelum operasi

  • Dewasa: 2-4 tablet salut pada malam hari sebelum pemeriksaan, diikuti dengan 1 supositoria pada pagi hari pemeriksaan.
  • Untuk anak usia 6 tahun atau lebih, dianjurkan 1 (satu) tablet pada malam hari dan 1 (satu) supositoria pediatrik pada pagi hari.

Meski begitu, mengonsumsi Dulcolax Tablet dapat menyebabkan sejumlah efek samping yang mungkin terjadi pada sebagian orang. Untuk itu, disarankan mengonsumsinya di bawah pengawasan dokter khususnya jika digunakan sebelum operasi.

Efek Samping Dulcolax Tablet Efek

Ilustrasi: Harga Obat Dulcolax (credit: lifepack.id)

Ilustrasi: Harga Obat Dulcolax (credit: lifepack.id)

  • Efek samping yang paling umum dilaporkan selama pengobatan adalah nyeri perut dan diare.
  • Gangguan sistem kekebalan yakni reaksi anafilaksis, angioedema, hipersensitivitas.
  • Gangguan metabolisme dan nutrisi berupa dehidrasi.
  • Gangguan sistem saraf seperti pusing.
  • Gangguan pencernaan meliputi kejang perut, nyeri perut, diare, mual, hematochezia (darah di dalam tinja), muntah, hingga rasa tidak nyaman pada perut, anorektal, kolitis termasuk kolitis iskemik.
Baca juga  Update Terkini Daftar Harga Member Helios Fitness di Berbagai Kota

Jika pengobatan dengan obat pencahar tidak bekerja efektif, maka pasien dimungkinkan menjalani pengobatan kausal, yaitu menghilangkan penyumbatan pada usus. Lalu, berapa harga obat Dulcolax di pasaran saat ini?

Harga Dulcolax Tablet Berbagai Varian

Varian Produk Dulcolax TabletHarga (Rp)
Dulcolax isi 4 tablet9.643 per strip
Dulcolax isi 10 tablet19.669 per strip
Dulcolax Strip Isi 4 Tablet Per Box175.250

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Anda dapat membeli obat Dulcolax di sejumlah toko obat atau apotik terdekat. Selain itu, Dulcolax tablet juga dapat Anda temukan di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart dengan harga bersaing. Perlu diketahui, harga obat Dulcolax tablet dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual.

Bagi anak Anda yang mengalami kesulitan buang air besar juga dapat mengonsumsi obat Dulcolax berbentuk sirup. Dulcolax kemasan sirup dibuat khusus untuk anak di bawah 1 tahun sampai 10 tahun. Dulcolax sirup kemasan 60 ml dapat Anda beli mulai harga Rp83 ribuan per botol.

[1] Febry, Ayu Bulan. Smart Parents (Jakarta: GagasMedia, 2010), hlm. 62

[2] Tan dan Kirana. Obat-obat penting: khasiat, penggunaan dan efek-efek sampingnya (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007), hlm. 300

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Dosis Penggunaan dan Harga Dulcolax Tablet di Apotek"