Fungsi dan Update Harga Drawing Pen 1 Pack

Drawing pen termasuk alat yang penting dalam dunia desain maupun arsitektur. Berfungsi membantu Anda untuk menggambar sketsa manga, komik, hingga untuk menggambar denah bangunan agar lebih detail, drawing pen atau pena gambar terdiri dalam berbagai ukuran. Bisa dibeli secara bijian atau 1 pack, harga drawing pen ini bervariasi, tergantung dan kemasan.

Ilustrasi: set drawing pen dalam berbagai ukuran (sumber: uni-ball.co.uk)
Ilustrasi: set drawing pen dalam berbagai ukuran (sumber: uni-ball.co.uk)

Fungsi Drawing Pen

Bagi mereka yang bergelut dengan dunia desain, pasti sudah tidak asing lagi dengan drawing pen. Drawing pen sangat bermanfaat untuk proses penebalan gambar. Suatu sketsa atau gambar perlu ditebalkan agar gambar yang sudah Anda buat tampak lebih fokus dan tidak gampang terhapus, apalagi jika sketsa sebelumnya Anda buat dengan menggunakan seperti pensil.

Bacaan Lainnya

Saat melakukan proses finishing, yakni pada tahapan inking atau proses menebalkan garis dasar, Anda akan memerlukan drawing pen. Yang perlu diperhatikan dari drawing pen adalah tingkat ketebalannya. Anda dapat menggunakan drawing pen dengan ketebalan 0.1 atau 0.2 untuk bagian detail, ketebalan 0.3 untuk membuat garis dasar, dan ketebalan 0.5 atau 0.7 untuk garis luar atau bagian yang perlu ditebalkan.[1]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Semakin besar ukuran tip atau ujungnya, maka garis yang dihasilkan pun akan semakin tebal pula. Demikian pula sebaliknya, jika ujung penanya semakin kecil ukurannya, maka hasil garis yang dihasilkan pun semakin tipis. Anda bisa membeli drawing pen dengan ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu, untuk varian warnanya, biasanya warna-warna dasar seperti hitam, biru, atau merah. Beberapa merk drawing pen bahkan memiliki warna yang lebih variatif layaknya spidol untuk menggambar.

Apabila Anda menginginkan hasil gambar yang lebih memuaskan dan tidak mudah luntur, Anda bisa memanfaatkan drawing pen dengan tinta berjenis waterproof atau tahan air. Secara umum, drawing pen dikhususkan untuk membuat atau memperjelas outline alias garis utama pada sebuah gambar. Namun ada juga jenis drawing pen atau pulpen untuk kaligrafi yang memang dikhususkan bagi Anda yang ingin membuat tulisan Arab atau kaligrafi.

Saat ini, sudah ada banyak merk drawing pen yang beredar di pasaran, mulai dari Kuretake, Mitsubishi, Sakura, Simbalion, Uni, Artline, Faber Castell, hingga Snowman. Warna dan ukuran tip atau ujung pena drawing pen juga sangat beragam. Biasanya drawing pen tersedia dengan berbagai pilihan ukuran ujung pena, mulai dari yang paling runcing atau paling kecil ukuran 0,05 mm, 0,1 mm, 0,2 mm, 0,3 mm, 0,4 mm, 0,5 mm, 0,6 mm, 0,7 mm, 0,8 mm, 1,0 mm, 2,0 mm, hingga 3,0 mm.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Varian Drawing Pen - (id.carousell.com)
Varian Drawing Pen – (id.carousell.com)

Harga Drawing Pen

Merk Drawing Pen Harga per Pack
Drawing Pen Joyko Set 6 DP-298S – Black Rp25.000
Drawing Pen Joyko DP-331-7 1 Set 7 Rp33.000
Drawing Pen Joyko Set 6 DP-298S – Colors 289S-059 Rp35.000
Drawing Pen Joyko DP-298SA12 – Black Rp35.000
Drawing Pen Simbalion Blue Set 5 Rp38.000
Drawing Pen Derwent Black Line Maker Set 3 Rp46.000
Drawing Pen STA Pigment Liner Set 9 Rp75.000
Drawing Pen Uni Pin Fineliner Set 3 (Sepia & Black) Rp75.000
Drawing Pen Fineliner Set 10 Rp78.000
Drawing Pen Snowman Set 9 Rp88.000
Drawing Pen Sakura Pigma Micron Set 5 Black Barrel Limited Edition Rp135.000
Drawing Pen Sakura Pigma Micron Set 9 Rp161.500
Drawing Pen Copic Multiliner Warm Gray Set 4 Rp182.900
Drawing Pen Uni Pin-200-6C Set 6 Rp194.000
Drawing Pen Faber-Castell Set (Ecco Pigment) Set 8 Rp360.000

Informasi harga drawing pen 1 pack di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu diketahui bahwa harga drawing pen per pack tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, tahun lalu drawing pen Uni Pin-200-6C Set 6 ditawarkan Rp146 ribu, sedangkan harga drawing pen Sakura Pigma Micron Set 9 masih Rp138 ribuan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Apabila Anda sedang mencari drawing pen untuk keperluan menggambar atau semacamnya, Anda bisa membelinya lewat toko-toko alat tulis yang ada di kota Anda. Selain membeli secara offline, Anda juga bisa membeli drawing pen secara online melalui sejumlah marketplace.

(Panca)

[1] Fudou. 2013. Cara Mudah Menggambar Manga Menggunakan Pensil. Jakarta: TransMedia Pustaka, hlm 4.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *