Update Harga DOD Bebek Petelur per Ekor dan per Box

Beternak bebek merupakan salah satu bisnis yang terbilang menjanjikan, apalagi jika Anda membeli bebek peliharaan dari anakan. Nah, salah satu jenis bebek yang sering diternak adalah bebek petelur. Biasanya, orang akan membelinya ketika masih usia bibit atau DOD dalam jumlah banyak, karena harga jualnya yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: DOD (credit: commons.wikimedia.org)
Ilustrasi: DOD (credit: commons.wikimedia.org)

Di antara komoditas peternakan lokal, khususnya unggas, yang telah berkembang di Indonesia dengan baik adalah bebek petelur karena kebutuhan konsumsi yang kian meningkat. Banyak orang suka mengonsumsi telur bebek, karena rasanya yang gurih dan mengandung protein, kalori, serta lemak yang tinggi dibanding telur ayam.[1]

Peningkatan populasi bebek tersebut juga dikarenakan cara yang tidak sulit. Untuk beternak bebek petelur saja, Anda tidak perlu repot-repot membuat kandang khusus seperti ayam petelur. Jika penasaran, berikut ulasan cara beternak bebek petelur.

Cara Bebek Petelur

  • Dilansir dari hiternak.com, sistem pemeliharaan bebek dikenal sebagai sistem semi intensif dan intensif. Anda bisa bebas memilih metode yang tepat sesuai dengan keinginan dan letak tempat tinggal Anda.
  • Pemeliharaan bebek dengan sistem semi intensif atau tradisional, banyak dilakukan oleh masyarakat pedesaan dengan cara digembalakan di sawah. Hal ini menjadi peluang tinggi bagi Anda yang hidup jauh dari kota. Dengan metode ini, Anda perlu memperhatikan halaman bermain dan kolam mandi bebek di lokasi dekat sawah.
  • Jika Anda ingin memelihara bebek petelur di perkotaan atau secara modern, Anda bisa memilih metode intensif. Namun, peternak harus mengetahui cara memelihara yang baik dan benar. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara memilih DOD yang unggul. Untuk kandangnya sendiri adalah jenis kandang khusus, yang permanen dan tidak harus dekat dengan sawah atau sungai.
  • Jika Anda sudah memilih metode memelihara bebek, saatnya untuk membuat kandang. Kandang harus diletakkan di daerah yang memiliki penyinaran baik dan tidak lembap. Sebagai pemula, Anda bisa membuat kandang kotak dengan ukuran 1 m x 2 m. yang bisa Anda pilih untuk membuat kandang, antara lain kardus, triplek, kayu, dan bambu.
  • Lengkapi kandang dengan seng atau genteng sebagai pelindung atap, sehingga tidak mudah bocor. Kandang ini bisa dipakai untuk memelihara DOD usia 1 hingga 14 hari. Pada bagian tengah kandang, juga harus diberi lampu (minimal 5 watt) supaya kondisi kandang tetap hangat saat malam.
  • Siapkan juga kandang ren untuk pembesaran DOD atau pemeliharaan indukan bebek. Lantai kandang harus dilapisi dengan litter berupa jerami, sekam, atau lain yang empuk. Luas kandang ini bisa disesuaikan dengan jumlah DOD yang ingin Anda pelihara.
  • Jika Anda ingin hasil lebih maksimal, Anda juga bisa membuat kandang baterai atau pembesaran untuk satu hingga lima ekor bebek dewasa dengan ukuran kandang 50 cm x 50 cm x 45 cm. Kandang ini bisa dibuat dari bambu dan kawat.
  • Setelah kandang selesai, pilih DOD yang akan Anda pelihara. Pastikan anakan bebek tersebut unggul, tidak cacat, dan lincah. Masukkan bibit bebek petelur pada kandang khusus hingga usia 3 bulan dan pindahkan ke kandang baterai atau kandang pembesaran (ren).
  • Berikan pakan yang berkualitas untuk memenuhi asupan gizi bebek, supaya mutu telur yang dihasilkan baik. Anda bisa memberikan konsentrat dari pabrik yang dicampur dengan pakan alami berupa dedak, bekatul, atau jagung. Sementara, sebagai protein tambahan, Anda bisa memberinya ampas tahu, ikan rucah, dan siput sawah.
  • Pemberian pakan bebek petelur setidaknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. Anda juga bisa menyediakan pakan secara terus-menerus di dalam wadah. Usahakan Anda selalu membersihkan tempat makan dan kandang bebek supaya tidak berjamur.
Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Batu Intan Mentah

Selain melakukan cara di atas, Anda juga perlu membuat kolam khusus di dekat kandang bebek. Kolam ini sangat penting, karena bebek sangat suka berenang dan bermain air. Dengan adanya kolam, bebek petelur juga tidak mudah stres dan dapat bertelur dalam jumlah banyak.

DOD bebek petelur (sumber: tokopedia)
DOD bebek petelur (sumber: tokopedia)

Sebelum membudidayakan bebek petelur seperti di atas, pastikan Anda mengetahui harga DOD bebek tersebut. Sehingga, Anda bisa memperkirakan modal beternak bebek dengan tepat. Berikut referensi harga DOD bebek petelur tahun 2022.

Harga DOD Bebek Petelur

Varian/Kategori DOD Bebek Petelur Harga
DOD Bebek Lokal Betina Petelur Rp11.000 per ekor
DOD Bebek Petelur Mojosari Rp11.500 per ekor
DOD Bebek Peking Petelur Rp15.000 per ekor
DOD Bebek Petelur 10 kg Rp800.000 per ekor
DOD Bebek Petelur Hibrida 6 kg Rp1.170.000 per box
DOD Bebek Peking KW Betina Petelur 7 kg Rp1.327.000 per box

Harga DOD bebek petelur di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga DOD bebek petelur tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun 2020 dan 2021, DOD bebek petelur dijual dengan harga berkisar Rp9.500 hingga Rp16.700 per ekor dan Rp2.100.000 per box isi 300 ekor.

Baca juga  Info Terkini Harga Mesin Belah Kayu Gelondongan (Baru, Second, Rakitan)

[1] Kriswanto & Ria Wulansarie. 2018. IbM Usaha Bebek Petelur dan Produsen Telur Asin Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. ABDIMAS Universitas Semarang, Vol. 22(1): 19-26.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.